Gerakan Yoga Untuk Mengurangi Nyeri Haid

Sebagai perempuan tentu kita mengalami siklus satu bulan sekali yang datang menghampiri. Siklus ini adalah masa haid yang datang kurang lebih selama 5 hari. Tidak jarang ketika haid ini datang membuat kita para perempuan tidak mampu melakukan apa-apa karena sakit pada bagian perut.

Umumnya sakit ini datang pada hari pertama dan kedua haid. Rasa sakit yang dialami oleh perempuan pun berbeda-beda. Ada yang nyeri ringan hingga nyeri parah ketika haid sehingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Segala macam hal dilakukan mulai dari meminum obat khusus untuk pereda nyeri saat haid, meminum jamu tradisional hingga hanya dibawa tidur dan kemudian nyeri hilang. Tetapi tahukah anda bahwa ada cara lain untuk membantu mengurangi nyeri haid ini?.

Salah satu caranya adalah dengan melakukan olahraga yoga. Olahraga satu ini tampaknya memang sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari dan segala aspeknya. Termasuk untuk membantu mengurangi nyeri haid.

Berikut ini adalah beberapa gerakan yoga yang dapat mengurangi nyeri tersebut, yuk kita simak.

1. Reclining Twist

Gerakan pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan reclining twist. Dimulai dengan berbaring terlentang kemudian menyilangkan lutut kiri di sisi kanan tubuh. Lalu rentangkan tangan selebar mungkin dan posisi wajah melihat ke arah kiri.

Lalu tahan dalam 5 hitungan napas pada posisi ini dan anda akan merasakan tulang belakang seolah memanjang dan memutar. Kemudian kembali ke posisi awal dengan bantuan otot perut dan coba pada sisi lainnya.

Pose ini bertujuan untuk meningkatkan fleksibilitas tulang belakang dari satu sisi ke sisi yang lainnya yang dapat meringankan nyeri perut dan punggung bawah.

2. Wide Child’s Pose

Untuk melakukan pose ini anda dapat menempatkan lutut di lantai dan lebarkan hingga jaraknya tetap nyaman untuk bergerak. Lalu lipat tubuh ke depan dengan lengan yang direntangkan. Letakkan dahi di atas matras atau bisa juga menolehkan kepala pada satu sisi. Tahan dalam 5 hitungan napas. Lalu putar kepala untuk menghadap ke sisi lainnya dan lakukan tahan napas kembali.

Pose ini bertujuan untuk membuka pinggul sehingga perut rileks. Selain itu dapat membantu meningkatkan kesehatan pinggul.

3. Arching Pigeon

Duduklah di lantai kemudian lutut kanan ditekuk dan kaki kiri lurus memanjang di belakang anda. Letakkan tangan pada pinggul dan lengkungkan ppunggung perlahan sehingga terasa adanya tarikan. Kemudian bersandarlah ke depan dan tempatkan tangan di depan. Tahan selama 5 hitungan napas dan ulangi untuk sisi lainnya.

Pose ini bertujuan untuk membuka pinggul dengan merangsang organ internal dan otot tulang belakang sehingga pinggul lebih fleksibel dan mengurangi ketegangan.

4. Camel Pose

Fokus pose ini adalah pada perut. Anda bisa berlutut di atas yoga mat dan memegang pergelangan kaki dengan kedua tangan. Berat badan ditumpuan depan, di lutut kemudian turunkan kepala ke arah punggung dan tahan selama 5 hitungan napas. Angkat torso untuk kembali ke posisi awal.

Pose ini bertujuan untuk meningkatkan fleksibilitas tulang belakang sehingga dapat meregangkan dan menstimulasi perut, cocok untuk perut yang kram.

5. Cat Pose

Anda dapat bertumpu pada kedua lutut dan telapak tangan. Posisi tangan lurus sejajar bahu dan lutut di bawah pinggul. Tarik napas dalam-dalam lalu turunkan dagu perlahan menuju dada semampu anda. Kemudian lengkungan punggung seperti kucing yang sedang meregangkan tubuh.

Hembuskan napas ketika anda bangkit dari posisi menuju posisi awal. Ulangi pose ini beberapa kali semampu anda. Pose ini dapat membantu meregangkan tubuh atas dan leher sehingga adanya aliran yang mengirimkan energi dari tulang belakang untuk melancarkan peredaran darah. Cocok untuk kram haid yang disebabkan oleh sembelit.

6. Tiger Pose

Cara melakukan tiger pose adalah dengan bertumpu pada kedua lutut dan telapak tangan. Pastikan tangan lurus sejajar bahu dan posisi lutut di bawah pinggul. Angkat satu kaki dan rentangkan kea rah atas, tahan selama 3 hitungan napas.

Kembali ke posisi awal dan gunakan kaki bergantian. Angkat kepala ke atas agar posisi tulang belakang tetap seimbang. Pose ini bertujuan untuk mengurangi nyeri punggung bawah dan meregangkan otot-otot perut.

7. Half Bound Squat

Ambil posisi berjongkok dan satukan kaki kanan dan kiri anda. Turunkan bokong menuju tumit. Tarik napas dan ayunkan lutut ke arah kiri sambil memutar tubuh atas ke kanan. Hembuskan napas, tangan kanan dari belakang meraih siku kiri dan tahan 5 hitungan napas.

Tarik tangan kiri ke antara lutut, turunkan bahu kiri ke lutut kiri sejauh mungkin semampu anda. Buka dada dan arah mata ke atas bahu kanan. Tahan pinggul dan lutut sejajar menghadap depan kemudian bernapaslah selama 30 hingga 60 detik sebanyak 5 kali. Pose ini baik untuk meregangkan pinggul saat kram haid. 7 tips ini patut anda coba ketika nyeri haid datang melanda sehingga and adapt beraktivitas seperti biasa tanpa gangguan rasa sakit. Yuk dicoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.