Manfaat Yoga Bagi Anak Autis

Olahraga yoga tidak mengenal umur untuk dapat dilakukan. Yoga bisa dilakukan oleh segala usia. Tentu dengan keinginan dan ketekunan yang kuat. Tidak terkecuali anak-anak baik itu anak dengan atau tanpa gangguan psikologis.

Misalnya pada anak penderita autisme. Keterbatasan tidak menjadikan mereka untuk tidak bisa memiliki kegiatan. Hanya saja memerlukan energi yang lebih banyak untuk dapat memberikan pola asuh pada anak autisme.

Anak penderita autisme memiliki fokus dan konsentrasi yang kurang dapat dikendalikan oleh dirinya sendiri dibandingkan dengan anak lain. Hal ini karena perkembangan sistem saraf pada anak tersebut mengalami gangguan. Akibatnya anak menjadi kurang dapat berkomunikasi dan duduk diam.

Selain terapi yang diberikan oleh ahlinya, anda dapat mencoba olahraga yoga untuk anak penderita austime. Karena olahraga yoga ternyata memiliki beberapa manfaat yang baik bagi tumbuh kembang anak austime.

1. Integrasi Sensoris

Olahraga yoga dapat membantu anak austisme untuk meningkatkan kemampuan integrasi sensoris. Kemampuan ini penting untuk melatih stimulus atau rangsangan pada anak seperti yang dirasakan oleh panca indera. Misalnya penglihatan, penciuman, peraba, pendengaran dan pengecapan.

Gangguan pada integrasi sensoris membuat anak kesulitan untuk mengartikan setiap rangsangan yang diterima. Dengan melakukan yoga maka diharapkan akan merangsang dan meningkatkan kemampuan ini.

2. Kemampuan Komunikasi

Seperti yang kita ketahui bahwa anak dengan autisme memiliki keterbatasan dalam berkomunikasi dan berbahasa. Melalui pose dari latihan yoga, anak akan belajar gerakan terstruktur dan mengalir sehingga membantu peningkatan kemampuan integrasi otak.

Maka anak akan dapat belajar berbicara dan berbahasa di mana hal ini akan membantunya berkomunikasi dengan orang-orang di lingkungannya.

3. Positivity

Satu hal yang ada pada anak autisme adalah mereka lebih sensitif daripada anak normal pada umumnya. Sensitivitas ini dapat mengantarkan anak pada kecemasan hingga depresi. Untuk itu dilakukan olahraga yoga pada teknik pernapasan.

Teknik pernapasan ini disebut dengan pranayama. Di mana prosesnya membutuhkan meditasi yang baik untuk mengatasi permasalahan psikologis. Teknik ini menngunakan teknik pernapasan dan meditasi yang dapat memberikan efek menenangkan sehingga anak bisa tenang dan fokus. Jika ank bisa tenang dan fokus maka ia juga akan peka pada lingkungan sekitarnya.

4. Kemampuan Gerak Motorik

Anak dengan autisme memiliki gangguan pada motoriknya baik motorik halus dan motorik kasar. Olahraga yoga dapat membantu anak untuk lebih peka dan awas akan yang terjadi pada diri sendiri. Hal ini membutuhkan koordinasi gerakan motorik yang baik.

Koordinasi motorik ini akan memengaruhi keseimbangan dan koordinasi tubuh dalam bergerak. Maka olahraga yoga dapat membantu menjaga keseimbangan dan postur tubuh anak. Jika koordinasi motorik anak dapat dilatih maka anak akan dapat mengendalikan gerakan tubuhnya secara sadar.

5. Mengurangi Gangguan Pencernaan

Anak dengan autisme memiliki permasalah pada pencernaan yakni sembelit, diare, sakit perut, dan lainnya. Hal ini karena adanya peradangan saluran pencernaan dan gangguan pencernaan lainnya. Olahraga yoga yang dapat dilakukan adalah latihan pavana mukhtasana atau pelepasan gas pencernaan.

Gerakan pada latihan ini dapat membantu melepaskan gas sehingga meningkatkan kemampuan pencernaan.

6. Mengatasi Hiperaktivitas

Olahraga yoga yang dilakukan oleh anak dengan autisme dapat membantu untuk menurunkan hiperaktivitasnya. Tentu jika autisme pada anak disertai hiperaktivitas tinggi. Anak autisme yang memiliki hiperaktivitas tidak dapat mengendalikan gerakan yang berlebihan dari dirinya.

Dengan yoga diharapkan dapat memberikan efek menenangkan pada anak sehingga anak dapat fokus dan mengendalikan dirinya.

7. Mengatasi Gangguan Tidur

Anak dengan autisme cenderung memiliki kesulitan untuk tidur. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh kebiasaan dan faktor lingkungannya. Sehingga jam tidurnya tidak teratur. Jika tidur anak tidak teratur maka akan terjadi gangguan tidur di mana ini akan memengaruhi agresivitas pada anak.

Olahraga yoga yang dilakukan rutin dapat membantu mengatasi gangguan tidur pada anak dan juga mengatasi stres. Sehingga anak akan lebih rileks dan mudah untuk tidur di jam yang seharusnya. Menangani anak dengan autisme memang gampang-gampang susah, namun bisa jika tetap semangat. Untuk menunjang latihan anak autisme dalam melakukan yoga, anda dapat melengkapinya dengan yoga mat dan peralatan yoga lainnya yang bisa anda dapatkan di happyfit.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published.