Kelebihan dan Kekurangan Bersepeda Bagi Kesehatan

Bersepeda menjadi olahraga yang cukup menyenangkan sekaligus menyehatkan. Ada banyak manfaat yang dirasakan dari bersepeda. Dengan bersepeda rutin, ada berbagai masalah Kesehatan yang bisa anda hindari mulai dari stress bahkan hingga serangan jantung. Ditambah lagi bersepeda menjadi olahraga yang cukup praktis dan mudah dilakukan. Sehingga tak heran jika menjadi favorit olahraga di berbagai kalangan, baik anak-anak hingga dewasa sekalipun menyukainya. Namun dibalik berbagai kelebihan yang dimilikinya, tetap saja bersepeda memiliki banyak pro dan kontra tersendiri. Ada kelebihan dan kekurangan bersepeda bagi Kesehatan yang perlu diperhatikan.

Kelebihan Bersepeda

1.Mengontrol Berat Badan

Salah satu manfaat baik bersepeda yang telah dirasakan oleh banyak orang adalah dapat mengontrol berat badan. Bersepeda akan meningkatkan proses metabolisme, membangun otot, hingga membakar lemak tubuh dengan baik asalkan dilakukan rutin. Selama 1 jam bersepeda, anda bisa membakar setidaknya hingga 600 kal. Jika anda ingin menurunkan berat badan, anda dapat mengkombinasikan bersepeda dengan diet sehat dan seimbang.

2. Menjaga Kesehatan Otot dan Sendi

Bersepeda sangat membantu memperkuat otot kaki, paha, betis, pinggul, perut, bahu hingga lengan. Dan bukan hanya itu, ketika rutin bersepeda ini akan semakin menyehatkan kekuatan persendian. Dan hal ini sudah terbukti bagi penderita osteoarthritis.

3. Menghindari Diabetes

Salah satu pemicu diabetes adalah kurangnya bergerak dan obesitas. Namun hal ini bisa dikurangi resikonya dengan bersepeda secara rutin. Saat anda berolahraga sepeda rutin, ini akan membuat anda menghindari gaya hidup malas bergerak. Cukup bersepeda 30 menit saja sehari. Ini akan sangat membantu anda menurunkan resiko diabetes dan berbagai penyakit berbahaya lainnya.

 

4. Menyehatkan Jantung dan Pembuluh Darah

 Kelebihan bersepeda lainnya yang baik bagi Kesehatan adalah dapat memaksimalkan kinerka system kardiovaskular, seperti jantung dan pembuluh darah. Saat bersepeda, ini akan memperkuat otot jantung serta meningkatkan peredaran darah ke seluruh tubuh. Jika system kardiovaskular dalam tubuh baik, ini akan mengurangi resiko stroke, tekanan darah tinggi, hingga serangan jantung yang mematikan.

5. Menurunkan Resiko penyakit Parkinson

Bersepeda juga dapat menurunkan resiko penyakit Parkinson. Hal ini dijelaskan dalam jurnal yaitu Journal of The American Medical Assocation. Dalam jurnal tersebut menjelaskan keterkaitan antara tingkatan aktivitas fisik dan resiko penyakit Parkinson. Saat melakukan olahraga intensitas sedang hingga tinggi, dapat menurunkan resiko terkena penyakit Parkinson pada pria. Namun tentu saja hal ini harus disesuaikan dengan durasi, kecepatan dan ajrak tempuh ketika bersepeda agar dapat menurunkan resiko penyakit Parkinson.

6. Menurunkan Stress dan Gangguan Kesehatan Mental Lainnya

Bersepeda tak hanya memiliki manfaat baik bagi Kesehatan fisik saja, namun juga dapat membantu menjaga Kesehatan mental. Saat bersepeda, tubuh akan menghasilkan hormone dopamine yang lebih banyak. Dimana hormone ini berfungsi meningkatkan perasahaan Bahagia. Sehingga segala perasaan seperti stress, depresi, maupun gangguan kecemasan yang dialami bisa teratasi. Sebuah studi menjelaskan jika dengan bersepeda rutin bisa mengalami resiko gangguan Kesehatan mental lebih sedikit dibandingkan dengan menjalani olahraga lainnya atau bahkan dibandingkan dengan mereka yang sama sekali tidak beraktivitas.

Kekurangan Bersepeda Yang Perlu Diperhatikan

Meskipun ada banyak kelebihan bersepeda yang baik bagi Kesehatan, namun ada beberapa efek samping yang perlu diperhatikan saat bersepeda. Apa sajakah itu?

  1. Bagi anda yang mempunyai permasalahan sendiri dan nyeri rematik, mungkin bersepeda tidak akan cocok untuk anda lakukan karena akan memperburuk kondisi Kesehatan sendi anda.
  2. Bersepeda diyakini dapat mempengaruhi kualitas sperma laki-laki. Hal ini didapatkan dari penelitian yang dilakukan dari bersepeda lebih dari 5 jam dalam 1 minggu. Pada studi ini didapatkan hasil jika bersepeda dapat menurunkan hingga 31-40% jumlah sperma laki-laki
  3. Untuk anda yang menyukai sepeda gunung, maka bisa memiliki kecenderungan resiko mengalami permasalahan pada tulang punggung. Hal ini karena biasanya penggunaan sepeda gunung menggunakan kecepatan tinggi dan medan yang ekstrim
  4. Gerakan berulang saat bersepeda dapat menyebabkan permasalahan pada lutut. Hal ini dapat terjadi diakibatkan peningkatan intensitas, jarak yang terlalu cepat, maupun penggunaan sadel yang terlalu rendah atau tinggi.

Kelebihan dan kekurangan bersepeda bagi Kesehatan ini perlu anda pahami. Untuk mengoptimalkan manfaat baik dari bersepeda. Akan lebih baik jika anda bersepeda secara aman untuk mengurangi resiko-resiko buruk yang bisa saja terjadi. Salah satunya dengan melengkapi peralatan bersepeda anda. Pastikan memilih perlengkapan bersepeda terbaik di Happyfit.co.id. Anda bisa mendapatkan harga terbaik dengan kualitas barang yang tidak perlu diragukan lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.