Gerakan Pilates Pemula untuk Memperbaiki Postur Tubuh

Gerakan Pilates Pemula untuk Memperbaiki Postur Tubuh

Gerakan pilates pemula masih mudah untuk Happyfitters ikuti. Meski terlihat mudah, tetapi harus dilakukan dengan posisi yang benar untuk mendapatkan hasil maksimal. Berikut ini adalah beberapa contoh gerakan pilates yang cocok untuk pemula.

Apa Itu Pilates?

Yoga pilates adalah salah satu jenis olahraga yang fokus pada peningkatan kekuatan otot tubuh. Gerakannya termasuk ke dalam olahraga intensitas ringan. Selain itu, pilates juga bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh yang kurang sempurna.

Olahraga pilates diperkenalkan oleh Joseph Pilates pada awal abad 20. Joseph Pilates adalah seorang atlet asal Jerman. Pada awal kemunculannya, gerakan pilates digunakan oleh para penari yang sedang cedera. Seiring berkembangnya waktu, kini pilates secara umum digunakan dalam rangka meningkatkan kekuatan tubuh.

Gerakan Pilates untuk Pemula

Berikut ini adalah gambaran gerakan pilates untuk Happyfitters yang baru pertama kali ingin mencoba:

1. Superman

Gerakan ini berbentuk seperti Superman yang sedang terbang. Happyfitters bisa melakukan gerakan ini dengan posisi awal tengkurap, kepala menghadap ke matras, tangan lurus di atas kepala.

Setelah memastikan posisi sudah benar, coba angkat badan perlahan dan kembali ke posisi awal dengan perlahan juga. Ini bermanfaat untuk memperkuat otot dada.

2. Dumbbell Deadlift

Dumbbell deadlift berfungsi memperkuat otot paha bagian belakang dengan alat bantu berupa dumbbell. Happyfitters bisa memulai gerakan ini dengan posisi berdiri dan membuka kaki selebar pundak.

Selanjutnya, angkat dumbbell menggunakan telapak tangan yang menghadap ke paha. Secara perlahan, coba angkat dumbbell tersebut dengan posisi lutut sedikit menekuk, namun punggung dan lengan tetap lurus.

Lakukan gerakan repetisi sampai posisi benar-benar sempurna. Gerakan pilates pemula ini melimpahkan beban pada otot paha bagian belakang, sehingga beban yang diterima kaki tidak terlalu banyak.

3. Dumbbell Bent-over Reverse Fly

Masih menggunakan bantuan dumbbell, gerakan ini juga menggunakan posisi berdiri sebagai permulaan. Angkat dumbbell dengan posisi telapak tangan saling berhadapan. Tekuk sedikit lutut, namun harus punggung tetap lurus, ya!

Secara perlahan, angkat dumbbell ke bagian samping badan. Lakukan gerakan repetisi untuk mendapatkan otot punggung yang kuat. Gerakan ini menjadi salah satu gerakan dasar pilates untuk pemula yang harus Happyfitters coba!

4. Triceps Dips

Gerakan pilates pemula triceps dips berguna untuk memperkuat otot trisep dan punggung. Pada awalnya, mungkin Happyfitters akan merasa kesulitan melakukan gerakan ini. Dengan latihan rutin, Happyfitters bisa menemukan posisi dan ritme yang tepat.

Pertama, posisikan tubuh untuk duduk di matras dengan kaki lurus ke depan dan punggung membelakangi kursi atau papan yang tingginya tidak melebihi punggung. Letakkan telapak tangan pada kursi atau papan tersebut dengan jari-jari menghadap ke depan.

Luruskan lengan supaya kaki bisa melakukan gerakan naik turun mengikuti gerakan lengan yang lurus dan menekuk. Lalu, pantat tidak boleh menyentuh lantai saat melakukan triceps dips.

5. Pilates Roll Up

Roll Up bagus untuk memperbaiki postur Happyfitters. Caranya adalah dengan berbaring dan meluruskan tangan ke atas kepala. Gerakan dimulai dengan bangun dari gerakan telentang, namun tangan tetap lurus di atas kepala.

Setelah berada pada posisi duduk, lanjutkan gerakan dengan membungkuk ke arah kaki sehingga badan membentuk huruf U. Kembali pada posisi semula dan lakukan repetisi gerakan beberapa kali untuk hasil yang maksimal.

Sudah Tahu Gerakan Pilates Pemula?

Ada banyak jenis gerakan pilates, mulai dari yang paling sederhana hingga yang paling sulit. Untuk pemula, gerakan pilates masih mudah untuk Happyfitters ikuti lho! Kalau Happyfitters sudah bisa melakukan gerakan dasar dengan baik, pelatih akan menambah beban latihan dengan gerakan yang lebih berat.