5 Cara Menghindari Polusi Udara serta Alasannya

5 Cara Menghindari Polusi Udara serta Alasannya

Cara menghindari polusi udara jadi salah satu topik ramai belakangan ini. Hal tersebut dimulai dari penelitian valid yang menunjukkan tingkat polusi di Indonesia kian mengkhawatirkan – khususnya di ibukota.

Mengapa kita harus menghindari polusi udara dan seperti apa sih caranya? Pertanyaan-pertanyaan itu bakal terjawab secara lengkap lewat penjabaran di artikel kali ini. Simak sampai akhir, ya!

Alasan Penting Menghindari Polusi Udara

Penjelasan pertama tentu tentang alasan-alasan penting mengapa polusi udara harus Happyfitters hindari. Penyebabnya antara lain:

1. Tidak Baik untuk Kesehatan

Alasan pertama tentu saja karena polusi udara nggak buat kesehatan. Terlebih untuk kondisi organ vital seperti paru-paru dan jantung. Udara yang tercemar akan mengakibatkan racun-racun masuk ke dalam sistem pernapasan dan merusaknya.

2. Meningkatkan Risiko pada Kehamilan

Udara kotor yang terhirup terus menerus oleh ibu hamil nggak cuma bisa mempengaruhi individu dewasanya, melainkan juga janin yang kandungan. Risiko mengalami gangguan kesehatan sejak dalam kandungan pun meningkat berkali-kali lipat bila terpapar polusi terus menerus.

3. Berdampak Lebih Fatal pada Anak-Anak

Polusi udara juga punya dampak yang tergolong sangat fatal buat anak-anak dalam fase pertumbuhan. Organ-organ vital mereka nakal lebih sulit tumbuh normal akibat terpapar polusi. Selain penyakit pernafasan, imunitas tubuh mereka juga bisa jadi lemah.

Baca Juga: Bolehkah Minum Air Es Setelah Berolahraga?

5 Cara Menghindari Polusi dari Diri Pribadi

Happyfitters pasti nggak mau mengalami kondisi-kondisi tersebut, bukan? Karena itu, mengetahui cara untuk menghindari polusi udara sangat penting. Setidaknya, Happyfitters bisa melakukannya mulai dari diri sendiri agar kemudian bisa orang lain contoh. Berikut beberapa langkahnya:

1. Selalu Pakai Masker

Walaupun masker sudah nggak wajib lagi digunakan setelah pandemi COVID-19 dinyatakan berakhir, namun nggak ada salahnya kembali memakainya. Khususnya kalau Happyfitters tinggai di daerah dengan tingkat polusi udara parah.

Masker akan bantu menghalau udara tercemar langsung mencapai saluran pernapasan. Setidaknya, masker  bisa bantu memfilter bakteri, virus, dan kuman di sekeliling sebelum Happyfitters hirup.

2. Meminimalisir Penggunaan Kendaraan Pribadi

Salah satu penyumbang terbesar polusi udara adalah kendaraan pribadi. Jadi, Happyfitters perlu memulai dari diri sendiri untuk menguranginya. Kalau nggak terpaksa, lebih baik pakai transportasi umum agar polusi tidak semakin parah.

3. Rajin Olahraga

Tentu saja, buat menghindari dampak fatal dari polusi udara, Happyfitters wajib jadikan olahraga sebagai aktivitas rutin. Sebab, olahraga bisa meningkatkan imunitas tubuh agar nggak gampang sakit akibat kondisi udara yang makin buruk.

4. Tidak Membakar Sampah Sembarangan

Salah satu cara yang efektif buat menghindari polusi adalah dengan tidak bakar sampah sembarangan. Lebih baik, Happyfitters kumpulkan sampah dan pilah buat proses daur ulang. Selain mengurangi polusi udara, ini juga bakal cegah bertumpuknya limbah di lingkungan.

5. Berkebun atau Bercocok Tanam

Happyfitters yang punya minat terhadap tanaman juga bisa berpartisipasi dalam menghindari polusi semakin buruk dengan aktivitas berkebun. Semakin banyak tanaman hijau, polusi udara juga akan terserap dengan lebih baik.

Baca Juga: 6 Manfaat Mandi Setelah Olahraga Bagi Kesehatan

Sudah Tahu Bagaimana Cara Menghindari Polusi?

Kini Happyfitters sudah paham kenapa menghindari polusi udara itu penting, bukan? Pada dasarnya, polusi udara merupakan akibat dari perilaku masyarakat luas yang memang sulit dihindari. Meskipun demikian, Happyfitters tetap bisa meminimalisirnya.

Caranya tentu sesuai dengan poin-poin penjabaran di atas. Hal-hal tersebut kelihatan sederhana, namun bisa beri dampak besar dalam pengurangan efek polusi pada diri sendiri juga lingkungan.

Melakukan hal-hal di atas akan buat Happyfitters berkontribusi penting pada permasalah polusi udara yang makin mengkhawatirkan. Yuk, semangat hidup lebih sehat bersama tanpa polusi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *