6 Perbedaan Fitness dan Gym yang Banyak Orang Tidak Pahami!

Feb 7, 2024

Masih banyak yang nggak tahu kalau perbedaan fitness dan gym ternyata cukup kentara. Sayangnya, masih banyak yang sering menyamakan kedua hal ini. Memang apa saja sih perbedaannya? Yuk, simak beberapa perbedaan di bawah ini!

 

 

6 Perbedaan Fitness dan Gym

Walaupun banyak yang nggak sadar, namun fitnes dan gym adalah 2 hal yang mirip, namun tidak bisa disamakan. Nah, perbedaannya sendiri bisa Happyfitters lihat pada beberapa poin, mulai dari:

1. Definisi Umum

Beda gym dan fitness secara definisi cukup kentara. Di mana fitness lebih merujuk pada lifestyle atau kegiatan umum untuk jaga kebugaran fisik dan kesehatan tubuh melalui melalui berbagai latihan fisik. Contoh kegiatannya adalah jogging, running, biking, swimming, yoga, hingga latihan beban ringan. 

Sedangkan gym bukan kegiatan, melainkan tempat di mana Happyfitters bisa melakukan berbagai kegiatan olahraga, termasuk fitness itu sendiri. Mudahnya, gym bisa Happyfitters artikan sebagai pusat kebugaran.

2. Tujuan

Perbedaan fitness dan gym secara tujuan juga cukup jelas. Sebab, fitness berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kardiovaskular, kekuatan otot, fleksibilitas, hingga keseimbangan tubuh. Fitness juga menekankan rutinitas dan repetisi latihan yang melibatkan aspek gaya hidup sehat (pola makan dan jam istirahat).

Sedangkan gym bertujuan untuk memfasilitasi semua kebutuhan olahraga dengan berbagai jenis latihan. Seperti halnya dumbel dan barbel dalam berbagai ukuran, treadmill, bench press, sepeda statis, dan masih banyak lagi.

3. Lokasi 

Tak hanya secara definisi dan tujuan saja, namun bedanya fitness dan gym juga terlihat dari lokasinya. Fitness bisa Happyfitters lakukan di mana aja. Jadi, tak melulu harus pergi ke pusat kebugaran. Happyfitters juga bisa melakukannya di lokasi indoor atau outdoor.

Sedangkan gym, kebanyakan atau hampir seluruhnya harus indoor demi efisiensi perawatan dan penyimpanan peralatan olahraga. Namun, sekarang sudah ada peralatan simpel yang bisa Happyfitters nikmati gratis di tempat gym outdoor. Tentu saja, peralatannya tidak butuh listrik.

4. Jenis atau Variasi Latihan

Walaupun fasilitas peralatan pada gym cukup lengkap dan beragam, namun latihan pada gym sebenarnya cukup monoton. Karena senderung mengandalkan repetisi. Berbeda lagi dengan fitness yang memadukan banyak gerakan tubuh. Jadi, fitness akan punya variasi juga jenis latihan lebih beragam.

5. Peralatan

Perbedaan fitness dan gym selanjutnya bisa Happyfitters lihat pada fasilitas alat yang dibutuhkan. Seperti yang sudah Happyfitters pelajari sebelumnya, gym merupakan pusat kebugaran dengan fasilitas peralatan yang lengkap. Berbeda dengan fitness yang memanfaatkan massa tubuh.

6. Fokus Kegiatan

Walaupun keduanya sama-sama bertujuan untuk kebugaran dan menyehatkan tubuh, namun dari program latihan keduanya punya fokus berbeda. Biasanya, gym lebih menitik beratkan repetisi yang bertujuan memperbesar massa otot. Sedangkan fitness lebih menyeluruh demi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Sudah Tahu Perbedaan Fitness dan Gym?

Happyfitters harus tahu, meski bisa menjalankan fitness di mana saja, terdapat pula fitness center yang memiliki fasilitas untuk banyak tipe olahraga. Jadi, Happyfitters tinggal pilih mana yang paling ingin di antara gym atau fitness. Keduanya juga cukup baik untuk menjaga kebugaran dan kesehatan.

Apalagi buat Happyfitters yang sedang program diet, memakai alat fitness untuk mengecilkan perut maupun latihan beban di gym akan sangat bantu efektifitas diet. Happyfitters juga bisa menggunakan berbagai alat Home Workout lain di Happyfit. Jadi, meski cuma di rumah, aktivitas fisik bisa tetap mumpuni. Yuk, beli sekarang!

Blog posts list