Cara Fitness Tetap Aman Selama Corona

Feb 7, 2024
Berolahraga menjadi salah satu hal yang bisa membantu meningkatkan system kekebalan tubuh, apalagi di masa pandemic seperti saat ini berolahraga menjadi hal yang harus rutin dilakukan. Apalagi saat ini sudah banyak pusat kebugaran atau gym yang dibuka saat ini, namun tentu saja dengan menetapkan protocol Kesehatan yang ketat. Meskipun begitu, gym atau pusat kebugaran tetap menjadi tempat yang beresiko untuk menularkan virus covid-19. Lalu bagaimana cara fitness tetap aman selama corona masih ada? Tentunya, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan.

 

Selalu Jaga Jarak Aman

Karena berada di ruangan tertutup, resiko penularan virus covid-19 di gym memang cukup tinggi. Meskipun belum ditemukan bukti yang pasti jika virus covid-19 dapat menular melalui keringat. Namun tetap ingat untuk menjaga jarak satu sama lainnya dengan pengunjung gym lainnya. Hal ini karena saat berolahraga, baik anda maupun orang lainnya akan bernapas lebih cepat dibandingkan saat berkegiatan biasanya. Sehingga ada kemungkinan keluarkan tetesan air liur dari mulut. Jika sampai hal ini terhirup atau sampai mengenai tubuh anda dan tidak segera dibersihkan. Tentu ini akan menyebabkan anda bisa tertular virus penyakit dari orang tersebut. Apalagi di masa pandemic seperti saat inim bukan tidak mungkin seseorang bisa positif corona dengan tidak menunjukkan gejala.

Bawa Peralatan Sendiri

Bawa sebuah peralatan sendiri ketika sedang ke gym, mulai dari botol minum, handuk, baju, dan lainnya. Bahkan untuk peralatan olahraga sekalipun seperti matras, sebisa mungkin tetap bawa dari rumah. Meskipun pada umumnya studio gym pasti akan menyiapkan matras. Namun untuk mengurangi resiko terjadinya penularan virus covid-19, sangat disaranakn untuk menggunakan peralatan sendiri. Hindari meminjam  milik orang lain.

Perhatikan Kebersihan Alat

Cara fitens tetap aman selama corona adalah anda harus selau menerapkan wash, sprat, wait, wipe, repeat. Anda harus selalu mendisinfeksi diti maupun alat apapun yang anda sentuh ketika berada di pusat kebugaran. Ini akan mengurangi resiko penularan virus covid-19 diantara pengunjung gym.

Hindari Ketika Jam Sibuk

Sebisa mungkin hindari jam-jam sibuk jika ingin berolaharag di pusat kebugaran. Biasanya tempat gym  memiliki jam-jam tertentu yang dipadati pengunjung. Dan sebaiknya anda harus mencari waktu lainnya dimana agak senggang untuk menghindari keramaian.

Gunakan Masker

Sebenarnya menggunakan masker tidak dianjurkan ketika berolahraga, akan tetapi ketika memasuki atau berada di tempat gym akan lebih baik jika anda menggunakan masker. Ini berguna mencegah penularan virus yang dapat masuk melalui saluran pernapasan.

Olahraga dengan menggunakan masker tidak aman bagi semua orang. Namun untuk orang yang sudah terbiasa berolahraga secara rtuin, mungkin hal ini tidak jadi permasalahan sebab kondisi tubuh sudah terlatih “kekurangan” oksigen. Tentu ini berbeda dari orang biasa yang tidak memiliki jadwal olahraga padat justru ini akan berbahaya. Penggunaan masker ini bisa disesuaikan dengan kondisi ramai atau tidaknya tempat gym anda. Jika sedang ramai, mungkin anda bisa menggunakan masker ketika berolahraga. Namun jika sedang sepi, anda tidak perlu menggunakan masker dan tentunya harus disesuaikan dengan jenis olahraga yang anda lakukan.

Periksa Kesiapan Tempat Gym Yang Didatangi

Ini juga menjadi cara fitness tetap aman selama corona, jika anda ingin berolahraga di pusat kebugaran bukan di rumah. Selalu periksa kondisi sebelum berangkat gym, dimulai dengan kesiapan tempat gym langganan anda. Ada banyak hal yang harus anda pertanyakan pada pengelola tempat gym tersebut. Dimulai dari berapa batasan orang yang diperbolehkan dating ke gym dalam satu waktu. Jangan lupa tanyakan pula kebijakan protocol Kesehatan yang diterapkan oleh tempat gym tersebut.

Namun bukan hanya mengajukan pertanyaan kepada tempat gym, anda juga harus menanyakan kepada diri anda sendiri. Jika tubuh sedang tidak fit, akan lebih baik untuk mengurungkan niat  pergi ke tempat gym ketika corona masih berlangsung. Anda dapat menggantinya dengan berolahraga virtual dari rumah. Cara fitness tetap aman selama corona ini harus anda patuhi. Selain itu, persiapkan semua perlengkapan olahraga termasuk pakaian olahraga. Anda bisa membelinya di happyfit.co.id. ada banyak pakaian olahraga yang bisa anda temukan disini dengan harga yang menarik dan juga kualitas premium. Jadi olahraga anda bisa semakin nyaman dan aman meskipun di masa pandemic seperti saat ini.

Blog posts list