Makanan Yang Tepat Dikonsumsi Setelah Olahraga Yoga

Dec 27, 2023

Yoga merupakan olahraga yang cukup banyak diminati hingga saat ini. Sekilas olahraga yoga memang terkesan elegan jika dilihat. Dan juga terlihat seperti gerakan yang itu itu saja. Namun meski terlihat membosankan, tetapi pada kenyataannya yoga justru menyenangkan.

 

 

Gerakan yoga pun beragam dan bisa diaplikasikan pada semua usia dan berbagai macam kondisi. Mulai dari menghilangkan stress hingga olahraga untuk menurunkan berat badan. Jangan salah, olahraga yoga bisa memenuhi kebutuhan anda ini.

Yoga biasanya dilakukan selama 1 jam setiap sesi. Di mana pada tiap sesinya anda membutuhkan fokus dan ketahanan tubuh yang baik. Setelah melakukan olahraga tentu anda ingin untuk segera makan dan minum bukan.

Namun sebaiknya anda cermati lebih lanjut mengenai makanan dan minuman yang bisa anda konsumsi setelah melakukan yoga. Sebaiknya jangan langsung makan nasi goreng sebakul ya. Berikut ini beberapa tips makanan yang bisa anda konsumsi setelah melakukan yoga.

1. Salad

Salad tentu masuk pada jenis makanan sehat. Karena salad ini memiliki dua jenis yakni salad buah dan salad sayur. Sayurannya cenderung mentah dikombinasikan dengan sayuran lain dan dressing saladnya.

Salad buah merupakan campuran dari beberapa jenis buah yang dipotong-potong. Kemudian bisa juga ditambahkan dressing saladnya seperti yogurt atau campuran saus salad buah. Cukup segar jika dibayangkan ya.

Sedangkan salad sayur ini terdiri dari beberapa sayuran seperti selada air, tomat ceri, jagung manis, kentang rebus yang dipotong, kol hijau atau ungu yang bisa disajikan dengan olive oil atau dressing salad lainnya.

2. Protein

Protein yang bisa anda konsumsi setelah melakukan olahraga yoga misalnya telur, kacang-kacangan, salmon, ayam panggang, smoked beef yang diiris tipis-tipis. Selain sayuran, anda juga membutuhkan protein.

Maka protein ini bisa disajikan bersama dengan sayuran atau salad sesuai dengan keinginan anda. Tentu lebih berwarna makanan anda dan tidak terasa hambar karena hanya makan sayuran ya.

3. Sandwich

Sandwich memiliki komposisi roti, sayuran dan protein dalam sekali penyajiannya. Sebaiknya pilih roti yang terbuat dari gandum dan perbanyak potongan sayuran pad sandwich ini. Kombinasi roti dan protein seperti telur atau potongan ayam akan membuat anda kenyang lebih lama.

Anda juga bisa menambahkan dressing pada sandwich agar semakin enak dan semangat untuk makan.

4. Sup Ayam Sayur

Jika anda tidak sedang ingin makan salad dengan sayuran mentah. Anda bisa memilih untuk mengonsumsi semangkuk sup ayam dengan sayur yang hangat. Dalam satu mangkuk sudah tersedia bersama protein yang bisa mengenyangkan perut anda.

5. Sayur Rebus

Alternatif lain untuk sayur matang adalah dengan merebus sayur-sayuran yang anda senangi seperti bayam, kangkung, tauge, atau sayur lainnya untuk dikonsumsi setelah yoga. Tentunya hindari makan karbohidrat banyak-banyak ya. Anda bisa kombinasikan sayur rebus dengan protein seperti telur, tahu atau tempe.

6. Jus Buah

Nah, jus buah bisa anda jadikan asupan setelah olahraga yoga jika anda ingin meminum minuman yang menyegarkan. Jika salad buah membutuhkan effort untuk mengunyah, maka jus buah ini tinggal anda teguk dengan segar. Tentunya konsumsi jus buah tanpa gula ya untuk membantu memaksimalkan hasil dari olahraga yoga yang sudah anda lakukan sebelumnya.

7. Air Putih

Setelah membahas mengenai makanannya, tidak lupa barengi dengan konsumsi air mineral yang cukup. Tidak berlebihan juga tidak kekurangan. Apalagi tubuh setelah berolahraga kehilangan ion tubuh yang keluar bersama keringat.

Maka anda membutuhkan cairan pengganti yang baik yakni air putih atau air mineral.

Keringat yang keluar ketika yoga ini juga bisa mengganggu proses latihan anda. Untuk itu gunakan yoga mat ditambah dengan yoga towel agar tidak licin saat digunakan. Anda bisa mendapatkannya di happyfit.co.id. Anda juga bisa menemukan alat bantu olahraga yoga lainnya di happyfit.co.id dengan harga terjangkau dan aksesoris yang menarik.

Blog posts list