8 Cara Mengatasi Nyeri Otot Setelah Olahraga

May 10, 2024

Kamu sering merasa nyeri otot setelah olahraga? Badan sakit semua setelah olahraga? Jika ya, kamu nggak sendiri, Happyfitters. Banyak orang nyeri otot setelah berolahraga intens atau setelah melakukan aktivitas fisik yang tidak biasa bagi tubuh. Nyeri otot setelah olahraga adalah gejala umum yang sering dialami, tetapi ada beberapa cara untuk mengatasi dan mempercepat proses penyembuhannya. Jadi, sebenarnya Happyfitters tidak perlu khawatir.

nyeri otot setelah olahraga

Mengapa Terjadi Nyeri Otot Setelah Olahraga?

Sebelum kita membahas cara mengatasi nyeri otot, penting untuk memahami alasan terjadinya nyeri otot ini. Ketika kamu berolahraga atau melakukan aktivitas fisik yang intens, otot-otot mengalami stres dan kerusakan mikroskopis. Proses ini secara alami menyebabkan peradangan dan nyeri otot. Ini merupakan respons alami tubuh terhadap aktivitas fisik yang tidak biasa.


Berapa Lama Nyeri Otot Setelah Olahraga Berlangsung?

Lama nyeri otot setelah olahraga dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk tingkat kebugaran fisik, intensitas dan jenis olahraga yang dilakukan, serta seberapa baik kamu merawat tubuh setelahnya. Secara umum, nyeri otot biasanya mencapai puncaknya dalam 24–72 jam setelah aktivitas fisik dan kemudian mulai mereda secara bertahap.


Cara Mengatasi Nyeri Otot Setelah Olahraga

Kamu bisa melakukan hal-hal berikut sebagai cara mengatasi badan sakit semua setelah olahraga.

1. Istirahat

Pemulihan tubuh yang sakit setelah olahraga membutuhkan waktu. Jika merasa sangat sakit, beristirahatlah dari aktivitas fisik yang intens selama beberapa hari.


2. Pemanasan dan Pendinginan

Lakukan pemanasan sebelum berolahraga dan pendinginan setelahnya. Ini membantu mengurangi risiko cedera serta membantu dalam pemulihan otot.


3. Peregangan (Stretching)

Lakukan peregangan otot atau stretching secara teratur, terutama setelah berolahraga. Stretching membantu mengatasi otot yang kaku dan meningkatkan fleksibilitas.


4. Konsumsi Protein

Kalau kamu mau memperbaiki dan membangun otot, coba konsumsi protein. Pastikan untuk mengonsumsi cukup protein setelah berolahraga.


5. Minum Air yang Cukup

Dehidrasi dapat memperburuk nyeri otot. Pastikan kamu cukup minum air setelah berolahraga ya, Happyfitters.


6. Pijat

Pijatan ringan bisa membantu meningkatkan aliran darah ke otot dan mengurangi ketegangan. Nah, kamu bisa, nih, coba Massage Tools dari Happyfit yang berkualitas dan harganya terjangkau.


7. Manfaatkan Es Batu atau Panas

Menggunakan es batu pada area yang sakit dapat membantu mengurangi peradangan, sedangkan panas bisa membantu mengendurkan otot-otot yang tegang.


8. Suplemen

Beberapa suplemen, seperti omega-3 dan magnesium, telah dikaitkan dengan pengurangan nyeri otot dan peradangan. Konsultasikan dengan tenaga kesehatan sebelum mengonsumsi suplemen yang baru ingin kamu konsumsi.


Nyeri otot setelah olahraga adalah hal yang umum terjadi dan merupakan bagian alami dari proses pemulihan otot. Meskipun tidak selalu bisa dihindari sepenuhnya, kamu bisa mengurangi intensitas dan durasi nyeri otot dengan perawatan tubuh yang baik sebelum, selama, dan setelah olahraga. Penting untuk peka dengan tubuh kamu dan memberinya waktu yang cukup untuk pulih. Jika nyeri otot berlangsung lebih dari beberapa hari atau sangat mengganggu, konsultasikan dengan tenaga kesehatan. Setelah tahu penyebab nyeri otot dan cara mengatasinya, kamu tidak perlu takut untuk mulai olahraga lagi. Semangat, Happyfitters!

Blog posts list