Resolusi Fit Ala Happyfit

Dec 27, 2023

Resolusi adalah sebuah keputusan yang tegas untuk melakukan atau tidakĀ  melakukan sesuatu. Resolusi yang selalu ada setiap tahunnya ialah Resolusi Sehat. Di antara resolusi sehat yang ingin dicapai ialah menurunkan berat badan, berhenti merokok atau minum-minuman keras, hingga bergabung menjadi member gym atau komunitas olahraga.

Popularitas kata Resolusi akan memudar menjelang bulan februari hingga bulan-bulan selanjutnya, begitupun niat atau tekad bulat yang telah kamu ciptakan untuk mewujudkan resolusi sehat. Oleh karena itu, hendaknya resolusi yang kita buat tidak terlalu muluk-muluk dan mudah untuk dijalani, seperti 7 Resolusi Sehat 2019 Ala Happyfit berikut ini:

1. Tidur Teratur

Kita seringkali mengabaikan hal penting yang satu ini. Pasalnya dengan alasan klasik seperti banyak kerjaan, banyak pikiran, atau tidak cukup waktu di siang hari, menjadikan kita begadang pada malam harinya, sehingga waktu istirahat kita tidak cukup dan menjadikan produktivitas kita menurun di pagi hari. Selain meningkatkan produktivitas dan kesehatan tubuh, istirahat yang cukup berguna untuk mencegah kegemukan, diabetes, hipertensi, depresi, hingga penyakit serangan jantung dan stroke.

Umumnya waktu yang kita butuhkan untuk tidur ialah 6-8 jam. Dan agar tidur kita tepat waktu lakukanlah beberapa hal berikut:

  • Tidak mengonsumsi kafein atau rokok pada sore hari atau menjelang waktu tidur
  • Tidak makan besar sebelum tidur
  • Tidak tidur siang lama-lama. Sebaiknya tidur siang atau napping time hanya 15-30 menit saja sebelum jam 3 sore.
  • Tidak main handphone saat hendak tidur, karena cahayanya akan membuatmu sulit tidur.
  • Jadikan kamar tempat yang nyaman untuk beristirahat.
  • Tidur dan bangun di jam yang sama agar menjadi sebuah kebiasaan.

2. Perbanyak minum air putih

Kebiasaan minum air putih mungkin terdengar sepele namun sering diabaikan. Jadikanlah hal tersebut sebagai resolusi 2019 kamu mengingat banyaknya manfaat dari kebiasaan mengonsumsi air putih itu sendiri. Di antaranya mengatur suhu tubuh, memelihara kesehatan ginjal, usus, dan kulit, hingga mencegah dehidrasi, sembelit, mulut kering, dan penyakit ginjal.

3. Berhenti Merokok

Meskipun tidak mudah, tapi yang satu ini harus dimasukkan ke dalam list resolusi 2019 kamu. Kenapa kamu harus berhenti merokok sekarang juga? Di dalam sebatang rokok, terdapat banyak racun berbahaya bagi tubuh, khususnya paru-paru dan jantung. Rokok juga tidak baik bagi otak karena kandungan nikotin dan zat kimia lain yang menyebabkan seseorang menjadi kecanduan. Tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok, dan tidak ada salahnya untuk memantapkan niat di awal tahun 2019 ini.

4. Hindari Stress

Tak hanya kesehatan fisik yang perlu dijaga namun juga kesehatan mental. Oleh karena itu, jangan biarkan masalah kamu berlarut-larut hingga akhirnya menimbulkan stres. Stres juga dapat mengakibatkan masalah kesehatan fisik seperti rambut rontok, penyakit gigi dan gusi, kenaikan berat badan, gangguan kecemasan, hingga Ā bipolar. Untuk mengatasi stress lakukanlah hal-hal sederhana seperti meditasi, yoga, mendengarkan music, menulis diari, hingga menyaksikan hiburan. Jangan lupa untuk selalu bersyukur atas setiap nikmat yang diberikan Tuhan.

5. Bergabung dengan Kelas Yoga

Ibarat pepatah sekali mendayung dua-tiga pulau terlampaui, manfaat yoga yang bisa kamu dapatkan tidak hanya meningkatkan kesehatan fisik, menguatkan dan membentuk otot, yoga juga membantumu menghindari stress dan meningkatkan konsentrasi.

Untuk mengawali pergantian tahun ini tidak ada salahnya untuk bergabung dengan club atau kelas yoga. Selain sehat jasmani dan rohani yang kamu dapatkan, kamu juga bisa memiliki teman-teman baru.

Jangan lupa cek perlengkapan Yoga terbaik di sini !

Blog posts list