Tips Yoga Bagi Pemilik Tubuh Gemuk

Dec 27, 2023

Pernahkah anda memperhatikan pelatih dan peserta yoga? Jika anda pikir olahraga yoga yang terlihat memerlukan kelenturan tubuh ini hanya untuk individu berberat badan ideal dan kurus anda salah. Anda yang memiliki bentuk tubuh cenderung gemuk juga dapat melakukan yoga.

 

 

Kelenturan tubuh pada saat latihan ini akan terlatih jika anda rutin melakukan olahraga yoga. Jadi, kelenturan tubuh bukan menjadi bawaan diri sebelum yoga ya. Jangan salah, orang yang memiliki tubuh cenderung gemuk justru lebih lentur lho.

Olahraga yoga memiliki tujuan untuk mengontrol pikiran dari hal-hal yang terjadi di sekitar diri kita yang cenderung menjadi gangguan dan tidak fokus atau distraction. Manfaatnya juga tidak main-main.

Yoga bermanfaat untuk membantu individu yang memiliki tubuh cenderung gemuk yakni mengencangkan kulit yang kendor, mengencangkan pantat dan memperindah bagian dada. Kesehatan akan mengikuti anda jika rutin melakukan olahraga terutama yoga dan dibarengi dengan pola makan yang sehat.

Dengan melakukan yoga tidak hanya tubuh anda yang sehat tetapi juga pikiran dan mental anda. Kesehatan yang seimbang dari kedua faktor tersebut akan memancarkan kecantikan anda dari dalam dan luar tubuh.

Sehingga anda akan tampil lebih percaya diri dan tidak minder dengan bentuk tubuh gemuk yang dimiliki. Bonusnya anda dapat berproses untuk menurunkan berat badan dengan olahraga yoga ini untuk menghindari adanya penyakit berbahaya yang datang.

Mengapa yoga cocok untuk anda yang bertubuh gemuk? Karena gerakan yoga lebih mudah dan dapat dipelajari sendiri dengan latihan intensitas rendah dibandingkan jika anda harus lari atau jogging yang mungkin terasa sedikit berat untu dilakukan.

Pasalnya rasa sakit yang menyerang persendian pada orang bertubuh gemuk sering terjadi dan hal ini dapat di atasi dengan yoga. Caranya adalah dengan meningkatkan keseimbangan tubuh dan mengurangi ketegangan pada persendian anda.

Anda bisa melakukan cat cow pose, tree pose, bridge pose, pigeon pose dan pose lainnya meski dengan tubuh gemuk. Jika anda ingin mencoba melakukan yoga dengan tubuh gemuk maka anda dapat simak beberapa tips berikut ini.

1. Perluas Posisi

Gerakan yoga yang cenderung memerlukan ruang untuk bergerak leluasa dan fleksibel membutuhkan gerak tubuh yang luas pula. Hal ini bisa anda lakukan dengan meluaskan gerakan selebar mungkin yang anda mampu.

Misalnya ketika berdiri anda bisa melebarkan kaki sejauh mungkin yang anda mampu sehingga latihan yoga terasa lebih nyaman bagi anda.

Umumnya orang dengan tubuh yang cenderung gemuk memiliki lipatan-lipatan pada bagian tertentu. Anda tidak perlu ragu dan malu untuk melakukan yoga jika memilikinya. Anda dapat berinisiatif bergerak sebagaimana anda menemukan posisi nyaman walau tidak diinstruksikan oleh pelatih.

2. Pahami Tubuh

Contohnya seperti yang disebutkan pada poin satu di atas. Hal ini bisa anda aplikasikan ke gerakan lain. Tetap mengikuti pose yang diinstruksikan namun lebar kaki, tangan dan posisi lain usahakan tetap membuat anda nyaman karena tubuh anda hanya anda sendiri yang merasakan dan pahami.

3. Gunakan Aksesoris Yoga

Banyak sekali aksesoris yoga yang dapat membantu anda latihan dengan lebih baik secara aman dan nyaman. Aksesoris ini merupakan alat bantu bagi anda untuk mencoba berbagai gerakan yoga.

Dengan dibantu oleh instruktur yoga, anda bisa melakukan gerakan baru menggunakan alat bantu yoga misalnya strap belt yang memiliki kelenturan dan fleksibilitas yang baik. Hal ini akan membantu anda untuk meregangkan tubuh secara maksimal dengan baik.

4. Keep Positive

Jika selama ini anda merasa minder dan tidak percaya diri dengan bentuk tubuh anda yang gemuk, sekarang adalah waktu yang tepat untuk merubahnya. Dengan melakukan olahraga secara rutin, anda bisa melatih pikiran negatif menjadi lebih positif.

Kesempatan berlatih yoga yang menyeimbangkan antara olah fisik dan meditasi sangat baik bagi anda untuk mengkoneksikan pikiran dan tubuh anda. Pikiran yang positif akan menghindarkan anda dari stres dari pikiran-pikiran negatif yang datang.

Selain itu gerakan dari latihan yoga ini dapat melemaskan otot-otot yang tegang dan melatih keseimbangan tubuh. Latihan yoga anda akan lebih aman dan nyaman jika melengkapinya dengan yoga mat berkualitas yang bisa anda dapatkan di Happyfit. Terdapat pilihan jenis matras yang bisa digunakan untuk latihan yoga anda. Tidak hanya itu saja, Happyfit juga memiliki aksesoris yoga yang lengkap untuk menemani latihan rutin anda dengan aman dan nyaman.

Blog posts list