Lakukan Push Up untuk Melatih Otot Kamu

Apr 18, 2024

Push up adalah latihan sederhana yang telah menjadi favorit dalam dunia kebugaran. Selain efektif, push up juga bisa dilakukan di mana saja tanpa peralatan khusus. Selain melatih otot dada, push up juga memberikan manfaat yang signifikan pada beragam otot tubuh. Lalu, push up melatih otot apa saja, sih? Selain itu, apa saja ya, manfaat push up untuk tubuh kamu?

 

push up melatih otot

 

Otot-otot yang Dilatih saat Push Up 

1. Otot Dada

Push up paling banyak melatih otot dada atau otot pectoralis major. Saat melakukan push up, otot dada kamu bekerja keras untuk menopang tubuh dan mendorongnya naik ke atas. Latihan ini membantu memperkuat otot dada bagian atas, tengah, dan bawah.


2. Otot Trisep

Selain otot dada, push up melatih otot trisep yang terletak di bagian belakang lengan atas. Ketika kamu mendorong tubuh ke atas dari posisi push up, otot trisep bekerja keras untuk memperpanjang lengan, membantu mendukung gerakan tersebut.


3. Otot Bahu

Otot bahu atau otot deltoid kamu juga aktif saat melakukan push up. Otot bahu membantu menstabilkan tubuh selama gerakan, serta membantu mendorong tubuh ke atas. Oleh karena itu, melakukan push up melatih otot bahu sehingga akan makin kuat jika dilakukan dengan konsisten.


4. Otot Inti

Otot inti atau otot core, termasuk otot perut dan otot punggung bagian bawah, juga terlibat dalam menjaga postur tubuh kamu selama push up. Saat kamu menahan tubuh dalam posisi datar dan lurus dari kepala hingga kaki, otot core bekerja keras untuk menjaga tubuh tetap stabil.


5. Otot Punggung

Push up melatih otot punggung meskipun tidak langsung terlibat dalam gerakan itu sendiri, otot punggung juga turut berperan dalam menjaga postur tubuh kamu. Otot punggung membantu menjaga tubuh tetap lurus dan terhindar dari cedera selama latihan.


Manfaat Push Up

Melakukan push up secara teratur tidak hanya membantu memperkuat otot-otot yang disebutkan di atas, tetapi juga memberikan beragam manfaat lainnya bagi tubuh kamu.


1. Meningkatkan Kekuatan Tubuh

Push up adalah latihan yang efektif untuk meningkatkan kekuatan tubuh kamu secara keseluruhan karena melibatkan banyak otot sekaligus.


2. Meningkatkan Kestabilan dan Postur

Dengan melibatkan otot-otot inti, push up membantu meningkatkan stabilitas tubuh dan postur yang baik.


3. Meningkatkan Keseimbangan Otot

Dengan melatih berbagai otot tubuh, push up membantu mengurangi risiko cedera dan ketidakseimbangan otot kamu.


4. Latihan Fungsional

Push up adalah latihan fungsional yang mendukung aktivitas sehari-hari, seperti mengangkat tubuh dari lantai dengan mendorong.


5. Fleksibilitas

Gerakan push up membantu meningkatkan fleksibilitas otot-otot tubuh kamu, terutama di daerah bahu dan dada.


Dengan melakukan push up secara teratur, kamu bisa mencapai kebugaran tubuh yang optimal. Akhirnya, kesehatan tubuh pun meningkat seluruhnya. Jadi, jangan ragu untuk melakukan push up di dalam rutinitas latihan kamu ya, Happyfitters. Agar hasilnya lebih maksimal, kamu juga bisa nih, coba HAPPYFIT Sit Up Bar yang juga bisa digunakan untuk push up kamu. Selamat berlatih!

Blog posts list