Pose Yoga Untuk Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan

Feb 7, 2024

Bagi ibu yang usai melahirkan tentu beberapa bagian tubuh ikut melebar. Khususnya bagian perut. Hal ini dikarenakan pada saat kehamilan berat badan ibu juga bertambah. Tubuh ikut melebar demi menopang tubuh yang sedang mengandung.

 

 

Pasca melahirkan memerlukan tahap recovery terlebih dahulu sebelum ibu bisa mengambil langkah untuk menurunkan berat badan. Ibu dapat menunggu hingga 6 minggu pasca kelahiran untuk program penurunan berat badan. Jika anda melahirkan secara caesar akan membutuhkan lebih lama dari persalinan normal.

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan pasca melahirkan adalah dengan yoga. Yoga memiliki beberapa pose yang bisa anda manfaatkan untuk menurunkan berat badan. Karena tidak jarang ibu yang sedang hamil naik hingga berpuluh-puluh kilo dan berat ini bisa berlanjut jika tidak segera mengambil tindakan.

Anda bisa simak beberapa pose dari olahraga yoga berikut ini untuk dapat membantu menurunkan berat badan.

1. Adho Mukha Svanasana

Gerakan pertama adalah adho mukha svanasana atau disebut juga dengan downward facing dog pose. Pose ini dapat dilakukan dengan memulai posisi kaki sejajar terlebih dahulu. Kemudian tarik perut ke arah tulang belakang setiap membuang nafas.

Lakukan dengan pose upward abdominal lock. Hal ini dilakukan untuk mengunci bagian otot di bagian pelvic floor. Kemudian tahan 10 kali hitungan nafas. Dapat dilakukan berulang sesuai dengan kemampuan anda.

2. Plank Pose

Seperti yang kita ketahui tentang plank pose, anda bisa memulai gerakan yoga yang satu ini dengan posisi telungkup terlebih dahulu. Kemudian tempatkan beban pundak di atas punggung tangan. Tarik napas dan tekan kebelakang tumit.

Kemudian rilekskan rahang dan pertahankan posisi ini hingga 10-20 hitungan nafas. Bisa juga dihitung berdasarkan detik jam. Setelah itu lakukan posisi down dog ke plank (mengangkat tubuh) dengan 10 hitungan. Sebaiknya anda mengambil nafas pada saat plank dan menghembuskannya ketika menurunkan badan (down dog).

3. Garudasana (Eagle Pose)

Untuk melakukan posisi elang ini selipkan kaki kanan ke kaki kiri dan jari kaki diletakkan di betis. Kemudian letakkan tangan kiri di atas tangan kanan dan rekatkan. Setelah itu anda bisa berdiri tegak dengan tekukan lutut sedikit.

Lakukan dengan mengangkat sikut tangan dan tangan di atas muka. Tahan selama 10 hitungan nafas sebelum kembali ke posisi semula. Anda dapat mengulang pose ini sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan anda.

4. Paripurna Navasana (Full Boat Pose)

Gerakan yoga yang satu ini dilakukan dengan duduk dan sejajarkan dua kaki. Posisi punggung belakang lurus. Kemudian angkatlah kaki dari lantai dengan melekukkan lutut sedikit. Tahan dalam 5 hitungan nafas.

Pada posisi ini lakukan gerakan mendayung dengan kaki bergantian. Anda dapat melakukan gerakan ini sebanyak 10 kali sebelum meletakkan kaki kembali di lantai dan melingkarkan tangan pada tulang kering.

5. Jathara Parivartanasana (Revolved Abdomen Pose)

Lakukan dengan menarik lutut ke depan dada. Kemudian tarik perut ke arah dalam dan tahan. Hal ini untuk mempertahankan kekuatan otot perut. Letakkan telapak tangan pada lantai dan letakkan lutut sehingga membentuk sudut 90 derajat.

Tarik nafas dan hembuskan, lalu tempelkan pundak di lantai dengan gerakan kaki seolah menyentuh lantai. Anda dapat melakukan pose ini sebanyak 4 kali pada setiap sisinya sesuai kemampuan.

6. Elbow to Knee Pose

Tarik nafas dan kunci jari tangan dibelakang kepala kemudian tekuk lutut anda. Hembuskan nafas berbarengan dengan meluruskan kaki. Tekuk lutut kiri ke dada dan tempelkan siku kanan. Tarik nafas dan hembuskan ketika akan berganti posisi.

Pada saat menghembuskan nafas, tarik otot perut anda ke dalam dan rasakan tarikan pada otot perut. Anda bisa mengulang posisi ini sebanyak 4 kali pada setiap sisi bergantian. Atau lakukan sesuai dengan kemampuan anda.

7. Setu Bandha Sarvangasana (Bridge Pose)

Bridge pose dilakukan dengan menekuk lutut dan menarik nafas kemudian hembuskan selama 1 menit. Ketika menghembuskan nafas, anda dapat menjatuhkan tubuh ke lantai. Tarik nafas kembali berbarengan dengan mengangkat badan ke atas.

Anda bisa melakukan pose ini sebanyak 10 kali pengulangan.

8. Supta Gomukhasana (Reclining Cow Face Pose)

Posisi kali membentuk X dengan kaki kiri di atas kaki kanan, tumpuannya pada lutut. Tangan memegang kedua ankle. Hembuskan nafas dan tarik kedua kaki ke lantai melewati pinggang. Gerakan ini membantu untuk peregangan pada bagian pinggang ke bawah.

Anda dapat mengulang gerakan ini sesuai kebutuhan dan kemampuan tubuh anda.

9. Supta Garudasana (Reclining Eagle Pose)

Posisi ini sepertinya lebih mudah karena dilakukan dengan posisi tubuh merebah ke lantai. Kemudian tarik lutut ke sisi satunya dan tekan ke lantai. Pada posisi ini anda akan merasakan tarikan di bagian pinggang.

Pejamkan mata anda dan tahan tubuh di posisi ini sebanyak 10 hitungan nafas. Kemudian lakukan bergantian pada kedua sisi. Anda bisa mengulang gerakan ini sesuai kemampuan.

10. Matsuyasana (Fish Pose)

Posisi tubuh merebah ke lantai kemudian tarik nafas dibarengi dengan menekan lengan dan siku sehingga bagian dada dan kepala terangkat. Lalu lakukan gerakan meluruskan kepala dan mengangkatnya kembali. Ketika mengangkat, tahan selama 10 hitungan nafas.

10 gerakan yoga ini bisa anda praktekkan sendiri di rumah. Tentu anda harus memiliki alat bantu yoga seperti yoga mat hingga aksesoris yoga lainnya yang dapat membantu anda memaksimalkan hasil latian. Anda bisa mendapatkan semua jenis alat bantu yoga ini di happyfit.co.id dengan berbagai macam warna menarik yang bisa anda pilih dengan harga terjangkau.

Blog posts list