Sahur Jam Berapa? Informasi Seputar Waktu Sahur

Apr 1, 2024

Selama bulan Ramadan, sahur merupakan aktivitas yang penting bahkan sunah dan dianjurkan bagi yang menjalankan ibadah puasa. Dengan sahur, kamu juga bisa lebih tahan lapar dan berenergi selama berpuasa sambil menjalani aktivitas seperti biasanya. Karena sahur dimulai di pagi buta, waktu biasanya kita masih tidur dan mata mengantuk, penting untuk mengetahui jam sahur agar tidak terlewat. 

Batas Sahur Jam Berapa?

sahur jam berapa

Batas waktu sahur di Indonesia sendiri beragam tergantung lokasi geografis atau wilayah tempat tinggal kamu. Indonesia bagian barat, tengah, dan timur tentu saja memiliki waktu sahur yang berbeda. Oleh karena itu, penting untuk mengikuti jadwal sahur sesuai dengan lokasi kamu.

Biasanya, di Indonesia banyak yang menggunakan imsak sebagai patokan berakhirnya makan dan minum. Padahal, sebenarnya kamu masih bisa minum asalkan azan subuh belum dimulai. Imsak hanyalah peringatan saja agar kamu segera menyelesaikan sahur kamu dan tidak melewati azan. Imsak sendiri biasa dimulai kira-kira 10 menit sebelum azan subuh. Tapi, pastikan jangan sampai mulai azan kamu masih makan atau minum ya, Happyfitters. Keselek nanti.

Sahur Jam Berapa di Jakarta?

Waktu sahur atau Imsak di Jakarta biasanya diumumkan lembaga keagamaan setempat atau bisa kamu lihat di berbagai aplikasi atau situs web yang menyediakan jadwal imsakiyah atau situs web lembaga keagamaan seperti kemenag (https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsakiyah). Kamu bisa pilh wilayah kamu dan klik tombol search

Jam sahur di Jakarta juga bisa bervariasi setiap harinya karena perbedaan posisi matahari dan durasi waktu antara Maghrib dan Subuh yang berubah-ubah sepanjang tahun. Jika dilihat di situs web kemenag, imsak kurang lebih dimulai sekitar pukul 04:30, bisa lebih atau kurang sedikit. Jadi, Happyfitters bisa atur alarm dengan patokan tersebut.

Tips Menentukan Waktu Sahur yang Tepat

1. Rencanakan Sebelumnya

Selalu periksa jadwal waktu sahur dan Imsak untuk wilayah kamu, dan pastikan kamu sudah merencanakan akan bangun dan mulai sahur di pukul berapa, juga siapkan makanan sahurmu sejak malam. Kalau kamu belum beli makan sahur di malam hari, kamu harus bangun lebih cepat agar tidak terburu-buru.

2. Gunakan Aplikasi atau Situs Web

Ada banyak aplikasi juga situs web yang memberikan informasi waktu sahur dan Imsak secara akurat. Nah, kamu bisa manfaatkan kedua media tersebut untuk mengetahui waktu sahur yang tepat.

3. Perhatikan Kesehatan

Sahur memang penting, tapi jangan asal makan. Kamu tetap harus menjaga kesehatan kamu. Pilih makanan dengan gizi seimbang dan cukup untuk meningkatkan energi selama puasa. Kamu bisa menambahkan sayuran dan lauk berprotein untuk menemani nasi kamu. Bahkan, kamu bisa lho, ganti nasi ke karbohidrat yang kompleks seperti ubi, oat, beras merah, dll. Pasalnya, karbohidrat kompleks bisa membuat kamu kenyang lebih lama.

4. Berdoa dan Bersiaplah dengan Baik

Gunakan momen sahur untuk berdoa dan bersiap secara mental untuk menjalani puasa dengan baik. Ingat, selalu baca niat puasa ya, Happyfitters. Kamu bisa baca niat malam hari sebelum sahur.


Kalau udah sahur, pasti tahan dong sampai sore tenaganya? Nah, walaupun puasa, kamu tetap harus olahraga nih, Happyfitters agar badan tetap bugar. Selama olahraga kamu bisa banget lho, pakai hijab sport dari Happyfit yang nyaman dan melindungi rambut kamu. Semangat puasanya dan stay fit, ya!

Blog posts list