5 Cara Mengatasi Kram Otot dengan Baik Tanpa Efek Samping

Feb 7, 2024

Kram otot, baik yang sering terjadi pada kaki maupun bagian lainnya merupakan suatu kontraksi atau kondisi dimana otot menegang kuat secara tiba-tiba. Hal ini dapat terjadi selama beberapa detik hingga menit dan sangat umum terjadi di bagian kaki. Ketika terjadi kram otot, tanpa sadar otot akan berkontrasi dengan sendirinya. Saat anda merasa kram, anda juga akan merasakan adanya benjolan keras di bagian yang nyeri. Dan bagian inilah yang disebut dengan otot yang berkontraksi. Namun anda tak perlu khawatir, cara mengatasi kram otot dengan baik bisa anda lakukan secara alami.

 

 

Penyebab Kram Otot

Lalu apa yang menjadi penyebab otot kram? Hal ini bisa terjadi ketika tubuh terlalu Lelah. Selain itu melewatkan pemanasan ketika berolahraga juga bisa menjadi penyebab otot mengalami kram. Selain itu penyebab lainnya bisa dikarenakan dehidrasi, gerakan yang salah, dan tubuh yang kekurangan elektrolit seperti magnesium dan kalium. Saat tubuh mengalami kram otot, anda harus segera mencari cara untuk mengatasinya agar kram yang diallami tidak semakin parah.

Gejala Kram Otot

Berbeda dari nyeri otot yang dapat terjadi di bagian tubuh manapun, namun pada kram otot lebih sering dialami di bagian kaki terutama betis. Gejala yang paling sering dirasakan adalah rasa sakit yang tiba-tiba muncul. Anda juga dapat merasakan adanya jaringan otot yang menonjol. Hal ini menjadi gejala yang paling sering dialami ketika merasakan kram otot.

Lalu Bagaimana Mengatasi Kram Otot?

Untuk mengatasi kram otot, sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah dan dengan cara yang alami seperti dibawah ini.

Beristirahat

Jika anda mengalami kram otot saat sedang berolahraga, maka cara mengatasi kram otot dengan baik yang bisa anda lakukan pertama kali adalah dengan beristirahat. Hentikan segala aktivitas fisik yang anda jalani. Jika sedang dalam posisi berdiri, maka segera cari dudukan atau pegangan. Posisikan tubuh anda senyaman mungkin. Nantinya kram otot akan hilang dengan sendirinya.

Jangan paksakan untuk tetap melakukan aktivitas, ini hanya akan emmbuat kram menjadi semakin parah bahkan bisa mencederai otot-otot anda. Biarkan otot-otot anda pulih maksimal dan kemudian anda baru bisa beraktivitas seperti biasanya.

Stretching

Gerakan ini dipercaya dapat efektif untuk mengembalikan otot-otot tubuh yang kram seperti semula. Anda bisa meregangkan tubuh pada bagian yang terkena kram sehingga otot-otot tubuh yang menegang bisa kembali seperti awal. Bagaimana caranya? Anda bisa meluruskan tangan, kaki, atau bagian tubuh lainnya yang mengalami kram kemudian regangkan otot-ototnya. Pada awalnya mungkin anda bisa mengalami nyeri, namun lama-kelamaan nyeri akan reda ketika otot tersebut sudah kembali ke posisi semula.

Lakukan Pijatan Ringan

Cara mengatasi kram otot dengan baik lainnya bisa anda lakukan dengan melakukan pijatan ringan. Regangkan otot yang mengalami kram, kemudian gosok dengan lembut sehingga membuatnya lebih rileks. Jika anda mengalami kram pada bagian betis, tempatkan berat badan di kaki yang mengalami kram dan agak tekuk lutut sedikit. Jika anda tidak bisa berdiri, cobalah untuk duduk dengan kondisi kaki yang mengalami kram diluruskan. Anda bisa memijat bagian yang kram secara perlahan agar dapat membantu meredakan kram. Akan tetapi jangan memijat terlalu keras karena bisa berdampak pada kelancaran aliran darah.

Kompres Dengan Air Panas atau Dingin

Gunakan handuk hangat atau anda juga bisa menggunakan bantal pemanas dan tempatkan pada otot yang mengalami krama atau tegang. Anda juga dapat mandi menggunakan air hangat dan arahkan air hangat tersebut ke bagian otot yang mengalami kram. Ini juga menjadi salah satu cara mengatasi kram otot dengan baik dan cepat. Alternatif lainnya, anda juga dapat memijat otot menggunakan es agar dapat menghilangkan rasa nyeri.

Minum Air Putih

Meskipun cara mengatasi kram otot dengan baik ini tidak akan memberikan efek dengan cepat. Namun setidaknya bisa anda coba. Anda bisa mengkonsumsi air putih ataupun minuman dengan kandungan elektrolit yang bertujuan untuk mengisi kekurangan cairan dalam tubuh. Meskipun membutuhkan waktu yang agak lama, namun hal ini bisa mencegah terjadinya kram kembali. Jika cara mengatasi kram otot dengan baik diatas tidak bisa menyembuhkan kram otot anda dengan segera. Maka anda bisa mencoba untuk memeriksakan diri ke dokter sebelum kram menjadi lebih parah. Untuk mencegah terjadinya kram otot ketika berolahraga, pastikan anda memilih pakaian olahraga yang nyaman di happyfit.co.id. Dengan begitu anda bisa menurunkan resiko terjadinya cedera saat berolahraga. Ada banyak pilihan pakaian olahraga berkualitas terbaik yang bisa anda pilih disini. Dapatkan pula diskon menarik pada setiap pembelian.

Blog posts list