6 Cara Mengatasi Otot Sakit Setelah Olahraga Yang Cepat dan Mudah

Feb 7, 2024

Merasa nyeri keesokan harinya setelah berolahraga? Sebenarnya hal ini hal yang wajar. Setelah berolahraga, tak jarang anda bisa merasakan pegal dan nyeri di hampir sekujur tubuh saat keesokan harinya seussai berolahraga.

 

 

Ini bisa menjadi efek dari Latihan yang anda jalani. Namun meskipun begitu bukan berarti jika nyeri otot yang anda rasakan tersebut dibiarkan begitu saja. Anda harus mencari cara mengatasi otot sakit setelah berolahraga agar tidak menganggu aktivitas lainnya.

Apa Penyebab Otot Sakit Setelah Berolahraga?

Nyeri otot seusai berolahraga sebenarnya jadi hal yang wajar. Meskipun sebenarnya bukanlah hal yang berbahaya, akan tetapi tak jarang banyak orang yang khawatir jika hal ini menjadi pertanda cedera serius. Biasanya nyeri otot setelah berolahraga bisa terjadi karena orang tersebut sudah tidak melakukan olahraga dalam waktu yang lama, mencoba olahraga baru, ataupun ketika meningkatkan intensitas olahraga.

Dalam istilah medisnya, nyeri otot ini dikenal sebagai delayed onset muscle atau DOMS. Biasanya akan muncul 24-48 jam setelah melakukan aktivitas olahraga. Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai keluhan mulai dari nyeri otot ringan sampai berat, pegal, kaku otot, hingga terjadi pembengkakan otot.

Saat anda melakukan olahraga baru atau gerakan yang jarang dilakukan, ini akan menyebabkan kerusakan pada sel-sel otot tubuh yang digunakan. Inilah yang disebut dengan DOMS dan menjadi kondisi yang normal dan semua orang dapat merasakannya, bahkan atlet professional sekalipun. Karena kerusakan otot inilah yang menyebabkan rasa nyeri. Rasa nyeri setelah berolahraga menandakan otot sudah mulai beradaptasi ketika menerima tekanan selama berolahraga.

Namun rasa sakit ini akan sedikit berkurang atau bahkan tidak muncul lagi ketika otot-otot tubuh sudah beradaptasi menjadi lebih kuat dibandingkan sebelumnya.

Cara Mengatasi Nyeri Otot Setelah Berolahraga

Meskipun tidak berbahaya, tetap saja anda harus segera mengatasi nyeri otot tersebut sehingga tidak menyebabkan ketidaknyamanan saat melakukan aktivitas lainnya. Anda bisa mengikuti tips dibawah ini untuk mengatasi nyeri otot setelah berolahraga.

1.Kompres Menggunakan Air Hangat atau Dingin

Cara mengatasi otot sakit setelah berolahraga bisa dilakukan dengan mengkompres menggunakan air hangat atau dingin. Jika anda baru merasakan nyeri dan ada sedikit pembengkakan otot maka anda dapat mengkompresnya menggunakan air dingin kurang lebih 10-15 menit. Anda bisa membungkus es batu menggunakan handuk atau kain kemudian tempelkan pada bagian yang bengkak dan nyeri. Setelah nyeri dan pembengkakan mereda. Anda dapat mempercepat pemulihan dengan mengkompres menggunakan air hangat selama 10-15 menit. Atau anda juga bisa mandi dengan air hangat untuk membantu meredakan nyeri.

2. Lakukan Pemijatan Lembut

Cara lainnya yang dapat membantu meredakan nyeri otot setelah berolahraga adalah dengan memijat lembut bagian yang terasa nyeri. Pijatan ringan pada bagian tubuh yang mengalami nyeri dapat membantu meningkatkan aliran darah serta merangsang syaraf , yang mana ini akan mengurangi nyeri serta pembengkakan otot.

3. Mengoleskan Balsam

Anda juga bisa mencoba mengoleskan obat luar seperti balsam guna mengatasi nyeri otot setelah berolahraga. Anda bisa mengoleskannya sambil dipijat lembut untuk membuat nyeri semaikin membaik. Sensai panas dari dalam tubuh serta dingin pada bagian luar tubuh akan memberikan sensasi yang nyaman. Ini menjadi cara mengatasi otot sakit setelah berolahraga yang cukup efektif.

4. Perhatikan Asupan Cairan

Tubuh yang dehidrasi bisa menyebabkan pemulihat otot yang cedera bisa berlangsung lama. Untuk itu jika anda ingin meredakan nyeri otot setelah berolahraga, anda harus memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Hal ini karena jaringan otot membutuhkan air dalam masa penyembuhan. Jadi jangan sampai anda kekurangan cairan karena dapat membuat nyeri otot berlangsung lama.

5. Mengkonsumsi Obat Antiperadangan

Nyeri otot juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi obat antiperadangan seperti ibuprofen, paracetamol, dan aspirin yang banyak dijual di apotek. Namun sebelum mengkonsumsi obat, pastikan jika anda tidak mempunyai alergi terhadap obat-obatan tersebut.

6. Konsumsi Makanan Berprotein

Mengkonsumsi makanan berprotein juga menjadi cara mengatasi otot sakit setelah berolahraga agar tidak berlangsung lama. Pilihlah daging dengan kandungan sedikit lemak, kacang-kacangan dan susu. Jenis makanan seperti ini mengandung protein tinggi yang membantu masa pemulihan. Jadi jangan lupa memasukkan makanan berprotein ke dalam menu makan sehari hari. Untuk melengkapi kegiatan berolahraga anda, gunakan pakaian olahraga berkualitas terbaik dari kami. Anda bisa mengakses happyfit.co.id dan dapatkan berbagai keperluan olahraga lengkap termasuk pakaian olahraga. Apalagi ada banyak pilihan produk terbaik dan juga dengan harga yang menarik yang bisa anda dapatkan.

Blog posts list