Begini 5 Tips Jogging Agar Tidak Mudah Capek dan Cedera

Jan 3, 2024

Olahraga merupakan aktivitas yang sangat penting untuk membentuk dan membangun kebugaran tubuh supaya selalu sehat. Salah satu jenis olahraga ringan yang biasa orang lakukan setiap harinya adalah jogging. Bagi pemula yang ingin jogging, perlu mengetahui tips jogging agar tidak mudah capek berikut ini. 

 

 

Sebagian orang merasa kesulitan untuk konsisten melakukan jogging lantaran mudah kelelahan setelah aktivitas tersebut. Padahal, bisa jadi ada kesalahan waktu lagi jogging yang bikin tubuh cepat lelah. Maka dari itu, penting untuk memahami tips lari yang benar supaya terhindar dari rasa capek dan cedera. 

5 Tips Jogging Agar Tidak Mudah Capek 

Pastinya Happyfitters pernah melihat orang berlari berkilo-kilo meter hingga merasa penasaran bagaimana bisa orang tersebut lari sejauh itu. Sedangkan ketika dicoba untuk lari beberapa kilometer saja sudah capek dan sakit kaki. Ternyata, dengan menerapkan teknik dan tips lari yang tepat, performa lari bisa meningkat pesat.

Berikut 5 tips jogging untuk mengatasi efeknya ke tubuh yang mudah capek. 

1. Tips Jogging dengan Melakukan Cukup Pemanasan

Seringkali, orang kena cedera saat olahraga karena belum cukup melakukan pemanasan. Pemanasan sebelum olahraga bertujuan untuk mempersiapkan fisik agar siap bekerja secara optimal dengan cara melenturkan dan memanaskan otot. Oleh sebab itu, sebelum jogging, pastikan sudah melakukan peregangan tubuh. 

Tubuh yang sudah melakukan peregangan atau pemanasan akan jauh lebih terasa nyaman ketika berlari. Sebab, Happyfitters enggak lagi merasa kaku dan lebih luwes saat jogging akibat otot-otot yang sudah lentur dan panas. 

2. Mengatur Pernapasan

Tips jogging agar tidak mudah capek berikutnya adalah dengan mengatur pernapasan. Jika berhasil mengatur laju pernapasan dengan baik ketika jogging, maka tidak akan lagi merasa ngos-ngosan ketika lari. Saran cara bernapas ketika lari adalah melalui mulut dan mengeluarkannya dari mulut pula. 

Kalau seseorang rajin melakukan jogging secara rutin dengan intensitas sedang hingga tinggi, maka kapasitas paru-paru akan meningkat sehingga memungkinkan untuk berlari dalam waktu lama.  

3. Menggunakan Sepatu Lari yang Benar

Setiap cabang olahraga punya jenis sepatu yang berbeda-beda. Misalnya sepatu basket, voli, atau lari. Meski kesannya sepele, pemilihan sepatu lari yang benar akan membuat Happyfitters berlari dengan nyaman. Gak hanya itu, menggunakan sepatu lari yang tepat akan meminimalisir terjadinya resiko saat berlari.

4. Memperhatikan Asupan Cairan 

Kunci dari tips jogging agar tidak mudah capek yaitu dengan memperhatikan asupan cairan dalam tubuh. Tubuh memerlukan cairan yang cukup untuk melakukan aktivitas tertentu, termasuk jogging. Jika seseorang tidak memenuhi asupan cairan tubuh dengan optimal, maka saat sedang berlari bisa saja mengalami dehidrasi. 

5. Meningkatkan Kecepatan Lari Secara Bertahap

Orang-orang cenderung cepat lelah ketika sudah mengerahkan kecepatan lari maksimal di awal. Namun, sebenarnya kebiasaan tersebut tidak baik karena dapat menurunkan performa lari lho! Sebaiknya, mulailah jogging dengan pelan kemudian secara bertahap menambah kecepatannya sambil mengatur tempo lari. 

Siap Mempraktekkan Tips Jogging Agar Tidak Mudah Capek?

Jadi, itulah beberapa tips jogging agar tidak mudah capek yang bisa dipraktekkan ketika olahraga. Waktu pelaksanaan jogging sendiri cukup fleksibel, baik itu pagi hari maupun sore hari. Saat melakukan jogging, pastikan untuk mengenakan jenis baju olahraga yang nyaman buat lari. 

Seperti salah satu tips di atas, Happyfitters harus memperhatikan asupan cairan yang cukup ketika jogging. Untuk itu, Happyfitters bisa pake produk Tumbler & String bag dari Happyfit untuk menunjang jogging

Happyfitters juga bisa pakai tumbler Happyfit sebagai wadah air minum dan string bag-nya buat bawa perlengkapan olahraga lain yang dibutuhkan. 

Blog posts list