Gerakan Olahraga Untuk Mengencangkan Bokong Dengan Resistance Loop Band

Dec 28, 2023

Berolahraga ringan dapat Anda lakukan sendiri di rumah dengan menggunakan alat bantu olahraga seperti loop band. Kegunaan loop band yang baik bagi tubuh sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin melakukan olahraga layaknya di tempat gym.

 

 

Salah satu kegunaan penting dari loop band adalah untuk membantu mengencangkan bokong. Loop band dapat membantu mengencangkan bagian tubuh tersebut dengan cara menstabilkan otot pinggul dan paha melalui sisi sisi luar bokong. Dengan level yang berbeda pada tiap loop band, Anda dapat melatih mengencangkan mulai dari penggunaan level 1 hingga ke level selanjutnya.

Lalu bagaimana caranya agar bokong dapat kencang dan memiliki otot yang kuat ?

1. Banded Step-Outs

Gerakan banded step-outs ini dapat dilakukan dengan mudah. Caranya letakkan loop band pada kaki antara betis kanan dan betis kiri. Kemudian lakukan squat ringan. Langkahkan kaki kiri keluar selebar mungkin kemudian ayunkan tangan kanan ke depan. Ini adalah satu paket gerakan.

Kemudian lakukan dengan cepat yakni langkahkan kaki kanan selebar mungkin dan ayunkan tangan kiri ke depan. Bisa juga dilakukan dengan melangkah dari sisi kanan ke sisi kiri, lakukan secepat anda mampu. Ulangi set ini dalam 20 kali.

2. Resistance Band Split Squat

Gerakan kedua yang patut Anda coba untuk melatih mengencangkan bokong adalah resistance band split squat. Caranya adalah dengan meletakkan loop band pada kaki antara batas betis bawah kanan dan kiri kemudian lakukan posisi kuda-kuda dengan kaki kanan ke depan dan tumit kiri terangkat.

Berdiri tegak, tekuk siku tangan ke belakang tubuh, gunakan otot bokong untuk mengangkat kaki kiri di belakang pinggul, dada tetap tegak, kaki kiri bawah ke posisi awal dan ulangi. Lakukan set ini sebanyak 20 kali.

3. Resistance Band Deadlift

Gerakan selanjutnya disebut dengan resistance band deadlift. Caranya adalah letakkan loop band diantara kaki, lebarkan kaki sejajar pinggul dan tahan satu sisi loop band dengan kedua tangan. Tekuk lutut sedikit, gerakkan pinggul hingga dada hampir sejajar dengan lantai, punggung tetap lurus dan lakukan berulang.

Anda akan merasakan tarikan pada paha belakang ketika posisi turun. Pertahankan tulang belakang agar tetap lurus. Libatkan otot bokong untuk mengembalikan tubuh pada posisi semula. Lakukan berulang sebanyak 20 kali.

4. Banded Clamshell

Selanjutnya lakukan gerakan banded clamshell. Caranya letakkan loop band pada kaki setinggi lutut. Berbaring ke sisi kiri tubuh dan angkat kemudian topang tubuh bagian atas dengan siku kiri, lutut ditekuk dan berat bertumpu pada pinggul.

Letakkan tangan kanan dibelakang kepala, tekuk kaki, dan tahan dengan kuat. Angkat pinggul, putar lutut kanan ke samping, tekan loop band, dan satukan bagian dalam kaki. Rendahkan punggung untuk kembali ke posisi semula. Ulangi gerakan ini sebanyak 20 kali pada tiap sisi.

5. Lying Leg Extension

Cara melakukan gerakan kelima ini dimulai dengan berbaring kemudian rentangkan kedua kaki. Lengan ditekuk ke samping dan memegang loop band. Letakkan loop band sepanjang lengkungan kaki dengan kaki kanan posisi ditengah kemudian tarik lutut kanan ke dada.

Tarik siku hingga menyentuh lantai dan angkat pinggul dari lantai saat kaki memanjang lurus sekitar 45 derajat. Rendahkan punggung pada posisi awal dan ulangi sebanyak 20 kali.

6. Resistance Band Glute Bridge

Gerakan keenam adalah resistance band glute bridge yang dapat dilakukan dengan cara berbaring dengan lutut ditekuk, lebarkan kaki. Letakkan loop band pada panggul, kemudian tekan ujungnya ke lantai dari sisi panggul. Kendurkan loop band dan tarik lebih kuat pada pinggul.

Tahan selama satu hitungan, kemudian dalam 3 hitungan turunlah perlahan hingga posisi awal. Ulangi gerakan ini sebanyak 20 kali.

Cukup mudah dilakukan bukan latihan tersebut. Anda dapat mencobanya di rumah dengan meluangkan sedikit waktu. Tentunya loop band ini bisa anda dapatkan di Happyfit dengan harga terjangkau. Selamat mencoba.

Blog posts list