Jogging Malam Hari: Apakah Baik untuk Kesehatan?

Mar 18, 2024

Jogging di malam hari sering menjadi pilihan bagi banyak orang yang sibuk bekerja dari pagi hingga sore hari. Selain itu, beberapa orang memilih melakukan jogging malam hari untuk menikmati udara segar sambil menghilangkan penat setelah seharian bekerja. Aktivitas ini memiliki sejumlah manfaat serta efek yang perlu dipertimbangkan lho, Happyfitters. Jadi, sebenarnya jogging malam hari baik atau tidak, ya?

Ā 

jogging malam hari

Ā 

Manfaat Jogging Malam Hari

1. Mengurangi StresĀ 

Berlari atau jogging dapat menjadi cara yang efektif untuk mengurangi stres. Setelah seharian dipenuhi dengan pekerjaan dan tanggung jawab, aktivitas fisik seperti jogging malam hari dapat membantu melepaskan ketegangan dan memperbaiki suasana hati.


2. Kualitas Tidur yang Lebih Baik

Melakukan olahraga ringan sebelum tidur dapat membantu memperbaiki kualitas tidur. Jogging malam hari dapat membantu Anda rileks dan tidur lebih nyenyak, karena tubuh Anda akan merasa lelah setelah aktivitas fisik yang menyehatkan ini.


3. Merasa Lebih Enerjik

Ironisnya, jogging malam hari dapat menyebabkan bertambahnya energi pada tubuh. Ini karena aktivitas fisik merangsang produksi endorfin, hormon yang membuat orang merasa bahagia dan bertenaga.


Efek Jogging Malam Hari

1. Keselamatan

Salah satu yang dikhawatirkan dari jogging malam hari adalah keselamatan. Kurangnya cahaya dan kepadatan lalu lintas yang lebih rendah dapat meningkatkan risiko kecelakaan bahkan kejahatan. Namun, dengan memilih rute yang terang dan ramai serta mengenakan pakaian berwarna terang atau reflektif, risiko ini dapat diminimalkan.


2. Gangguan Tidur

Bagi sebagian orang, aktivitas fisik intensif sebelum tidur dapat mengganggu pola tidur. Seperti yang disebutkan sebelumnya, aktivitas fisik dapat merangsang produksi endorfin yang membuat orang merasa bahagia dan berenergi. Namun, ini dapat bervariasi tergantung pada sensitivitas tiap orang terhadap olahraga malam.


3. Potensi Manfaat yang Berkurang

Meskipun manfaat kesehatan dari jogging malam hari tetap sama dengan jogging pagi hari, beberapa studi menunjukkan bahwa paparan sinar matahari di pagi hari dapat memiliki efek positif tambahan pada kesehatan mental dan metabolisme tubuh.


Jogging malam hari dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat bagi kesehatan, terutama bagi mereka yang memiliki jadwal yang sibuk dari pagi hingga sore hari. Namun, penting untuk memperhatikan faktor keselamatan dan efek terhadap kualitas tidur yang mungkin terjadi. Jika memungkinkan, mencoba untuk beraktivitas fisik saat ada cahaya matahari juga dapat memberikan manfaat tambahan bagi kesehatan secara menyeluruh. Jadi, sambil menikmati embusan udara segar di malam hari, pastikan untuk memperhatikan keamanan dan kondisi tubuh kamu. Selain itu, pakailah pakaian yang nyaman seperti legging, celana pendek pria, dan celana pendek yang bisa dipadu-padankan dari Happyfit.

Blog posts list