6 Manfaat Mandi Setelah Olahraga Bagi Kesehatan

Dec 28, 2023
Setelah berolahraga, tentu tubuh akan berkeringat lebih. Tentu ini akan membuat badan terasa lengket dan bau. Tak jarang ini yang membuat orang ingin cepat-cepat mandi setelah melakukan olahraga. Namun banyak mitos yang menyebutkan jika mandi langsung setelah berolahraga sangat tidak disarankan. Karena bisa menyebabkan berbagai dampak buruk bagi Kesehatan. Namun apakah hal ini benar? Apakah tidak ada manfaat mandi setelah olahraga bagi Kesehatan? Berikut ini penjelasannya.

 

Apakah Mandi Setelah Berolahraga Diperbolehkan?

Sebenarnya mandi setelah berolahraga sangat dianjurkan, hal ini akan membantu meringankan nyeri sendi dan otot. Selain itu, dengan mandi maka ini juga akan membersihkan kotoran dan keringat di kulit setelah olahraga. Namun yang tidak diperbolehkan adalah langsung mandi sesaat setelah olahraga. Jika anda ingin mandi setelah berolahraga, maka usahakan untuk memberi jeda. Jika tidak ini malah akan memberikan dampak bagi Kesehatan.

Ketika berolahraga, jantung akan memompa darah yang mengandung banyak oksigen menuju otot lebih banyak dibandingkan saat berkegiatan seperti biasanya. Ini yang akan membuat jantung berdetak lebih cepat dan suhu tubuh meningkat. Jika anda langsung mandi setelah berolahraga, pembuluh darah bisa semakin melebar. Ini akan membuat tubuh rentan terhadap penyakit, seperti serangan jantung. Karena itu berikan jeda sesaat setelah berolahraga atau anda bisa melakukan pendinginan terlebih dahulu sebelum mandi.

Gunakan Air Hangat Atau Dingin Untuk Mandi Setelah Berolahraga?

Baik mandi air hangat atau air dingin sama-sama memberikan manfaat mandi setelah berolahraga. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.

Manfaat Mandi Setelah Olahraga Menggunakan Air Hangat

  • Salah satunya dapat membersihkan kulit dengan baik. Ketika berolaharaga terutama di luar rumah maka debu dan kotoran akan bercampur dengan keringat. Dengan menggunakan air hangat ini membantu membuka pori-pori kulit dan membersihkan hingga kulit kembali bersih
  • Manfaat mandi setelah olahraga dengan air hangat juga akan membuat tubuh rileks. Ini akan membuat otot-otot kembali rileks dan tidur juga jadi lebih nyenyak. Selain itu, hal ini juga dapat meredakan kelelahan setelah berolahraga

Akan tetapi perlu diperhatikan saat mandi menggunakan air hangat, apalagi jika terlalu sering bisa menyebabkan kulit terasa kering.

Manfaat Mandi Setelah Olahraga Menggunakan Air Dingin

  • Ketika berolahraga, tak jarang otot-otot tubuh akan sedikit Lelah karena bekerja ekstra. Dengan mandi menggunakan air dingin, ternyata ini dapat membantu mempercepat penyembuhan otot dan mengurangi peradangan otot setelah melakukan olahraga. Hal ini akan meminimalisir nyeri keesokan harinya.
  • Bukan hanya air hangat, manfaat mandi setelah olahraga menggunakan air dingin juga membantu membuat otot tubuh menjadi rileks. Apalagi jika olahraga yang anda lakukan cukup menguras tenaga, maka air dingin bisa menjadi solusinya. Otot-otot tubuh bisa disembuhkan segera dan anda tidak akan merasakan sakit keesokan harinya
  • Siapa sangka jika mandi dengan air dingin dapat berpotensi untuk membantu menurunkan berat badan. Perlu anda ketahui jika beberapa sel lemak bisa memproduksi panas dengan cara membakar lemak. Seperti lemak cokelat misalnya, jenis lemak ini dapat diaktifkan saat mendapatkan dingin yaitu ketika anda mandi menggunakan air dingin
  • Menggunakan air dingin ketika mandi setelah berolahraga juga bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh. Saat tubuh menyentuh air dingin, maka sirkulasi darah bisa lebih cepat karena hal ini untuk membuat suhu tubuh tetap ideal.

Namun ingat menggunakan air dingin disini bukanlah selalu air es. Anda bisa menggunakan air dengan suhu terendah yang bisa anda dapatkan. Namun mandi dengan air dingin tidak disarankan jika suhu tubuh rendah karena dikhawatirkan ini akan membuat suhu tubuh menjadi semakin rendah. Dan ini akan membuat suhu tubuh akan susah untuk kembali normal dalam waktu singkat. Selain itu jika anda sedang sakit, tidak pula disarankan menggunakan air dingin untuk mandi setelah berolahraga. Anda sedang membutuhkan pakaian atau outwear untuk berolahraga yang nyaman, pilihan dari happyfit.co.id mungkin bisa direkomendasikan untuk anda. Ada banyak pilihan pakaian olahraga baik pria maupun wanita terbaik yang bisa anda pilih. Nikmati pula berbagai diskon menarik untuk setiap pembelian.

Blog posts list