3 Manfaat Gym Ball untuk Ibu Hamil

May 17, 2024

Selama masa kehamilan, ibu hamil harus tetap aktif secara fisik dengan aman dan nyaman. Salah satu alat yang bisa membantu ibu hamil menjaga kesehatan dan kenyamanan mereka adalah gym ball, atau dikenal pula sebagai birthing ball. Gym ball adalah bola besar yang terbuat dari bahan lentur yang mungkin sudah tidak asing bagi Happyfitters. Bola besar ini biasanya digunakan dalam berbagai latihan kebugaran. Namun, manfaatnya bagi ibu hamil jauh lebih besar dari sekadar latihan kebugaran biasa, lho. 

 

manfaat gym ball untuk ibu hamil

 

Manfaat Gerakan dengan Gym Ball

1. Memperbaiki Keseimbangan dan Postur Tubuh

Gym ball membantu ibu hamil meningkatkan keseimbangan tubuh mereka. Saat duduk atau melakukan latihan dengan gym ball, tubuh harus menyesuaikan untuk menjaga keseimbangan. Dengan demikian, latihan ini bisa memperkuat otot inti dan mengurangi tekanan pada punggung bawah. Postur tubuh yang baik juga sangat penting selama kehamilan, dan gym ball mampu membantu ibu hamil memperbaiki postur mereka saat duduk atau berdiri.


2. Mengurangi Rasa Tidak Nyaman dan Nyeri

Pada trimester ketiga kehamilan, rasa tidak nyaman dan nyeri seringkali meningkat karena perubahan berat badan dan tekanan pada tubuh ibu hamil. Menggunakan gym ball bisa membantu mengurangi tekanan pada area yang rentan seperti punggung, panggul, dan sendi. Gerakan lembut dengan gym ball juga bisa meredakan ketegangan otot dan meningkatkan sirkulasi darah.


3. Merangsang Persalinan


Salah satu manfaat dari penggunaan gym ball adalah kemampuannya merangsang persalinan. Latihan dengan gym ball bisa membantu memperkuat otot panggul dan memperbaiki postur tubuh yang bisa membantu memudahkan proses persalinan. Beberapa gerakan khusus dengan gym ball bisa membantu pembukaan otot panggul dan mempersiapkan tubuh untuk melahirkan secara alami.

3 Gerakan Gym Ball untuk Ibu Hamil Trimester 3


Selama trimester ketiga kehamilan, beberapa gerakan dengan gym ball bisa membantu mempersiapkan tubuh untuk persalinan dan juga menjaga kenyamanan ibu hamil. Berikut adalah beberapa gerakan yang direkomendasikan:


1. Pelvic Tilts


Duduk di atas gym ball dengan kaki selebar pinggul, lakukan gerakan ke depan dan ke belakang dengan pinggul Anda. Gerakan ini membantu memperkuat otot-otot panggul dan persiapan tubuh untuk persalinan.


2. Circular Hip Movements


Berdiri dengan kaki selebar pinggul dan bersandar pada gym ball, lakukan gerakan lingkaran dengan pinggul Anda. Ini membantu memperkuat otot-otot panggul serta meningkatkan fleksibilitas yang berguna selama proses persalinan.


3. Cat-Cow Stretch


Duduk di atas gym ball dengan tangan dan lutut menopang tubuh, lakukan gerakan seperti kucing yang membusungkan punggung ke atas dan sapi yang melenturkan punggung ke bawah. Gerakan ini membantu mengurangi ketegangan pada punggung dan meningkatkan fleksibilitas tulang belakang.


Gym Ball untuk Ibu Hamil Usia Berapa?


Ibu hamil bisa memulai penggunaan gym ball (salah satunya gym ball dari Happyfit) sejak awal kehamilan, asalkan mereka merasa nyaman dan tidak mengalami kontraindikasi medis yang melarang aktivitas fisik tertentu. Dengan memanfaatkan gym ball, ibu hamil bisa merasakan manfaat fisik dan emosional yang signifikan. Namun, menggunakan alat ini harus dengan benar dan mengikuti instruksi yang tepat untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan selama kehamilan. Pastikan sudah berkonsultasi dengan dokter atau bidan sebelum memulai program latihan baru atau menggunakan alat baru selama kehamilan.

Blog posts list