Olahraga Yang Bisa Meminimalisir Gagal Jantung

Feb 7, 2024

Setiap manusia yang sehat diberikan anggota tubuh yang lengkap. Begitu juga dengan organ tubuh anda. Individu yang sehat memiliki organ tubuh lengkap yang bekerja setiap hari selama 24 jam untuk menjaga kita tetap dapat beraktivitas seperti biasa.

 

 

Namun dewasa ini semakin banyak faktor yang memengaruhi kesehatan seseorang. Kesehatan individu dapat dipengaruhi oleh pola makan tidak sehat, gaya hidup yang kurang baik dengan merokok, minum minuman beralkohol berlebihan dan lain sebagainya.

Sedangkan pola hidupnya tidak dibarengi dengan olahraga yang dapat membantu menyeimbangkan kesehatan tubuh. Misalnya makanan tidak sehat seperti terlalu banyak gorengan yang anda konsumsi hari ini, dapat anda tebus dengan olahraga untuk membakar kalori sesuai dengan jumlah kalori yang masuk.

Namun masih cukup banyak yang tidak memperhatikan hal ini. Efek jangka panjangnya bagi kesehatan tentu beragam. Mulai dari diabetes karena konsumsi gula berlebihan, kolesterol hingga risiko gagal jantung.

Cukup menyeramkan bukan jika organ tubuh penting kita terserang penyakit kronis tersebut. Tetapi anda bisa melakukan antisipasi berupa berolahraga. Anda bisa memilih dari sekian banyak piliha olahraga yang anda.

Beberapa contoh olahraga yang dapat anda lakukan untuk menuju hidup yang lebih sehat adalah sebagai berikut.

1. Latihan Interval

Interval merupakan pilihan pertama yang baik untuk dilakukan demi mencegah penyakit gagal jantung, diabetes dan penyakit lainnya. Selain itu memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Anda dapat melakukan latihan intensitas tinggi dengan periode pemulihan aktif yang panjang.

Misalnya berjalan kaki dengan kecepatan normal selama beberapa menit yang dilanjutkan dengan berjalan lebih cepat selama 1 menit. Latihan ini saja mampu meningkatkan fungsi pembuluh darah, menguatkan jantung, membakar kalori dan efisiensi tubuh untuk membersihkan gula dalam darah.

Dilansir dari American Hear Association (AHA), dengan berjalan cepat dapat memberikan manfaat kesehatan yang sama seperti halnya dengan berlari. Anda bisa melakukan kegiatan seperti berbelanja dekat rumah dengan berjalan kaki atau mengelilingi lingkungan rumah selama beberapa menit.

2. Aerobik

Aerobik adalah pilihan selanjutnya di mana mengandalkan kemampuan otot besar dalam melakukannya. Aerobik memiliki manfaat untuk memperkuat jantung dan paru-paru, meningkatkan kemampuan tubuh dalam menggunakan oksigen.

Latihan ini jika dilakukan secara teratur dapat membantu menurunkan denyut jantung, tekanan darah dan meningkatkan pernapasan. Latihan ini seperti jogging, jalan santai, jump rope, aerobik air, bersepeda dan juga menari.

3. Yoga

Yoga menjadi salah satu pilihan latihan olah tubuh untuk meminimalisir risiko gagal jantung. Meski terlihat sederhana, namun gerakan yoga ini cukup powerfull. Yoga terdiri dari beberapa pose yang dilakukan selama latihan.

Jika anda melakukan olahraga yoga secara rutin, maka tidak hanya dapat memperbaiki pernapasan dan denyut jantung saja. Namun juga dapat memberikan efek rileks dan menenangkan. Ketenangan ini akan membantu anda menghilangkan stres yang dialami. Karena stres juga berpengaruh pada terjadinya risiko gagal jantung.

4. Berenang

Anda yang hobi berenang memiliki keuntungan, yakni terhindar dari risiko gagal jantung. Karena dengan berenang maka akan memperkuat jantung dan paru-paru. Jika anda tidak bisa berenang pun tidak perlu khawatir.

Anda bisa mencoba seolah berenang dan melakukan gerakan kesana kemari di dalam kolam sambil belajar berenang. Tentunya di kolam dangkal ya. Latihan ini baik untuk kebugaran, kardiovaskular.

5. Tai Chi

Olahraga yang satu ini berasal dari Tiongkok. Dasarnya adalah seni bela diri. Kita tentu tahu bahwa negara satu ini terkenal dengan keahlian bela dirinya. Latihan tai chi ini dapat melatih kebugaran jasmani dengan menggabungkan gerakan yang memiliki ritme lambat namun berirama.

Digabungkan dengan pernapasan dalam dan membutuhkan konsentrasi. Dikatakan bahwa melakukan tai chi dengan rutin dapat menghindari tubuh dari berbagai penyakit termasuk gagal jantung. Untuk itu lah perlunya melakukan olahraga secara rutin karena memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kita.

Blog posts list