Apa Itu Kardio? Yuk, Bahas Manfaat dan Contohnya!

Mar 25, 2024

Kalau mendengar kata "kardio", mungkin Happyfitters langsung memikirkan latihan yang seperti berlari. Namun, sebenernya, apa sih kardio itu? Nah, kardio adalah jenis olahraga yang meningkatkan detak jantung dan pernapasan. Intinya, latihan ini bagus untuk kesehatan jantung. Selain itu, olahraga kardio membantu mengecilkan perut, mengontrol berat badan, mengontrol kadar gula darah, mengatasi stres, meningkatkan imun, dan memperbaiki kualitas tidur. Olahraga ini bisa dilakukan di gym, di luar ruangan, atau pun di rumah.

 

apa itu kardio

 


Olahraga Kardio di Rumah atau di Luar Ruangan

Tidak memiliki akses ke gym atau alat khusus untuk latihan? Tidak masalah! Banyak gerakan kardio yang bisa dilakukan sendiri oleh Happyfitters, baik itu di rumah mau pun di luar ruangan. Olahraga kardio apa saja sih yang bisa dilakukan? Berikut adalah contohnya:


  • Lari atau Jogging

Berlari atau jogging adalah cara yang bagus untuk membakar kalori dan lemak. Selain itu, jogging juga dapat menguatkan tulang dan sendi, dan meningkatkan suasana hati.


  • Berjalan Cepat

Berjalan cepat adalah latihan kardio yang ringan dan mudah dilakukan di mana saja. Cobalah berjalan cepat saat ingin pergi ke mini market terdekat alih-alih mengendarai kendaraan bermotor.


  • Lari di Tempat

Lakukan gerakan lari di tempat dengan mengangkat lutut setinggi mungkin dan menggerakkan tangan seperti saat berlari. Ini adalah latihan kardio yang sederhana tetapi efektif untuk meningkatkan detak jantung kamu.


  • Burpees

Ini adalah latihan tubuh keseluruhan yang melibatkan gerakan melompat, push-up, dan angkat tubuh. Latihan ini gerakannya lebih kompleks, tetapi sangat efektif untuk meningkatkan detak jantung dan membakar lemak.


  • Jumping Jack

Latihan ini dapat dilakukan dengan cara berdiri tegak, kemudian melompat sambil merentangkan kaki ke arah luar, dan tangan dari sisi tubuh di gerakkan ke atas kepala. Latihan ini sepertinya sederhana, tetapi sebenarnya memiliki berbagai manfaat seperti meningkatkan koordinasi dan memperkuat otot-otot tubuh.


  • Lompat Tali

Salah satu olahraga kardio yang efektif dan dapat dilakukan di rumah adalah lompat tali. Gerakan ini tidak memerlukan banyak ruang dan bisa dilakukan di dalam ruangan. Lompat tali membantu meningkatkan detak jantung, meningkatkan koordinasi, dan melibatkan banyak otot dalam tubuh, termasuk otot kaki, lengan, dan inti tubuh. Di tambah lagi, latihan ini juga menyenangkan.


Selain yang disebutkan di atas, masih banyak lagi pilihan olahraga kardio yang bisa Happyfitters lakukan, seperti squat jump, naik turun tangga, dsb. Happyfitters juga bisa memanfaatkan alat sederhana seperti jump rope atau tali untuk lompat tali dari Happyfit agar latihan lebih maksimal. Dengan menjadikan latihan kardio sebagai bagian dari rutinitas, Happyfitters bisa mendapatkan tubuh yang sehat dan kuat. Jadi, siap untuk mencoba kardio di rumah?

Blog posts list