Apa Itu Pitcher? Kenali Tugas dan Perannya pada Baseball!

Mar 25, 2024

Dalam permainan baseball atau softball, tentu terdapat beberapa pemain dengan peran yang berbeda-beda, bukan? Contohnya adalah seorang pitcher. Namun, beberapa orang mungkin belum memahami apa itu pitcher, dan apa fungsi peran tersebut dalam olahraga baseball atau softball.

Ketahui selengkapnya melalui penjelasan berikut ini, ya.

 

 

Apa Itu Pitcher?

Jika kamu ingin mencoba olahraga ini, wajib hukumnya untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan pitcher dalam permainan softball. Pasalnya, pitcher merupakan posisi yang penting, sebab dia bertugas untuk melempar bola ke arah pemukul. Itulah sebabnya, pitcher juga sering orang-orang sebut sebagai pelempar bola. 

Permainan softball atau baseball hanya dapat berlangsung apabila seorang pelempar bola telah melemparkan bola ke arah pemukul atau batter. Seorang yang berperan sebagai batter wajib memukul bola yang pitcher lempar, dan pemukul memiliki kesempatan memukul bola sebanyak empat ball.

Apa saja Tugas Seorang Pitcher?

Selain mengetahui apa itu pitcher, tentu sekarang Happyfitters bertanya-tanya, apakah seorang pelempar bola hanya bertugas untuk melempar bola? Jawabannya adalah tidak. Meskipun melempar bola merupakan spesialisasinya, tetapi ia juga wajib melakukan empat tugas lainnya.

  • Membantu pemain lain di area belakang home plate.
  • Mengawasi base pertama ketika penjaga base pertama bertugas mengambil bola.
  • Menjaga base kedua serta ketiga.
  • Membantu mengawasi belakang lemparan ke arah home plate.

Dari sejumlah tugas yang harus ia lakukan tersebut, tentu ia wajib memiliki stamina yang prima, bahkan harus lebih baik dari pemain lainnya. Sebab, pelempar bola harus bisa mempertahankan permainannya sejak inning pertama hingga inning terakhir, sehingga wajib baginya untuk fokus dan teliti saat permainan.

Dimana sih Posisi Pelempar Bola?

Selain definisi dari apa itu pitcher beserta tugasnya, Happyfitters juga harus mengerti posisinya saat permainan berlangsung. Pelempar bola wajib berada pada posisi yang telah ditentukan. Permainan softball mengharuskan pelempar menginjakkan kakinya di atas pitcher plate yang berukuran 60x15 cm.

Sementara itu, target pitcher adalah menghasilkan lemparan bola hingga menyentuh strike zone. Strike zone merupakan area yang terletak di antara lutut batter hingga area tengah punggungnya. Oleh sebab itu, lemparannya hanya dapat kamu katakan sah apabila pitcher melempar tepat menuju zona tersebut.

Latihan Menjadi Seorang Pelempar Bola

Nah, untuk dapat menjalankan tugas sebagai seorang pelempar bola, kamu wajib melakukan enam langkah berikut ini.

  • Pertama, berdirilah tegak dan fokuskan pandangan ke arah batter.
  • Lalu, letakkan bola di tangan kanan dan glove di tangan kiri.
  • Pegang bola di depan tubuhmu, kemudian injak pitcher plate ketika siap melempar bola.
  • Posisikan tangan untuk memegang bola sedemikian rupa hingga mampu kamu putar 360 derajat ke belakang.
  • Lepaskan bola saat posisi telah sejajar dengan pinggul.
  • Terakhir, langkahkan kedua kakimu ke depan, dan jadikan berat badan bertumpu pada kaki bagian depan agar tenaga dapat terkerahkan dengan baik saat melempar bola.

Baca Juga: Teknik Dasar Tenis Lapangan: Panduan Lengkap untuk Pemula

Sudah Paham Tugas dan Peran Pitcher?

Dari penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan pitcher beserta tugas dan posisinya, apakah sekarang kamu paham langkah awal menjadi seorang pelempar bola?

Memang, sebagai seorang pelempar bola, kamu harus menyiapkan diri karena perannya sangat penting dan membutuhkan banyak tenaga saat permainan berlangsung. Namun, apabila kamu memiliki tekad kuat dan mampu melakukan langkah seperti yang telah tertulis sebelumnya, tentu kamu bisa melakukannya.

Untuk itu, Happyfitters pasti akan membutuhkan topi musim panas agar bisa terhindar dari panasnya sinar matahari saat sedang bermain softball. Kamu juga tak perlu khawatir saat mencarinya, sebab Happyfit sudah menyediakannya khusus untukmu. 

Dengan fitur waterproof dan mampu menyerap keringat dengan baik, tentu Happyfitters akan mampu bermain softball dengan nyaman. Apalagi, desainnya telah sesuai untuk berbagai ukuran kepala berbeda, lho! Jadi, pastikan menggunakan Basic Summer Hat dari Happyfit untuk performa terbaik, ya!

Blog posts list