Ketahui Bagaimana Lemparan Pitcher yang Benar dalam Softball

Mar 25, 2024

Dalam permainan softball, ada tiga teknik yang harus dikuasai oleh setiap pemain, yaitu teknik melempar, teknik menangkap, dan teknik memukul. Untuk teknik melempar, umumnya itu dilakukan oleh seorang pitcher. Namun, bagaimana lemparan pitcher yang benar? Baca terus ya Happyfitters untuk mengetahuinya.

 

Ketahui Bagaimana Lemparan Pitcher yang Benar dalam Softball

 

Buat Happyfitters yang belum mengetahui apa itu pitcher, simak dulu definisinya. Singkatnya, pitcher atau pelempar adalah salah satu posisi penting dalam softball yang tugas utamanya adalah melambungkan atau melemparkan bola. Karena tugasnya yang penting, seorang pitcher harus menguasai beberapa teknik lemparan.

Namun, Happyfitters sekalian tak perlu khawatir karena artikel ini akan membahas mengenai bagaimana lemparan pitcher yang benar. Jadi, tanpa membuang waktu lagi, mari kita mulai pembahasannya.

Kenalan Sedikit Dengan Softball

Sebelum kita membahas bagaimana lemparan pitcher yang benar, ada baiknya kita sedikit mengenal tentang softball. Secara garis besar, softball merupakan permainan memukul bola yang dilakukan oleh dua tim yang masing-masing tim berjumlah 9 pemain.

Sama seperti permainan memukul bola lainnya, seperti baseball maupun kasti, softball juga membutuhkan beberapa teknik yang harus Happyfitters kuasai. Teknik-teknik ini meliputi melempar, menangkap, dan memukul. Masing-masing teknik ini pun memiliki beberapa cara yang bisa pemain lakukan saat bertanding.

Namun, kali ini, kita hanya akan membahas mengenai teknik melempar. Teknik melempar merupakan teknik yang harus dikuasai oleh seorang pitcher. Pitcher sendiri memiliki tugas untuk memberikan lemparan bola ke arah penangkap tanpa membiarkan pemain pemukul lawan memukul bola yang ia lempar.

Teknik Melempar Bola Untuk Pitcher

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, ada beberapa cara saat pitcher melempar bola ketika bermain softball. Umumnya, lemparan pitcher menggunakan lemparan atas, samping, dan bawah. Untuk lebih detailnya, simak poin-poinnya di bawah ini ya!

1. Lemparan Atas atau Overhand Throw

Sesuai dengan namanya, lemparan atas merupakan teknik melempar yang memposisikan bola di atas kepala pitcher. Teknik ini umumnya dimulai dengan mendorong bola sampai ada di belakang kepala.

Setelah sampai di belakang kepala, seorang pitcher akan langsung melempar bolanya ke arah depan menuju pemain pemukul. Perlu Happyfitters ketahui, teknik lemparan atas merupakan teknik yang paling sering digunakan karena caranya mudah dengan resiko gagal yang kecil.

2. Lemparan Samping atau Sidehand Throw

Ini merupakan teknik di mana pitcher melempar bola dengan meletakkan bolanya di genggaman tangan kemudian mengayunkannya ke sisi samping tubuh. Setelah itu, bola akan ditarik ke belakang sebelum dilemparkan ke pemukul. Umumnya, seorang pitcher akan mengangkat kaki depan ketika akan melempar bola.

3. Lemparan Bawah atau Underhand Throw

Teknik melempar bola yang bisa seorang pitcher praktikkan adalah lemparan bawah atau underhand throw. Saat melakukan lemparan ini, pitcher akan memegang dan mengayunkan bola dari bagian bawah dengan posisi kedua kaki menekuk. Setelah itu, pitcher harus melempar bola kedepan dengan mengayunkannya.

Bagaimana Lemparan Pitcher yang Benar dalam Softball?

Berikut adalah langkah-langkah melempar bola yang bisa Happyfitters praktikkan ketika menjadi seorang pitcher. Simak dengan teliti ya!

  • Berdiri tegak dengan pandangan fokus ke depan atau ke pemukul. Letakkan bola di tangan kanan dan glove atau sarung tangan di tangan kiri.
  • Pegang bola softball tepat di depan badan. Lalu, injaklah pitcher plate jika sudah siap untuk melempar bola .
  • Posisikan tangan yang memegang bola dan putar ke kebelakang hingga 360 derajat.
  • Lempar bola sekencang mungkin ketika tangan sudah sejajar dengan pinggul.
  • Agar menambah tenaga saat melempar bola, coba posisikan kedua kaki kedepan dan tumpukan berat badan ke depan.

Sudah Paham Tentang Cara Pitcher Melempar Bola?

Itulah cara mengenai bagaimana lemparan pitcher yang benar. Perlu Happyfitters ingat, lemparan yang baik adalah lemparan yang berasal dari kekuatan tangan dan tumpuan kaki yang besar. Oleh karena itu, saat berlatih melempar bola, Happyfitters membutuhkan activewear yang nyaman dan juga berkualitas.

Jika Happyfitters sedang mencari activewear untuk menemani latihan melempar bola maupun mengenakannya di sesi latihan lainnya, maka jangan ragu membeli HAPPYFIT Legging Running Short Pants. Ini merupakan activewear untuk wanita yang memiliki desain 2-in-1 sebagai legging juga celana pendek.

Terbuat dari campuran material polyester, nylon, dan spandex, legging ini akan sangat nyaman untuk Happyfitters kenakan sehari-hari. Berapa harganya? Saat ini, legging ini memiliki harga Rp279.000,00. Jika tertarik, Happyfitters bisa masukan legging ini ke keranjang agar tidak kehabisan.

Blog posts list