5 Latihan Untuk Mengecilkan Perut Yang Buncit Dengan Cepat

Feb 7, 2024

Perut buncit tidak hanya akan enak dilihat, namun juga bisa menyebabkan masalah Kesehatan yang serius jika tidak segera ditangani. Seperti susah bernapas hingga diabetes bisa menjadi salah satu akibatnya. Untuk bisa mengecilkan perut buncit, anda tak hanya perlu melakukan diet saja. DIbutuhkan pula olahraga yang tepat yang membantu membakar tumpukan lemak yang berlebih di bagian perut. Sehingga otot perut kencang dan membuatnya tidak bergelambir.

 

 

Jika anda memiliki permasalahan dengan perut yang buncit, mungkin anda bisa bisa melakukan Latihan untuk mengecilkan perut seperti dibawah ini.

Side Plank

Berbeda dari plank umumnya, Latihan untuk mengecilkan perut ini mengharuskan anda untuk menopang berat tubuh dengan menggunakan kaki dan siku. Geraka ini membuat otot ini tubuh bekerja lebih keras dan menjadi lebih stabil. Tidak hanya membantu untuk mengecilkan perut saja, gerakan ini membantu menguatkan otot perut dan punggung sehingga menguatkan tulang belakang ketika mengangkat pinggul.

Untuk langkah-langkahnya bisa anda ikuti dibawah ini:

  • Dimulai dari salah satu sisi tubuh, posisikan siku anda berata tepat dibawah bahu dan kemudian luruskan lengan tegak dengan tubuh
  • Luruskan kaki dan tumpuk keduanya. Atau anda juga bisa menempatkan satu kaki berada lebih depan dibandingkan kaki lainnya
  • Kontraksikan otot perut, angkat pinggul yang menempel pada matras hingga benar-benar terangkat lurus sejajar dengan bahu dan kaki
  • Tahan posisi ini selama 45 detik dan kemudian turunkan tubuh. Setelah itu ulangi Latihan ini beberapa kali dan anda juga bisa melakukan pada sisi sebaliknya

Sit Up

Gerakan yang satu ini sudah dikenal sebagai salah satu Latihan untuk mengecilkan perut yang efektif dilakukan. Gerakan olahraga ini tak hanya membantu mengecilkan perut namun juga mengencangkan otot tubuh lainnya seperti rektus abdominus dan abdominus transversal. Gerakan sit up sangat mudah untuk dilakukan. Bisa dimulai dengan berbaring terlentang di lantai atau matras. Posisikan tangan dilipat di bagian dada dan tekuk lutut.  Angkat badan mendekati lutut dan kemudian posisikan kembali ke semula. Anda bisa melakukan gerakan sit up selama 30 kali pada satu sesi dan ulangi gerakan ini setidaknya sekali sehari.

Swing Kettle Pose

Teknik olahraga lainnya yang dapat membantu mengecilkan perut adalah swing kettle pose. Gerakan mengayun kettlebell cukup membantu meratakan perut karena dapat membakar kalori yang cukup banyak. Gerakan ini juga dapat membantuk abs pada bagian perut dan bisa dilakukan baik pria maupun wanita. Langkah-langkah yang perlu anda lakukan adalah:

  • Posisikan badan tegak, bukalah kedua kaki agak lebar sedikit melebihi bahu
  • Tekut pinggul sedikit, angkat dan pegang kettlebell menggunakan kedua tangan dan posisikan tangan berada di depan anda.
  •  Ayunkan tangan dari atas ke bawah dan masukkan diantara kedua kaki
  • Ulangi gerakan ini beberapa kali

Crunches

Cara terbaik lainnya untuk meratakan perut yang buncit adalah dengan melakukan gerakan crunches. Latihan untuk mengecilkan perut ini akan membantu membakar lemak berlebihan di area perut. Cara untuk melakukannya pun juga cukup mudah. Anda bisa melakukannya dengan berbaring di lantai atau matras terlebih dahulu. Setelah itu tekut lutut dan posisikan kaki menapak di alas. Posisi kaki harus terpisah sedikit lebih lebar dari pinggul. Kemudian angkat tangan dan tempatkan di belakang kepala namun jangan mengaitkan jari tangan anda.

Tarik napas dalam-dalam dan perlahan angkatlah tubuh bagian atas dan kemudian buang napas setelah anda menurunkan badan kembali. Untuk anda yang masih pemula, bisa mencoba gerakan ini 10 kali dalam satu set dan setidaknya lakukan 2-3 set dalam seharinya.

Corkscrew

Corkscrew menjadi gerakan lainnya yang direkomendasikan jika anda ingin mengecilkan perut buncit maupun mengencangkan otot perut setelah melahirkan. Gerakan ini dapat dilakukan sambal berbaring, bahkan diatas tempat tidur sekalipun.

  • Baringkan tubuh dengan memposisikan kaki terangkat. Setelah itu tekut lutut sedikit dan posisikan tangan berada di samping tubuh
  • Anda bisa menggunakan otot perut bagian bawah untuk mengangkat pinggul. Kemudian putar ke sisi kanan. Tahan selama 3 detik dan kembalikan ke posisi awal.
  • Ulangi gerakan mengecilkan perut ini 10 kali untuk satu sesi

Anda bisa melakukan Latihan untuk mengecilkan perut diatas secara rutin setiap harinya untuk membakar lemak yang berlebihan di bagian perut dengan cepat. Jangan lupa gunakan pakaian olahraga terbaik sehingga aktivitas berolahraga anda bisa lebih nyaman. Anda bisa menggunakan produk-produk pilihan dari Happyfit.co.id dan dapatkan harga terbaik sekarang juga

Blog posts list