Definisi Vinyasa Yoga serta Manfaat Gerakannya

Feb 7, 2024

Kelas yoga memiliki berbagai jenis atau variasi salah satunya adalah vinyasa yoga. Vinyasa yoga termasuk salah satu paling populer karena berfokus pada latihan pernapasan yang diikuti dengan gerakan badan dengan membentuk pose tertentu. Bisa gerakan isi juga dikombinasikan untuk membantu melangsingkan badan. Gerakan ini berfokus pada napas, kontraksi otot dan gerakan spesifik.

 

 

Prinsip dan Filosi Vinyasa Yoga

1. Gerakan Spesifik

Gerakan vinyasa mengacu pada serangkaian gerak yang sangat spesifik. Hal ini sangat bergantung pada kebijakan instruktur yoga sendiri maka dari itu pemilihan instruktur sangat disarankan ketika mengikuti kelas yoga.

2. Napas

Teknik bernafas disini harus menyelaraskan dengan gerakan tubuh. Anda harus bernafas dengan diafragma yang rileks sambil latihan. Nafas dan gerakan yang selaras akan terdengar seperti suara laut yang beresonasi di tenggorokan Anda.

3. Kontraksi Otot

Gerakan pengunci otot ini biasanya terbagi dari beberapa bagian seperti, mengencangkan otot-otot di daerah perineum dan panggul, menarik pusar ke arah tulang belakang dan kemudian bergerak sedikit. Sedangkan yang bagian trakhir menurunkan dagu dengan lembut dengan mengalihkan pandangan ke ujung hidung.

Pada dasarnya, semua gerakan utama pada vinyasa yoga harus menggunakan instruktur yang berpengalaman dalam bidang ini. Tujuannya supaya Anda bisa merasakan manfaat yang jelas dari vinyasa yoga sendiri.

Apa saja manfaat vinyasa yoga?

1. Menanamkan Rasa Tenang

Salah satu manfaat yoga adalah membuat diri menjadi tenang. Anda akan bisa mengatur rasa tenang dalam diri dengan mengatur pernapasan yang selama ini anda pelajari pada vinyasa yoga.

2. Mendetoksifikasi seluruh tubuh

Gerakan vinyasa yoga yang dikombinasikan dengan berbagai gerakan akan menghasilkan panas dari dalam yang berfungsi seperti latihan kardio. Ini akan mengeluarkan banyak keringat dan mampu menurunkan berat badan.

3. Membantu meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan otot

Gerakan pada vinyasa yoga membuat tubuh anda menjadi lebih lentur dan fleksibel. Selain itu dengan dikombinasikannya kontraksi otot maka akan meningkatkan kekuatan ototmu.

4. Meningkatkan fokus

Pada dasarnya sama dengan menanamkan rasa tenang dengan pengendalian napas. Pengendalian napas yang baik akan membantu meningkatkan fokusmu dalam berbagai keadaan.

Semoga tulisan kami mengenai vinyasa yoga dan manfaatnya bisa meningkatkan minatmu dalam melakukan latihan yoga. Buat kamu yang ingin menambah perlengkapan yoga yang kamu miliki, bisa melihat berbagai pilihan produk terbaru dari happyfit.

Blog posts list