Yoga dan Meditasi yang Baik untuk Kesehatan

Feb 7, 2024

Yoga dan meditasi merupakan dua hal yang sulit dipisahkan. Dua hal ini memiliki korelasi dan manfaat bagi banyak orang. Namun kita perlu memahami dulu apa itu meditasi. Kemudian kita akan melihat manfaat dari yoga dan meditasi.

 

 

Meditasi, terkadang disebut juga semadi, adalah praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam hidup kita sehari-hari. Kegiatan meditasi merupakan kegiatan yang melepaskan diri dari penderitaan pemikiran baik dan buruk yang subyektif secara proporsional. Kemudian memasukan niat dan sikap positif sehingga mengembangkan pikiran yang positif.

Berikut ini manfaat meditasi yang perlu kamu ketahui:

  • Pikiran akan terasa lebih damai dan kita akan merasakan kebahagian lebih murni lagi.
  • Melatih pikiran dan sikap positif untuk melanjutkan kegiatan setiap hari.
  • Bisa melatih pikiran untuk menghapus delusi yang menjadi penyebab masalah yang kita rasakan.
  • Jika tahap lebih tinggi maka kita akan merasakan kedamaian nirwana lebih tinggi.

Menurut Ivana Buric “Pada dasarnya meditasi sambil duduk beda dengan yoga atau Tai Chi. Namun jika melakukan gerakan tersebut secara teratur maka akan mengurangi aktivitas gen dalam peradangan”.

Jadi disini ada manfaat yoga dengan digabungkan bersama meditasi. Adapun manfaat yoga sebagai berikut:

1. Menunda Penuaan Dini

Berlatih yoga bukan hanya sekedar latihan fisik tetapi juga latihan ketenangan diri. Fisik yang terasah dengan baik digabungkan dengan mental yang baik maka akan memancarkan aura yang sangat baik. Hal ini akan membuat keriput diwajah bisa berkurang karena pancaran aura dalam diri Anda.

2. Melatih Pernapasan yang Baik

Ketika berlatih yoga maka hal yang paling banyak dilatih untuk pertama kali adalah pernafasan yang teratur. Teknik bernapas yang baik akan membuat Anda bisa mengontrol berbagai hal bahkan rasa sakit. Jika anda punya riwayat asma maka gerakan yoga ini juga akan memberikan berbagai manfaat positif.

3. Mengurangi stres

Pada saat melakukan yoga maka kamu akan melakukan meditasi sederhana. Disini tujuannya adalah melatih pikiranmu untuk menjadi diri lebih baik lagi. Berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa yoga bisa mengurani rasa gelisah, stress dan mood yang tidak baik.

Sekian dulu pembahasan seputar yoga dan meditasi kali ini. Untuk kamu yang tertarik dengan yoga dan belum memiliki perlengkapan yoga maka kamu bisa temukan berbagai pilihan di happyfit.co.id

Blog posts list