Mengenal Aksesoris Yoga Untuk Pemula

Feb 7, 2024

Saat pertama kali melakukan yoga maka akan sedikit susah mencari apa saja sih kebutuhan peralatan yoga yang harus dimiliki. Kemajuan industri yoga membuat semakin banyak jenis peralatan yoga yang harus dimiliki. Tidak jarang Anda harus mengeluarkan uang jutaan rupiah sebelum kamu berniat datang ke tempat yoga.

 

 

Sebenarnya, tidak banyak peralatan atau aksesoris yoga yang kamu butuhkan. Bahkan jika Anda cermat dalam memilih, cukup mengeluarkan uang beberapa ratus ribu sudah memiliki berbagai aksesoris yoga yang lengkap untuk pemula.

Berikut aksesoris yoga yang perlu kamu miliki

1. Matras Yoga

Hal yang pertama kali dibutuhkan ketika kamu memasuki dunia yoga adalah matras yoga. Matras yoga ini sangat berguna untuk berbagai gerakan yoga karena nantinya kamu akan banyak berdiri, duduk ataupun berbaring dimatras ini.

Perlu diketahui bahwa matras yoga ada beberapa jenis. Setidaknya ada 3 jenis matras yoga yang perlu kamu ketahui yaitu PVC, NBR dan TPE. Jenis yang paling murah adalah PVC namun biasanya jenis ini tidak bertahan lama dan sedikit licin. Sedangkan yang mahal dan paling tahan lama adalah jenis TPE. Jenis ini memiliki ketahanan yang baik dan kualitas yang aman. Kamu bisa baca tips memilih matras yoga untuk pemula klik di sini!

2. Handuk Yoga

Handuk yoga menjadi salah satu jenis aksesoris yoga yang sebaiknya kamu miliki. Handuk yoga biasanya terbuat dari bahan quick dry atau cepat kering. Selain itu juga terbuat dari bahan microfiber dan memiliki bahan yang lembut, menyerap debu, keringat serta non-bacterial.

Dikarenakan memiliki bahan yang quick dry, maka mencucinya juga tidak terlalu susah. Cukup dicuci dengan air dan sebaiknya menghindari penggunaan pelembut supaya handuk yoga anda tidak jadi licin.

3.Yoga Block

Block ini berguna untuk memaksimalkan kegiatan yogamu saat berada di rumah. Berbagai pose yoga bisa dimaksimalkan dengan penggunaan block ini seperti, locust post, cow face pose, bridge pose, thread the needle pose dan berbagai pose yoga lainnya.

Salah satu tujuan lain dari block ini adalah untuk menghindari ketegangan dibagian tubuh yang masih kaku. Jadi alat ini cukup membantu bagi kamu yang baru mulai melakukan yoga.

4. Yoga Wheel

Yoga wheel berguna untuk melatih fleksibilitas beberapa bagian tubuhmu khususnya bagian punggung. Dengan menggunakan yoga wheel maka akan meminimalisir resiko terjadinya cidera saat melakukan yoga.

5. Yoga Strap

Yoga strap atau biasa disebut dengan tali yoga berfungsi untuk membantu meningkatkan kelenturan tubuh. Alat ini biasanya sangat bermanfaat bagi Anda yang melakukan pemanasan dan ingin terhindar dari cedera. Oh iya, beberapa orang juga menggunakan alat ini untuk pemulihan cedera bagian lengan dan kaki yang mungkin terjadi.

6. Gym Ball

Bola gym ini menjadi salah satu peralatan pendukung yoga yang perlu kamu miliki. Alat ini akan membantu melatih dan mengencangkan otot dada, bahu dan lengan. Beberapa gerakan yang bisa kamu kombinasikan dengan bola ini akan membakar lemak pada tubuhmu menjadi lebih maksimal.

7. Tas Yoga

Tas yoga merupakan salah satu pelengkap dari berbagai kebutuhan yoga di atas. Tas ini berfungsi untuk menyimpan berbagai peralatan yoga yang kamu miliki terutama untuk matras dan handuk. Tas yoga ini bakalan menghemat banyak ruangan penyimpanan yang kamu gunakan.

Dari sekian banyak perlengkapan yoga yang perlu dimiliki, semua sudah tersedia loh di happyfit. Kamu bisa membeli semua barang kebutuhan diatas di Happyfit.

Blog posts list