Manfaat Yoga Mulai dari Ujung Kepala sampai Kaki

Feb 7, 2024

Sekilas, yoga tampak membosankan karena tidak menuntut gerakan fisik yang banyak dan dinamis seperti olahraga lain. Meski begitu, yoga memiliki banyak manfaat untuk pelakunya. Manfaat Yoga tak hanya fisik, kesehatan mental juga bisa kamu rasakan berkat yoga. Kalau mau tahu lebih tepatnya, baca uraian di bawah ini.

Ā 

Ā 

1.Menjaga kesehatan dan kebugaran

Meski terlihat monoton, namun gerakan-gerakan dalam yoga merangsang setiap bagian tubuh untuk merespon secara aktif sehingga tubuh pun lebih bugar dan sehat dibanding sebelumnya.

2. Meningkatkan imunitas dan menambah stamina

Tubuh yang lebih sehat dan bugar meningkatkan imunitas dan pada akhirnya menambah stamina atau daya tahan tubuh. Hal ini menyebabkan kamu mudah terhindar dari penyakit.

3. Membakar lemak dan menurunkan berat badan

Manfaat Yoga selanjutnya Seperti halnya olahraga lain, yoga juga membantu proses pembakaran lemak sehingga berat badan lebih terjaga.

4. Mengencangkan otot

Gerakan dalam yoga pada umumnya fokus pada bagian-bagian tubuh tertentu, seperti misalnya otot perut, pungung, dan dada. Melakukan yoga secara rutin membantu mengencangkan otot-otot pada tubuh sehingga dapat memperindah bentuk tubuh.

5. Meningkatkan fleksibilitas

Selain otot yang kencang, yoga juga bermanfaat untuk fleksibilitas alias kelenturan tubuh. Itulah mengapa yoga sangat dianjurkan untuk orang-orang yang mengalami gejala atau gangguan pada otot persendian.

6. Detoksifikasi dan awet muda

Proses detoksifikasi alami terjadi seiring dengan keringat yang kamu produksi saat melakukan yoga. Tak hanya mengeluarkan racun-racun, yoga juga melancarkan sirkulasi cairan dalam tubuh dan mengaktifkan kembali fungsi organ tubuh yang menurun. Hal ini membuat usia sel-sel tubuh muda kembali sehingga yoga merupakan resep alami untuk awet muda.

7. Menghaluskan kulit dan membuat rambut berkilau

Kulitmu menjadi lebih sehat dan halus, serta rambut pun bersinar alami berkat proses detoksifikasi dan lancarnya peredaran darah dalam tubuh.

8. Meningkatkan konsentrasiĀ 

Kalau kamu termasuk yang sulit berkonsentrasi saat bekerja atau belajar, Manfaat Yoga bisa jadi solusi karena dengan mencermati dan berusaha melakukan gerakan-gerakannya sebaik mungkin, kamu jadi terlatih untuk fokus dan otomatis daya ingat juga jadi lebih tajam.

9. Media relaksasi dan mengurangi stres

Gerakan yang tenang sekaligus latihan pernapasan membentuk keseimbangan baik pada fisik sampai mental. Belum lagi meditasi yang merupakan bagian dari yoga, semakin mengoptimalkan fungsi relaksasi dari latihan ini. Beban pikiran yang mengganggu dan emosi negatif keluar dengan sendirinya. Kamu pun jadi lebih tenang setelah melakukan yoga. Selain itu, kamu juga lebih dapat mengontrol emosi dalam diri.

Blog posts list