Mulai Jarang Dimainkan, Berikut Manfaat Bowling Bagi Kesehatan

Feb 7, 2024

Bowling bukan hanya sekedar permainan, bowling juga menjadi salah satu olahraga yang memilki banyak manfaat baik bagi Kesehatan tubuh. Apalagi jika dilakukan secara rutin, anda bisa merasakan sendiri manfaatnya pada tubuh anda. Penasaran apa saja manfaat bowling bagi Kesehatan tubuh? Berikut ini penjelasannya.

 

 

Membakar Kalori

Sama halnya seperti olahraga lainnya, bowling juga mampu membakar kalori di dalam tubuh. Meskipun terlihat seperti olahraga santai, akan tetapi manfaat bowling untuk mengurangi kalori di dalam tubuh tidka perlu diragukan lagi. Perlu anda ketahui, ketika bermain bowling maka anda akan berjalan kurang lebih sekitar 18 meter saat giliran tiba. Ini artinya dalam waktu 1 jam, anda sudah berjalan mencapai 800 meter. Dan total kalori yang terbakar sama seperti melakukan lompat tali dalam waktu 25 menit.

Menurunkan Berat Badan

Jika anda ingin menurunkan berat badan namun dengan cara yang lebih santai, maka anda bisa mencoba olahraga bowling. Bermain bowling secara rutin membantu menurunkan berat badan karena dapat melancarkan metabolisme di dalam tubuh. Meskipun arena bermain bowling terbatas, namun pemain bowling tetap butuh melakukan banyak pergerakan sehingga ini membantu membakar lemak berlebihan di tubuh.

Selain itu, anda tak hanya harus menggerakan kaki saja namun juga anggota tubuh lainnya ketika bermain bowling. Menurut Mayo Clinic, saat orang dewasa dengan berat 90 kg bermain bowling selama satu jam bisa membakar hingga 275 kal.

Melatih Koordinasi dan Kosentrasi

Manfaat bowling bagi Kesehatan lainnya bisa untuk melatih koordinasi dan kosentrasi. Hal ini karena pada saat bermain bowling, anda membutuhkan koordinasi yang baik antara tangan dan mata sehingga lemparan bola bisa mengenai target sasaran dengan tepat. Selain itu, dibutuhkan juga kosentrasi tubuh saat melempar bola. Karena itulah olahraga bowling bisa membantu untuk focus dan melatih kemampuan motorik menjadi lebih baik.

Melancarkan Peredaran Darah

Peredaran darah di dalam tubuh bisa terganggu diakibatkan tersumbatnya aliran darah. Jika dibiarkan terus menerus, ini bisa menyebabkan oragna-organ di dalam tubuh kekurangan asupan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan. Namun dengan melakukan banyak gerakan sata bowling, anda bisa membantu peredaran darah dalam tubuh menjadi lancar. Sehingga tubuh akan menjadi lebih sehat.

Menurunkan Resiko Terkena Penyakit

Bermain bowling juga memiliki manfaat menurunkan resiko berbagai penyakit, salah satunya penyakit jantung. Perlu anda ketahui jika faktor resiko utama yang dapat mengakibatkan seseorang bisa terkena penyakit jantung adalah gaya hidup yang kurang aktif. Pada saat berolahraga, terutama ketika bermain bowling tentu anda akan dituntut untuk banyak bergerak. Hal ini akan membantu menurunkan resiko terkena serangan jantung dan jantung. Apalagi manfaat bowling bagi Kesehatan sebelumnya yaitu melancarkan peredaran darah juga sangat membantu resiko penyakit berbahaya semacam ini. Sebagai rekomendasi, anda bisa mencoba memulai Latihan bowling 2 kali seminggu

Menjaga dan Menguatkan Otot

Bermain bowling bisa membantu menjaga dan menguatkan otot-otot tubuh. Saat bermain bowling, anda akan melatih otot bagian atas dan bawah tubuh. Hal ini karena anda harus berjalan sembari membawa bola bowling yang cukup berat selama beberapa kali saat permainan. Dan setelah itu, anda harus mengayunkan lengan untuk melempar bola bowling. Pada saat proses tersebut, akan terjadi peregangan sendi, otot, dan ligamen di tangan anda.

Mencegah Diabetes

Diabetes menjadi salah satu penyakit berbahay dan mematikan, bahkan setiap tahunnya korban jiwa yang disebabkan diabetes terus meningkat. Apalagi belum ada obat tetap untuk mengatasi diabetes. Namun anda bisa mencegah diabetes dengan bermain bowling. Bagaimana bisa? Dengan rajin bermain bowling, hal ini dapat menurunkan resiko penyakit diabetes. Pada saat bowling, anda melakukan berbagai gerakan mulai dari mengambil bola, memutar dan menggelindingkan bola. Karena cukup banyak bergerak tentu anda terhindarkan dari obesitas yang menjadi faktor resiko seseorang bisa terkena diabetes.

Menghilangkan Stress

Saat merasa stress dan penat, tak perlu mencoba hal-hal lainnya. Anda bisa mencoba bermain bowling. Bukan hanya memiliki manfaat bagi Kesehatan fisik tubuh namun juga bisa membantu menjaga Kesehatan mental dan pikiran. Saat bermain bowling, maka produksi hormon kebahagiaan yang ada di otak bisa meningkat. Inilah yang membuat bowling dapat membantu mengatasi stress hingga menurunkan resiko Kesehatan mental. Agar nyaman saat bermain bowling dan mendapatkan manfaat bowling bagi Kesehatan, anda bisa menggunakan pakaian olahraga dari happyfit.co.id. Disini menjual berbagai macam activewear yang bisa anda gunakan saat berolahraga. Dan tentu saja dengan kualitas terbaik yang membuat olahraga anda akan nyaman dan aman. Tunggu apalagi segera akses website happyfit.co.id dan dapatkan kebutuhan olahraga anda disini.

Blog posts list