Yoga Baik untuk Otak

Feb 7, 2024

Yoga Baik Untuk Otak | Bagi sebagian orang, ada yang merasa cukup dengan manfaat fisik dari olahraga seperti lari, berenang, atau yang lainnya. Namun, ada juga yang ingin memperoleh keseimbangan antara fisik dan psikis secara bersamaan. Untuk orang-orang yang ada di golongan terakhir, yoga, meditasi, dan sejenisnya menjadi pilihan yang pas.

 

 

Selain terkenal melatih kekuatan dan kelenturan otot, yoga juga menitikberatkan latihan pada pernapasan, sehingga pada akhirnya menimbulkan harmonisasi antara tubuh dan pikiran. Inilah yang membuat yoga seringkali dicap sebagai latihan untuk mencapai level relaksasi tertentu sampai meredakan stres.

Penelitian baru malah menambahkan fungsi yoga, lho. Yaitu, sebagai latihan otak juga. Hal ini dijelaskan dalam jurnal mengenai penyakit alzheimer yang diterbitkan pada bulan April 2016 lalu (Sumber: nytimes.com). Sejumlah peneliti dari Universitas California, Los Angeles dan beberapa lembaga lainnya merangkum hasil penelitian mereka mengenai hubungan antara yoga dengan kemampuan otak orang dewasa. Sejumlah orang berusia pertengahan 29 ke atas dikumpulkan sebagai responden. Terutama, orang-orang dengan masalah memori dan kognitif ringan yang dapat berpotensi berkembang menjadi gangguan mental. Mereka dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama mendapat program pelatihan otak khusus selama 1 jam tiap minggu yang juga harus dilakukan di rumah selama 15 menit. Sementara kelompok yang lain mendapat pelatihan yoga, khususnya Kundalini, selama 1 jam tiap minggunya. Kundalini berisi latihan pernafasan, meditasi, sekaligus gerakan. Mereka juga diajarkan metode meditasi tertentu yang harus dipraktekkan sendiri di rumah selama 15 menit. Uji coba dilakukan 12 minggu atau 3 bulan lamanya. yoga baik untuk otak

Setelah itu, dilakukan pengecekan kembali. Hasilnya, peserta dari kedua grup sama-sama mengalami peningkatan cukup siginifikan dalam tes cara berpikir. Namun, hanya yang mendapat pelatihan yoga dan meditasi yang mengalami kemajuan pesat dalam tes visuospatial. Visuospatial adalah tipe mengingat yang penting untuk keseimbangan, kedalaman persepsi, dan kemampuan mengenali obyek. yoga baik untuk otak

Kalau belum pernah mencoba yoga, ada baiknya untuk mulai berkenalan dengan jenis latihan satu ini. Kebutuhan peralatan yoga yang lengkap dan berkualitas bisa kamu dapatkan di sini. Buat yang sudah rutin menjalaninya, selamat mencapai keseimbangan. HAPPY movement!

Blog posts list