6 Manfaat Olahraga Boxing Bagi Tubuh

28 ธ.ค. 2023

Berbicara mengenai boxing, mungkin banyak orang yang menganggapnya sebagai olahraga keras yang bertujuan untuk melindungi diri dari kejahatan. Padahal boxing bisa anda lakukan sebagai olahraga harian yang dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Boxing tidak hanya akan membentuk otot-otot tubuh saja, namun manfaat olahraga boxing bagi tubuh juga bisa berpengaruh pada Kesehatan anda. Mulai dari menyehatkan jantung, menjaga tubuh agar bugar, hingga meredakan stress.

 

 

Manfaat Boxing Bagi Tubuh

Menguatkan Organ Jantung

Salah satu manfaat olahraga boxing bagi tubuh adalah dapat menguatkan Kesehatan organ jantung. Gerakan memukul dan menendang dalam olahraga boxing dapat emmbuat jantung semakin fit. Jika organ jantung dalam kondisi prima maka tentu saja tubuh anda pun juga jadi lebih sehat. Inilah manfaat utama jika anda melakukan boxing secara rutin. Saat melakukan boxing, anda akan bernapas secara berat dan ini juga akan meningkatkan detak jantung. Pada saat itu, jantung akan memompa darah ke seluruh tubuh, Ketika detak jantung meningkat, hal ini akan semakin menguatkan otot-otot jantung dan juga menurunkan resiko penyakit kardiovaskular dan stroke.

Membakar Kalori Tubuh

Jika anda mencari olahraga yang dapat membakar kalori tubuh dengan cepat, maka olahraga boxing adalah salah satunya. Manfaat olahraga boxing bagi tubuh bisa digunakan untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Meskipun anda tidak berjalan jauh atau berpindah tempat, boxing bisa membakar kalori dalam tubuh hingga 400-500 kalori dalam sejamnya. Jika anda berecana untuk membakar lemak dalam tubuh dengan cepat, maka boxing bisa anda coba jadikan olahraga rutin.

Menguatkan Otot Pundak dan Lengan

Jika anda memiliki tumpukan lemak berlebih di bagian lengan dan Pundak, anda dapat menjadikan boxing sebagai salah satu menyusutkan lemak di bagian tersebut. Variasi gerakan memukul dan bertahan pada boxing dapat menjadi cara yang efektif dalam mengecilkan lemak di bagian lengan dan Pundak. Namun bukan hanya itu saja, pada dasarnya gerakan boxing melibatkan seluruh tubuh. Sehingga setiap otot tubuh, terutama bagian perut dan bahu akan bekerja ekstra. Jadi jangan heran jika anda merasakan nyeri pada bagian tersebut. keesokan harinya saat melakukan sesi pertama boxing

Meningkatkan daya tahan tubuh

Olahraga boxing juga memberikan manfaat bagi daya tahan tubuh. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, saat melakukan olahraga boxing maka otot-otot dalam tubuh akan bekerja ekstra. Jika otot tubuh anda sudah terlatih, maka gerakan meninju pun juga jadi lebih kuat tanpa rasa Lelah. Apalagi ketika anda berlatih boxing, akan semakin menguatkan kinerja paru-paru ketika menyerap oksigen dan menyalurkan ke aliran darah menjaid lebih efisien. Saat lebih banyak darah dan oksigen di dalam otot, akan semakin membuat anda bisa berlatih lebih lama.

Mengencangkan Otot-Otot Tubuh

Olahraga boxing akan emmbuat seluruh anggota tubuh bekerja keras dengan intensitas tinggi. Hasil dari pergerakan yang berulang dilakukan akan membantu mengencangkan otot-otot tubuh. Jika otot tubuh menjadi lebih kencang, tentu bentuk tubuh juga jadi lebih sehat dan atletis.

Menguatkan Kesehatan Mental

Manfaat olahraga boxing bagi tubuh bukan hanya sekeda fisik saja, namun juga bagi Kesehatan mental. Olahraga bela diri ini juga dapat mempengaruhi mental seseorang. Singkatnya, ini akan membantu melepas stress. Bukan hanya itu, seseorang jadi lebih berani dan percaya diri saat rutin melakukan boxing. Ditambah lagi anda juga dapat melatih kepekaan dan membangun kekuaran mental melalui boxing.

Amankah Olahraga Boxing Dilakukan?

Olahraga boxing sangat aman dilakukan, bahkan untuk digunakan Latihan harian sekalipun. Hanya saja untuk beberapa orang terutama yang memiliki Riwayat osteoporosis atau ostheoarthritis pada bagian tangan akan lebih baik untuk berhati hati jika memilih boxing sebagai olahraga harian mengingat Sebagian besar gerakannya melibatkan tangan. Sehingga akan lebih aman jika anda berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum akan melakukan boxing. Namun seelbihnya, olahraga boxing sangat aman dan manfaat olahraga boxing bagi tubuh bisa anda rasakan.

Untuk mendukung olahraga boxing yang nyaman, anda bisa memilih pakaian olahraga yang nyaman dan premium dari happyfit.co.id. Ada banyak pilihan pakaian olahraga berkualitas terbaik yang bisa anda pilih disini. Dapatkan pula diskon menarik pada setiap pembelian.

Blog posts list