7 Manfaat Parkour Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

27 ธ.ค. 2023

Mungkin bagi Sebagian orang menganggap jika parkour merupakan kegiatan fun sebagai hiburan semata saja. Padahal kegiatan fisik ini menjadi salah satu olahraga yang dapat memberikan banyak manfaat Kesehatan bagi tubuh. Hal ini dikarenakan pada saat melakukan parkour, tubuh agak bergerak secara efektif mulai dari berlari, memanjat, melompat, berguling, berayun, dan berbagai gerakan bebas lainnya dilakukan dalam olahraga ini.

 

 

Manfaat Parkour Bagi Kesehatan

Olahraga ekstrim yang satu ini memberikan banyak manfaat bagi Kesehatan tubuh, anda bisa menjadikannya sebagai hobi yang dapat menyehatkan tubuh anda.

Meningkatkan Kekuatan Tulang

Salah satu manfaat parkour bagi Kesehatan yang paling utama adalah dapat meningkatkan kekuatan tulang. Ketika melakukan parkour, maka akan banyak melibatkan gerakan melompat di dalamnya. Menurut penelitian yang dilakukan University of Missouri menjelaskan jika Latihan melompat cukup aman dan efektif dalam meningkatkan kepadatan tulang. Seperti yang anda ketahui jika parkour melibatkan tubuh bagian atas dan bawah sehingga menimbulkan dampak positif dalam membangun kekuatan tulang tubuh.

Mendukung Sistem Kardiovaskular

Manfaat parkour bagi Kesehatan lainnya dapat mendukung system kardiovaskular. Hal ini dikarenakan gerakan dan lompatan pada olahraga parkour yang konstan dapat mendukung fungsi dan kerja jantung. Sehingga penyebaran oksigen ke seluruh tubuh pun juga jadi ikut meningkat. Tentu saja ini akan menghindarkan dari berbagai penyakit ebrbahaya yang berkaitan dengan system kardiovaskular.

Menyehatkan Paru-Paru

Tak hanya dapat menyehatkan organ jantung saja, namun olahraga parkour juga dapat menyehatkan organ paru-paru. Hal ini dikarenakan aprkour mengharuskan tubuh untuk bergerak aktif seperti melompat dan ini terjadi konstan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Open Sports Sciences  Journal menjelaskan jika parkour bisa membantu meningaktkan Kesehatan dan kekuatan jantug dan paru-paru. Hal ini karena akan meningkatkan pasokan oksigen di dalam tubuh.

Meningkatkan Kebugaran Tubuh

Latihan parkour yang dilakukan rutin juga bermanfaat bagi kebugaran tubuh secara keseluruhan. Mulai dari berlari, lompat, hingga melintasi rintangan sangat membutuhkan kerja semua otot-otot tubuh. Saat melakukan gerakan parkour, maka hampir semua bagian tubuh akan terlibat. Sehingga secara tidak langsung ini akan membantu membentuk otot tubuh.

Membakar Kalori Tubuh

Jika anda mencari olahraga yang fun untuk menurunkan berat badan, maka parkour mungkin bisa jadi pilihan. Hal ini dijelaskan oleh Luciano Acuna Jr, seorang pelatih parkour yang berasal dari Brooklyn, New York menjelaskan jika Latihan parkour yang memiliki intensitas tinggi sama seperti anda berlari hingga sejauh 8 kilometer ataupun mendaki gunung. Olahraga ini dapat membakar kalori hingga sebanyak 600-900 kal per jam. Namun hal ini tergantung pula dari intensitas anda melakukan olahraga tersebut.

Melatih Fokus

Dalam melakukan gerakan parkour, ada yang dikenal dengan nama precision jumping. Yang mana dalam gerakan ini anda diharuskan dapat melompat dan mendarat pada tempat yang dituju. Terlihat memang mudah, namun untuk bisa melakukan gerakan ini dengan sempurna dibutuhkan focus yang luar biasa. Hal ini karena anda harus mendarat di tempat yang diharuskan sambal mengabaikan lingkungan yang disekitarnya. Jika terbiasa untuk focus, maka ini juga akan membantu dalam peningkatan daya konstrasi ketika belajar dan juga bekerja.

Menjaga Kesehatan Mental

Sebuah penelitian di Westminster, Inggris mengungkapkan jika manfaat parkour bagi Kesehatan tak hanya untuk Kesehatan fisik namun juga Kesehatan mental. Hasil studi menemukan jika tingkat kriminalitas dalam Kawasan tersebut dapat berkurang hingga sebesar 69% untuk remaja berusia 8-19 tahun setelah mendapatkan pelatihan parkour. Parkour dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan Kesehatan mental. Remaja yang melakukan Latihan olahraga ini bisa menjadi lebih berani dan mandiri dalam menghadapi tantangan hidup. Selain itu, karena dilakukan Bersama dengan komunitas tentu saja ini juga menjadi Pelepas stress dan depresi.

Agar Latihan parkour yang anda jalani nyaman dan aman, tentu anda membutuhkan pakaian olahraga yang terbaik agar tidak menganggu kegiatan olahraga anda. Anda bisa memilih pakaian olahraga terbaik dari happyfit.co.id. Disini kami menjual berbagai pakaian olahraga dengan harga terbaik dan tentu kualitas premium yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan olahraga anda.

Blog posts list