8 Pose yang Aman Dilakukan Oleh Anak

2023年12月28日

Umumnya yoga dilakukan oleh wanita dan pria yang sudah dewasa dan lanjut usia. Namun ternyata yoga juga bisa dilakukan oleh anak-anak. Yap, yoga juga aman untuk dilakukan oleh anak-anak sebagai bagian dari pembelajaran hidup sehat mereka.

 

 

Selain itu anda bisa quality time bersama anak tidak hanya bermain dan belajar. Namun juga berolahraga yoga. Terutama jika anak anda mengalami masalah pada postur tubuhnya. Anda bisa membantu dan menemani anak anda melakukan yoga.

Manfaat dari melakukan yoga pada anak-anak adalah dapat membantu meningkatkan kapasitas paru-paru dan pernafasan. Selain itu dapat meningkatkan level energi, membangun kekuatan dan fleksibilitas otot, membantu mengurangi kelelahan fisik dan mental.

Dengan melakukan yoga fokus anak dapat meningkat, mengurangi kecemasan, memperbaiki kualitas tidur dan meningkatkan fungsi motorik halus. Lalu gerakan yoga seperti apa yang bisa dilakukan oleh anak?

1. Bridge Pose

Pose ini cukup mudah untuk dilakukan karena mirip dengan melakukan kayang. Pertama anak berbaring terlentang dengan lutut ditekuk ke dalam. Kemudian rentangkan tangan telapak tangan menghadap ke bawah.

Tarik nafas dan angkat tubuh dari pinggul melalui tulang belakang. Angkat setinggi mungkin sesuai kemampuan dan tahan semampu anda. Turunkan tubuh perlahan dan buang nafas setelah tubuh berada pada posisi awal.

Pose ini dapat memberi energi, menenangkan pikiran, merangsang organ perut, meregangkan leher dan meringankan depresi ringan dan stres. Yap, anak-anak juga bisa merasakan stres ya.

2. Cat Pose

Pose ini dapat membantu meregangkan leher dan torso. Caranya adalah pada posisi merangkak, punggung sejajar seperti meja dengan tumpuan pada lutut dan telapak tangan. Lengan lurus, tangan selebar bahu, lutut selebar pinggul.

Tarik nafas, angkat dagu dan kepala miring ke arah belakang. Angkat tulang ekor dan dorong pusar ke bawah, tekan pantat dan pandangan ke depan. Tarik nafas dalam dan buang perlahan. Tahan posisi ini semampu anak.

3. Upward Facing Dog Pose

Cara melakukan pose ini adalah dengan berbaring tengkurap pada matras. Ujung jari menyentuh lantai dan telapak tangan sejajar di bawah bahu. Tarik nafas kemudian tekan telapak tangan ke lantai, lengan melebar dan angkat badan serta paha bersamaan.

Kendurkan pinggul kemudian tarik bahu perlahan menjauhi telinga. Tarik nafas dan tahan. Lepaskan perlahan dan ulangi pose ini semampu anak. Pose ini cocok untuk anak yang memiliki asma, mengatasi gejala stres dan kelelahan.

4. Happy Baby Pose

Pose ini juga dapat untuk relaksasi karena dilakukan dengan santai. Caranya anak berbaring terlentang dan lutut ditekuk ke atas. Gapai pergelangan kaki dengan tangan dan tarik nafas. Hembuskan nafas sambil bergoyang ke kanan.

Tarik nafas bersamaan dengan posisi kembali ke tengah. Hembuskan nafas bersamaan dengan bergoyang ke kiri.

5. Bow Pose

Bow pose bermanfaat untuk meredakan kecemasan dan stres. Untuk fisik, pose ini dapat membantu memperkuat lengan, kaki dan punggung serta meningkatkan fleksibilitas tubuh. Caranya anak cukup berbaring tengkurap, tekuk lutut dan tarik tumit hingga melengkung ke belakang pantat.

Tahan beberapa saat dan hembuskan nafas kemudian kembali ke posisi awal.

6. Warrior Pose

Caranya adalah berdiri dengan kaki terbuka menyerupai huruf V terbalik. Gerakkan kaki kanan ke luar 90 derajat dan kaki kiri 15 derajat sehingga tumit sejajar dengan kaki kiri. Angkat kedua lengan pada bahu, sejajarkan dengan tanah dan telapak tangan menghadap ke atas.

Hembuskan nafas saat menekuk lutut kanan sehingga pergelangan kaki kanan dan lutut kanan sejajar. Balikkan kepala ke kanan dan fokus pada ujung jari tangan. Tarik nafas saat berdiri kembali dan hembuskan nafas perlahan dengan lengan ke sisi tubuh. Ulangi bergantian pada tiap sisi.

Manfaat dari pose ini adalah untuk menguatkan kaki, lengan, meningkatkan stamina dan melatih keseimbangan tubuh.

7. Tree Pose

Meski terlihat sederhana, pose ini dapat membantu membentuk otot lengan dan kaki. Serta memperkuat punggung, memperbaiki postur tubuh, meningkatkan konsentrasi dan fokus. Caranya adalah dengan berdiri dengan kaki satu.

Tumpuan tubuh pada satu kaki. Kemudian lipat tangan di dada atau lurus ke atas. Tarik nafas perlahan dan tahan beberapa saat. Kemudian berganti pada kaki yang satunya. Ulangi semampu anda.

8. Corpse Pose

Cara melakukan pose ini dengan cara berbaring terlentang pada matras dan menutup mata. Kaki lurus dan berikan celah sedikit diantaranya dan menghadap ke luar. Rilekskan kaki dan lutut. Lengan berada di samping dan tidak menempel pada tubuh. Posisi telapak tangan terbuka ke atas.

Fokus pada satu bagian tubuh. Tarik nafas perlahan dan dalam. Hembuskan nafas dan rasakan rileks pada tubuh. Lakukan selama 10 hingga 20 menit. Pose ini dapat membantu menenangkan pikiran, meningkatkan konsentrasi, menstimulasi sirkulasi darah, meningkakan energi tubuh dan menghilangkan stres dan rasa lelah.

Nah, untuk dapat melakukan yoga bersama anak dengan aman dan nyaman, anda dapat melengkapi kebutuhan yoga dengan Happyfit. Happyfit menyediakan matras yoga dan aksesoris yoga seperti yoga towel agar latihan anda dengan anak lebih nyaman untuk dilakukan.

Blog posts list