Berapa Kali Olahraga yang Bagus Untuk Diet dalam Seminggu?

2024年2月7日

Rutin berolahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, tak hanya Kesehatan fisik namun juga mental. Berolharaga teratur bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh, menghindari dari berbagai penyakit, dan mengurangi stress.

 

 

Olahraga juga dapat membantu menurunkan berat badan, karena itu bagi anda yang sedang menjalani program diet jangan sampai melewatkan olahraga secara rutin. Namun sebenarnya adakah takaran mengenai berapa kali olahraga yang bagus untuk diet dalam seminggu?

Apakah Olahraga Efektif Menurunkan Berat Badan?

Menurunkan berat badan bagi Sebagian orang terasa cukup berat. Selain dibutuhkan komitmen, konsisten dan disiplin saat menjalani program diet juga harus dipersiapkan. Menurunkan berat badan bukan hanya dengan mengurangi asupan kalori setiap harinya saja. Namun anda juga harus berolahraga rutin untuk membantu menurunkan berat badan.

Jika anda hanya mengurangi asupan kalori dan tidak melakukan olahraga, maka anda mungkin akan kehilangan lemak dan juga massa otot. Hal ini terdapat dalam jurnal Obesity Reviews, ¼ massa yang hilang ketika mengurangi asupan kalori harian merupakan massa otot. Padahal yang perlu anda ketahui disini adalah otot lebih aktif dibandingkan lemak ketika proses metabolisme. Dan jika sampai massa otot banyak mengalami pengurangan, ini membuat proses metabolisme akan berjalan lebih lambat dan malah menghambat proses penurunan berat badan.

Karena itulah olahraga rutin juga perlu dilakukan dalam program diet, sehingga dapat mencegah massa otot hilang namun juga memungkinkan jumlah kalori yang terbakar menjadi lebih banyak. Namun seberapa perlukan rutin berolahraga untuk diet? Olahraga yang rutin adalah kebiasaan yang baik dan dapat membantu secara efektif menurunkan berat badan.

Seberapa Rutin Olahraga Yang Baik Untuk Diet Dalam Seminggu?

Lalu berapa kali olahraga yang bagus Untuk diet dalam seminggu? Membakar lemak dalam menjalani program diet memang membutuhkan kerja keras. Food and Drug Administrasion atau FDA menyepakati jika olahraga terbaik yang dapat menurunkan berat badan merupakan jenis olahraga yang dapat memacu kerja jantung menjadi lebih cepat seperti sumba, cardio, maupun aerobic. Setidaknya anda harus berkomitmen melakukan olahraga selama 5 kali dalam seminggu untuk membantu menurunkan berat badan

Anda bisa memulai berolahraga 3 kali dalam seminggu dan kemudian setelah sebulan dapat ditingkatkan menjadi 5 kali dalam seminggu. Karena anda perlu membakar lebih banyak kalori, maka rutinitas olahraga tersebut dapat mencukup kebutuhan program diet yang anda jalani.

Namun jika anda berkeinginan membentuk otot tubuh, olahraga 4-5 hari dalam seminggu rasanya sudah lebih cukup. Akan tetapi rutinitas olahraga yang dilakukan tentu berbeda dibandingkan saat menurunkan berat badan. Jika anda ingin memiliki struktur otot tubuh, maka olahraga yang tepat adalah lebih focus pada Latihan angkat beban. Namun bukan berarti anda harus menghentikan Latihan kardio dalam rutinitas anda.

Olahraga Yang Baik Untuk Menurunkan Berat Badan

Setelah anda mengetahui berapa kali olahraga yang bagus untuk diet dalam seminggu, kini anda perlu mengetahui jenis olahraga apa yang terbaik untuk menurunkan berat badan seperti penjelasan berikut.

1.Jogging

Jogging menjadi olahraga yang baik untuk anda yang sedang diet. Jogging dapat membakar kalori hingga 300-370 kal dalam 3 menit, namun ini juga tergantung dari intensitas dan kecepatan. Tak perlu perlengkapan khusus, anda bisa melakukan jogging saat pagi dan sore hari.

2. Lompat Tali

Jika anda ingin olahraga yang membakar kalori banyak namun bisa dilakukan di rumah, anda bisa mencoba lompat tali atau skipping. Efektifivitas membakar kalori saat lompat tali sama seperti jogging. Anda bisa membakar kalori hingga sebanyak 281 kal dalam 30 menit. Namun jika dilakukan dengan intensitas tinggi, anda dapat membakar hingga 421 kal dalam 30 menit.

3. Berenang

Olahraga alternatif lainnya yang juga dapat menurunkan berat badan adalah berenang. Selama 30 menit berenang, anda bisa membakar kalori sebanyak 298 kal jika menggunakan renang gaya punggung. Bahkan bisa lebih besar lagi dengan renang gaya kupu-kupu yang dapat membakar 409 kal dalam durasi yang sama.

4. Bersepeda

Tak hanya menyenangkan, bersepeda ternyata juga bisa menurunkan berat badan secara efektif. Jika anda terlalu malas keluar rumah, sepeda statis juga memiliki dampak yang sama seperti sepeda pada umumnya. Anda bisa membakar kal hingga sebanyak 360 kal saat bersepeda di luar ruangan selama 30 menit. Untuk sepeda statis mampu membakar kalori sebanyak 280 kal dalam waktu 30 menit. Bukan hanya membantu menurunkan berat badan namun anda juga bisa terhindar dari berbagai penyakit berbahaya ketika rutin bersepeda. Jangan lupa lengkapi kegiatan berolahraga anda dengan pakaian olahraga yang nyaman dan berkualitas. Anda bisa mendapatkannya di Happyfit.co.id, ada banyak pilihan pakaian olahraga terbaik dan juga berbagai kelengkapan olahraga untuk memenuhi kebutuhan berolahraga sehari hari. Dapatkan diskon menarik dalam setiap pembelian produk-produk happyfit.

Blog posts list