Kesalahan Yoga Yang Sering Dilakukan Oleh Pemula

2023年12月28日
Melakukan yoga memang terasa mudah jika sudah terbiasa. Mudah pula jika anda hanya melihat tanpa mencobanya. Namun hal ini justru akan menjadi tantangan tersendiri bagi anda. Mengikuti kelas yang menyediakan yoga ini sebenarnya cukup seru lho.

 

Selain dapat mempelajari hal baru yakni olahraga yoga, anda juga akan mendapatkan teman baru di kelas yoga ini. Anda bisa berbagi pengalaman dan informasi seputar olahraga yoga ini dari teman yang sudah lebih dahulu mengikutinya atau dari pelatih langsung.

Melakukan olahraga yoga membutuhkan persiapan baik dari fisik maupun non-fisik. Persiapan fisik berupa kesiapan akan mengikuti gerakan latihan baru hingga persiapan seperti pakaian dan peralatan untuk dapat mengikuti kelas yoga.

Namun tidak sedikit juga yang justru melakukan kesalahan ketika mengikuti pelatihan olahraga yoga ini. Umumnya banyak dilakukan oleh pemula yang baru mengikuti yoga dan belum pernah mencoba yoga sebelumnya.

Lalu apa saja kesalahan yang biasanya dilakukan oleh pemula dalam melakukan olahraga yoga?.

1. Makan Sebelum Latihan

Jika anda berpikir olahraga yoga yang sebenarnya memiliki gerakan cukup berat pada pose tertentu maka anda membutuhkan makan berat terlebih dahulu, maka anda salah. Dalam melakukan yoga disarankan perut anda jangan sampai kosong sama sekali atau terlalu penuh.

Sebaiknya perut dapat diisi dengan makanan yang ringan seperti jus buah, buah-buahan segar yang dipotong atau gandum. Salad sayur juga bisa anda coba dengan porsi yang tidak berlebihan. Hindari untuk mengonsumsi makanan berat seperti sandwich dengan berbagai macam isian atau bahkan nasi.

Hal ini akan menghambat anda dalam bergerak selama latihan dilakukan dan bisa membuat kram pada tubuh khususnya perut.

2. Pernafasan

Olahraga yoga memiliki aspek penting yaitu pernafasan. Pemula umumnya memiliki kesalahan di bagian ini. Mungkin secara tidak sengaja anda menahan nafas pada pose tertentu selama latihan. Biasanya karena individu terlalu fokus pada gerak dan lupa fokus pada teknik pernafasan.

Pernafasan ini penting karena memiliki tujuan selama yoga otot akan mengambil oksigen agar dapat terus bekerja pada latihan yang dilakukan. Ikuti teknik pernafasan yang disarankan ya, jangan sembarangan melakukan pernafasan ketika yoga.

3. Membandingkan Dengan Orang Lain

Peserta yang mengikuti yoga juga tidak sedikit. Biasanya ditentukan jumlah peserta dalam partai menengah hingga besar. Dalam satu ruangan terdapat beberapa peserta lainnya. Pemula sering melakukan kesalahan dengan membandingkan diri sendiri dengan peserta lain.

Anda mungkin melihat peserta lain yang melakukan gerakan sama bagusnya atau jauh lebih baik dari anda. Maka muncul keinginan untuk bersaing dengan peserta tersebut. Memiliki rasa ingin bersaing memang baik, namun persaingan dalam latihan yoga ini cenderung tidak baik.

Karena akan berakibat buruk terhadap tubuh anda. Persaingan yang anda lakukan akan memaksa tubuh untuk berlatih terlalu keras, sedangkan kemampuan masing-masing individu tentu berbeda-beda. Fokuslah pada diri anda dan latihlah diri anda perlahan agar tubuh anda terbiasa.

4. Melewatkan Savasana

Savasana merupakan bagian penting dari yoga. Saat melakukan yoga, tubuh dan pikiran anda akan menjadi lebih tenang dan rileks. Savasana adalah pose yang penting untuk dilakukan untuk melengkapi latihan yoga anda. Memang awalnya akan merasa kesulitan.

Namun perlu diketahui bahwa anda tidak sendirian. Ada juga peserta lain yang sama kesulitannya. Terus pelajari pose ini walau mungkin pose ini sering dilupakan karena dianggap istirahat. Bisa anda lakukan selama 15 menit untuk menenangkan pikiran dan merilekskan tubuh sehingga fokus anda akan terjaga.

5. Malas Membersihkan Peralatan

Peralatan yoga seperti yoga mat adalah alat yang harus anda perhatikan kebersihannya. Perawatan yoga mat tergolong mudah untuk dilakukan. sebaiknya segera bersihkan setelah dipakai dan lakukan perawatan dengan mencucinya satu hingga 2 kali seminggu jika anda rutin melakukan yoga.

5 cara diatas sebaiknya diperhatikan bagi pemula yoga agar anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Tetaplah fokus pada latihan sehingga anda dapat merasakan hasilnya dengan maksimal.

Blog posts list