Mengenali Manfaat Pendinginan Setelah Olahraga

2024年6月21日

Pendinginan setelah berolahraga seringkali diabaikan, padahal pendinginan penting dilakukan setelah olahraga, lho, Happyfitters. Pasalnya, otot yang dipakai setelah olahraga akan tegang sehingga perlu dilemaskan kembali. Lalu, apa saja manfaatnya dan bagaimana cara melakukan pendinginan?

 

pendinginan setelah olahraga

 

Manfaat Pendinginan Setelah Olahraga

1. Mengurangi Risiko Cedera

Pendinginan membantu mencegah cedera dengan meredakan ketegangan otot dan memperbaiki fleksibilitas.


2. Meningkatkan Fleksibilitas

Melakukan gerakan pendinginan yang tepat membantu meningkatkan fleksibilitas otot dan rentang gerak.


3. Memulihkan Tubuh

Pendinginan membantu memulihkan tubuh setelah latihan dengan menurunkan denyut jantung dan membantu menghilangkan asam laktat yang terakumulasi selama latihan.


4. Mengurangi Kelelahan

Pendinginan yang tepat dapat membantu mengurangi kelelahan yang dirasakan setelah latihan fisik yang intensif.


Tips Pendinginan Setelah Berolahraga

1. Stretching

Lakukan stretching pada otot-otot yang kamu latih. Tahan setiap gerakan selama 15-30 detik untuk meredakan ketegangan otot.


2. Berjalan Pelan

Setelah latihan yang intensif, cobalah berjalan pelan selama 5-10 menit untuk menurunkan denyut jantung secara perlahan.


3. Menggunakan Foam Roller

Gunakan foam roller untuk melakukan self-myofascial release, yang membantu mengendurkan otot-otot yang tegang.


4. Minum Air

Pastikan untuk minum air setelah berolahraga untuk menggantikan cairan yang hilang selama latihan.


Contoh Gerakan Peregangan (Stretching) untuk Pendinginan

Kalau kamu belum tahu cara melakukan gerakan peregangan, kamu bisa ikuti contoh di bawah ini.


1. Peregangan Otot Kaki (Quad Stretch)

Duduklah di lantai dengan kaki lurus di depan. Regangkan salah satu kaki ke belakang, lalu tekuk lutut dan ambil jari kaki dengan tangan yang sesuai. Tahan posisi ini selama 20-30 detik, lalu ganti sisi.


2. Peregangan Otot Hamstring (Hamstring Stretch)

Berdiri tegak dengan satu kaki di depan dan yang lain di belakang. Tekuk tubuh ke arah kaki depan sambil menjaga kedua kaki lurus. Rasakan regangan di belakang kaki yang lurus. Tahan posisi ini selama 20-30 detik, lalu ganti sisi.


3. Peregangan Punggung (Back Stretch)

Berdiri tegak dengan kaki selebar bahu. Regangkan kedua tangan ke atas dan lalu bungkukkan tubuh ke depan, mencoba untuk menyentuh jari kaki. Tahan posisi ini selama 20-30 detik.


4. Peregangan Dada (Chest Stretch)

Berdiri tegak dengan kedua tangan di samping tubuh. Regangkan lengan ke belakang dan coba untuk menyilangkan jari-jari Anda di belakang punggung. Rasakan regangan di dada. Tahan posisi ini selama 20-30 detik.


5. Peregangan Bahu (Shoulder Stretch)

Letakkan satu lengan di depan tubuh dengan siku lurus. Gunakan tangan lainnya untuk menarik lengan tersebut ke arah tubuh dan tahan posisi ini selama 20-30 detik. Lakukan pada kedua sisi.


6. Peregangan Leher (Neck Stretch)

Berdiri tegak dengan bahu rileks. Miringkan kepala ke salah satu sisi dan gunakan tangan untuk memberikan sedikit tekanan ke arah yang berlawanan. Tahan posisi ini selama 20-30 detik, lalu ganti sisi.


Itu dia seputar manfaat stretching serta tips dan contoh gerakannya. Lalu, selama latihan kamu juga perlu pakai pakaian olahraga yang bisa buat kamu bebas bergerak dan nyaman. Kamu bisa coba pakai legging plus celana pendek dari Happyfit. Selamat latihan!

Blog posts list