Tips Agar Matras Yoga Nyaman Digunakan

2024年2月7日

Ketika anda akan melakukan olahraga yoga, anda membutuhkan beberapa peralatan yang dibutuhkan seperti handuk, mengenakan pakaian yang nyaman, alas matras dan matras yoga. Yoga merupakan olahraga yang bisa dilakukan baik didalam ruangan atau diluar ruangan.

 

 

Olahraga yang satu ini ternyata memiliki berbagai macam gerakan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan tubuh anda. Olahraga yoga dapat menurunkan stres, meredakan sakit punggung dan pinggang.

Selain itu olahraga yoga juga dapat membantu melatih otot tubuh anda menjadi lebih kuat. Olahraga ini terlihat simpel namun efeknya dirasakan cukup kuat. Keirngat yang keluar dari olahraga yoga juga tidak kalah banyak dibandingkan dengan olahraga lainnya.

Untuk itu anda memerlukan matras atau alas khusus agar menghindari cedera ketika melakukan latihan. Matras yoga digunakan dengan tujuan agar anda tidak mudah tergelincir akibat lantai yang licin disertai tetesan keringat yang menjadikannya lebih licin.

Selain itu matras yoga lebih empuk dibandingkan jika anda latihan dengan menyentuh lantai secara langsung. Ada pula alas matras yang berfungsi untuk melapisi matras yoga agar tidak cepat kotor dan tetesan keringat tidak membuat matras licin.

Jika anda menjalani olahraga yoga secara rutin, tentunya diperlukan untuk merawat matras tersebut agar tetap awet, nyaman dan tidak mudah rusak. Anda dapat merawat matras yoga tersebut dengan beberapa cara berikut.

1. Bersihkan 1-2 Kali Seminggu

Matras yoga yang sering digunakan untuk latihan sebaiknya dicuci setidaknya sekali dalam seminggu. Karena tetesan keringat yang jatuh pada matras ketika latihan dapat menjadi tempat berkumpulnya kuman-kuman yang dapat membahayakan tubuh dan kulit pemakainya.

Selain itu perhatikan tempat yang digunakan ketika latihan. Jika tempat latihan yoga tersebut membuat anda kurang yakin akan kebersihan lantainya meskipun sudah dibersihkan, maka matras tersebut wajib dicuci 1-2 kali dalam seminggu.

Anda dapat meminimalisir adanya kotoran yang menempel pada matras dengan membersihkan telapak kaki dahulu sebelum menginjak matras agar kotoran tidak mengenai anda secara langsung.

2. Mencuci Matras

Anda dapat mencuci matras yoga dengan sabun cuci piring seperti mencuci biasa. Rendam matras dengan air hangat beserta sabun terlebih dahulu. Kemudian bersihkan dengan menggunakan spons cuci, tidak perlu disikat. Hindari menggunakan sabun banyak-banyak karena akan sulit untuk dibilas dan menimbulkan rasa licin ketika digunakan.

Hindari menggunakan deterjen karena dapat merusak permukaan matras. Kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan. Matras yoga ini juga bisa dicuci dengan menggunakan mesin cuci setiap sebulan sekali.

Anda bisa mencucinya tanpa sabun di mesin cuci. Keringkan dalam mesin pengering dan angkat untuk dijemur.

3. Jemur Matras

Setelah selesai mencuci matras yoga, anda dapat mengeringkannya terlebih dahulu sebelum dijemur. Jemur matras pada tempat yang tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung. Matras akan mudah rusak jika dijemur pada tempat yang terkena matahari secara langsung.

Terlepas dari matras ini sudah dicuci atau tidak, anda sebaiknya tetap membersihkan matras yoga setelah dipakai. Anda dapat menyemprotkan air pada matras kemudian lap matrasnya. Matras yoga dapat dipakai pada kedua sisinya, untuk itu bersihkan pula kedua sisi matras. Setelah bersih di lap, anda dapat menjemurnya sebentar. Kemudian matras bisa digulung dengan rapi dan disimpan. Jika matras yoga yang anda gunakan bersih, maka olahraga yang anda lakukan juga akan mencapai hasil yang lebih maksimal.

Blog posts list