Urutan Senam Aerobik dan Gerakannya yang Wajib Diketahui Pemula

2024年2月7日

Bagi Happyfitters yang baru mau mencoba aerobik, tentu sangat penting untuk mengetahui urutan gerakan pada jenis olahraga yang satu ini. Sebab, ada sejumlah gerakan yang perlu dikuasai pada tiap urutan senam aerobik, lho.

 

 

 

Dengan kata lain, Happyfitters tidak bisa nih melewatkan salah satu dari urutan tersebut atau bahkan melakukannya dengan tidak berurutan. Lantas, sebenarnya apa saja urutan gerakan pada senam aerobik yang tepat? Mari gulirkan layar Happyfitters!

Urutan Senam Aerobik dan Gerakannya

Secara umum, urutan dalam melakukan senam aerobic terdiri atas pemanasan, latihan inti, dan pendinginan. Ketiganya memiliki peranan yang berbeda dalam olahraga aerobik, lho. Begini nih penjelasan lengkapnya tentang ketiga urutan gerakan pada senam aerobik yang perlu Happyfitters tahu:

1. Pemanasan

Urutan senam aerobik yang pertama adalah pemanasan. Gerakan yang satu ini wajib Happyfitters lakukan untuk menghindari risiko cedera saat senam, khususnya bagi pemula. Tujuannya adalah untuk bantu meningkatkan suhu tubuh, menaikkan denyut jantung, serta mempersiapkan otot dan persendian untuk melakukan aktivitas berat.

Adapun beberapa gerakan pemanasan yang bisa Happyfitters lakukan, yaitu jalan di tempat, melangkah dari sisi kanan ke kiri dan sebaliknya, hingga menggerakkan lengan pada tingkat pinggang.

Biasanya, proses pemanasan berlangsung selama 5-10 menit. Baru setelahnya, tubuh Happyfitters bisa siap melakukan latihan inti senam.

2. Latihan Inti

Dalam senam aerobik, latihan inti berlangsung selama 25-55 menit. Adapun beberapa jenis gerakan yang perlu Happyfitters lakukan pada bagian ini, antara lain:

  • Marching: Gerakan jalan di tempat sambil mengangkat kaki setinggi betis, dengan posisi menekuk lutut sampai 90 derajat.
  • Jogging: Gerakan ini mirip dengan jogging pada umumnya lho, hanya saja Happyfitters cukup melakukannya di tempat.
  • Kicking: Gerakan mengayunkan tungkai ke depan atau ke samping dalam kondisi lurus setinggi pinggang.
  • Double step: Gerakan melangkahkan dua kaki ke arah kanan dan kiri bergantian dengan gerakan akhir merapatkan kaki.
  • Grapevine: Gerakan yang diawali dengan melangkahkan dua langkah ke kanan dan kiri, tetapi dengan menyilangkan kaki ke belakang.
  • Leg curl: Gerakan menekuk kaki ke arah belakang.
  • Heel touch: Gerakan menyentuh tumit kanan ke tumit kiri dengan sedikit menekuk lutut tumpu dan berat badan berada di kaki yang menjadi tumpuan.

Jadi, berikut yang tidak termasuk gerakan senam aerobik adalah melompat. Oleh karena itu, olahraga ini sangat cocok bagi Happyfitters pemula dan segala usia, karena tidak terdapat gerakan melompat.

3. Pendinginan

Gerakan yang terakhir adalah pendinginan. Happyfitters perlu melakukan gerakan ini dengan tujuan untuk mengembalikan frekuensi denyut jantung mendekati normal secara bertahap.

Umumnya, gerakan ini dilakukan dengan durasi sekitar 10 menit, sehingga otot-otot Happyfitters bisa kembali pada kondisi normal.

Tertarik untuk Coba Olahraga Aerobik yang Cocok bagi Pemula?

Senam aerobik memang menjadi olahraga favorit banyak orang. Hal ini tidak terlepas dari benefit yang bisa Happyfitters rasakan. Sebab, olahraga ini memiliki benefit yang sama seperti manfaat pilates bagi wanita. Makanya, tak heran jika banyak wanita yang penasaran ingin mencoba olahraga ini.

Dari informasi tentang urutan senam aerobik di atas, apakah kini Happyfitters tertarik untuk mencoba jenis olahraga yang satu ini? Jika iya, jangan lupa untuk menyiapkan diri dengan baik, ya.

Agar kegiatan olahraga jadi terasa lebih menyenangkan, Happyfitters bisa menggunakan 2 in 1 Style Tank Top. Bahannya yang nyaman dan mampu menyerap keringat dengan baik, tentu akan membuat kegiatan olahraga Happyfitters jadi terasa berbeda. 

Blog posts list