5 Gerakan Yoga yang Aman Untuk Spondilolistesis

28 ธ.ค. 2023

Jika anda sering merasakan nyeri, lemas, mati rasa, saraf terasa tertekan pada tungkai kaki baik salah satu atau keduanya, kemungkinan anda memiliki Spondilolistesis. Spondilolistesis adalah salah satu penyebab dari rasa sakit tersebut sehingga kadang kala menyebabkan anda kesulitan untuk mengontrol rasa ingin buang air kecil dan buang air besar.

 

 

Lalu apa sih sebenarnya Spondilolistesis ini? Spondilolistesis merupakan suatu kondidi pada tubuh bagian tulang belakang yang tergeser dari posisi yang semestinya. Tulang ini akan bergeser baik ke depan ataupun ke belakang.

Bentuk tulang ini akan cenderung menutupi tulang di bawahnya. Spondilolistesis biasanya terjadi pada punggung bagian bawah. Gejala yang ditimbulkan dari pergeseran tulang ini adalah nyeri pada punggung bawah sehingga berpengaruh pada kaki bagian tungkai.

Hal ini dapat diatasi dengan beberapa cara yakni mengompres air hangat pada bagian yang sakit hingga melakukan olahraga untuk menurunkan berat badan. Tetapi olahraga yang dipilih juga harus diperhatikan.

Pasalnya tidak semua olahraga bisa dilakukan oleh penderita spondilolistesis ini. Anda bisa memilih melakukan yoga untuk mengatasi rasa sakit yang datang. Beberapa pose yoga ini cocok untuk anda lakukan karena tidak semua pose yoga boleh dilakukan oleh penderita spondilolistesis.

1. Hero Pose

Untuk melakukan yoga dengan hero pose anda bisa memulainya dengan beberapa langkah berikut ini.

  • Kedua kaki dilipat dan duduk dengan tumpuan tumit pada matras. Kedua tangan diletakkan di atas paha dan telapak tangan menghadap ke bawah
  • Tekan kedua kaki ke matras, luruskan tubuh anda sehingga tulang aka mengikuti bentuk yang semestinya. Gerakkan perlahan bahu ke arah belakang dan tarik dada ke depan seperti membusungkan dada secara perlahan.
  • Rilekskan bagian wajah, rahang hingga perut kemudian tarik nafas dalam dari hidung dan buang perlahan

Pose ini dapat membantu anda untuk melenturkan otot paha, mengembalikan tulang pada posisi semestinya, memberikan ketenangan karena proses ini adalah proses meditasi dan memperbaiki postur tubuh.

2. Extended Dog Pose

Pose yang satu ini bermanfaat untuk mengembalikan bentuk tulang belakang yang bergeser. Selain itu pose ini juga dapat membantu melenturkan bagian punggung atasm bahu dan lengan. Anda bisa melakukan pose ini dengan cara berikut.

  • Bertumpu pada matras dengan kedua tangan dan lutut ditekuk menyerupai meja. Wajah anda menghadap ke bawah
  • Tahan bagian lutut serta kaki dan gerakkan kedua tangan ke depan. Luruskan tangan hingga badan dan kedua tangan sejajar (lurus)
  • Hembuskan nafas perlahan sambil menggerakkan pantat ke belakang. Posisi tangan tetap lurus.
  • Dahi akan menyentuh matras tetapi siku tangan tidak menyentuhnya. Rasakan rileks pada bagian leher dan punggung kemudian bernafas perlahan sebanyak 4 hingga 8 hitungan yang teratur.

3. Standing Forward Pose

Untuk melakukan pose ini anda dapat berdiri dengan kedua kaki yang dilebarkan sejajar dengan bahu. Kemudian ikuti beberapa langkah berikut ini.

  • Seimbangkan tubuh dengan kedua kaki. Membungkuklah perlahan hingga kepala berhadapan dengan lutut. Jika memungkinkan, gapailah lantai dengan tangan dengan posisi kaki tetap lurus.
  • Tarik nafas perlahan sebanyak 4 hingga 8 kali hitungan.

Pose ini bermanfaat untuk membantu memperkuat otot perut, punggung, melenturkan otot paha, baik untuk sistem pencernaan, kemih dan saraf pada tubuh.

4. Wind Relieving Pose

Pose yang satu ini dapat membantu mnegembalikan lengkungan tulang belakang dan mudah dilakukan. Caranya adalah anda cukup berbaring terlentang dan menekuk kedua lutut di depan dada.

Kemudian peluk lutut dengan kedua tangan saling menyentuh siku, lengan, pergelangan tangan atau jari tangan. Tekuk dagu ke dada, bahu tetap dekat lantai dan rasaka rileks pada kaki dan pinggan. Tarik nafas dan hembuskan bergantian secara dalam pada 4 hingga 8 hitungan.

5. Five Pointed Star Pose

Anda dapat melakukan pose ini dengan cara berikut.

  • Berdiri tegak dan kedua kaki terbuka selebar bahu. Rentangkan kedua tangan lurus ke samping dan posisi kaki sejajar dengan pergelangan tangan
  • Kencangkan lutut dan paha sehingga terasa kuat dan terasa tarikan pada bagian tersebut. Rasakan bahu anda rileks dan gerakan baju ke belakang dan busungkan dada perlahan. Kemudian tarik dan hembuskan nafas bergantian dalam 4 hingga 8 kali hitungan.

Pose ini dapat membantu menjaga bentuk tulang belakang normal dan memperbaiki postur tubuh anda seperti semula. Selain itu barengi dengan jeda jika anda mulai merasakan rasa tidak nyaman pada tubuh. Yoga yang dilakukan oleh penderita spondilolistesis harus dilakukan dengan aman dan nyaman.

Blog posts list