Manfaat Yoga Bagi Menopause

27 ธ.ค. 2023

Setiap perempuan memiliki keunikan masing-masing yang membuatnya menjadi pribadi yang kuat dan tangguh. Bagaimana tidak, meski harus merasakan sakit sebulan sekali, belum lagi sakit pasca melahirkan, perempuan masih bisa mengurus dirinya sendiri dan orang lain tanpa bantuan pihak lain.

Selain itu yang perlu dipersiapkan oleh perempuan adalah memasuki fase menopause yang biasanya datang pada usia 40 tahun ke atas. Tidak sedikit yang merasa takut dan khawatir menghadapi datangnya fase menopause ini.

Karena pada saat menopause ini umumnya perempuan dilanda rasa panas pada seluruh tubuh dan keringat yang terus menerus. Di sinilah masalah kesehatan biasanya banyak muncul. Ya, fase menopause adalah masa perempuan dilanda banyak komplain akan kesehatan.

Selain itu perempuan yang memasuki masa menopause rentan mengalami osteoporosis, mempengaruhi mood hingga gairah kehidupan pasangan suami istri yang menurun bahkan hilang. Namun, anda bisa mencoba olahraga yoga untuk mengatasi hal ini.

Anda bisa merasakan beberapa manfaat melakukan yoga ketika memasuki fase menopause ini. Beberapa manfaat tersebut diantaranya adalah

1. Menurunkan Stres

Seperti yang kita ketahui bahwa melakukan yoga dapat menurunkan stres dan depresi pada diri seseorang. Baik itu yang belum atau sudah memasuki masa menopause. Jika anda melakukan olahraga yoga secara rutin setiap hari dapat membantu menurunkan kecemasan, khawatir, takut, dan perasaan negatif yang datang pada perempuan.

Perasaan negatif ini akan membuat hidup anda tidak tenang dan justru malah berasumsi sendiri akan sesuatu hal yang belum pasti. Dengan yoga yang rutin anda bisa lebih tenang, kalem dan bahagia meski memasuki masa menopause.

2. Meminimalisir Rasa Sakit

Manfaat yoga yang umum dirasakan adalah postur tubuh membaik hingga tubuh lebih fleksibel dalam bergerak. Ketika anda memasuki masa menopause, anda akan sering mengalami rasa sakit pada pinggang, punggung hingga persendian.

Hal ini dapat diminimalisir dengan melakukan olahraga yoga secara rutin. Rasa sakit yang dapat diatasi dengan baik akan membantu anda lebih aktif bergerak dan meningkatkan ketahanan otot tubuh.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah dapat naik di atas normal jika anda terlalu sering merasa stres. Stres yang anda rasakan dapat diatasi dengan melakukan yoga secara rutin setiap hari. Energi yang dikeluarkan saat melakukan yoga dapat membuat anda merasa lebih rileks.

Sehingga tekanan darah anda juga akan lebih seimbang. Tekanan darah yang normal akan membuat tubuh menjadi lebih tenang dan tidak mudah lemas.

4. Meningkatkan Sistem Imun

Memasuki masa menopause juga dapat menurunkan sistem imun tubuh anda. Akibatnya anda akan lebih rentan sakit dan lemas. Anda dapat melakukan olahraga yoga secara rutin untuk mengatasi hal ini.

Efek dari olahraga yoga dapat membantu tubuh untuk menjadi lebih tenang sehingga sistem imun tubuh juga dapat meningkat. Maka anda dapat terhindar dari penyakit yang datang menyerang.

5. Penurunan Suhu Tubuh

Selain rasa sakit dan sistem imun yang menurun, perempuan yang memasuki masa menopause juga akan mengalami hot flashes pada tubuhnya terutama daerah wajah, kaki dan tangan. Hal ini bisa diatasi dengan melakukan yoga secara rutin.

Jika anda melakukan yoga setiap hari, maka tubuh anda akan lebih kebal dan stabil sehingga terhindar dari hot flashes. Keuntungan lainnya adalah suhu tubuh anda cenderung normal dan tidak mudah panas ketika banyak bergerak. Untuk dapat melakukan yoga dengan nyaman, sebaiknya lengkapi peralatan yoga anda seperti yoga mat, yoga towel, exercise ball, gym ball dan peralatan lainnya untuk menunjang latihan anda. Anda bisa mendapatkan semuanya di happyfit.co.id.

Blog posts list