6 Gerakan Yoga yang Aman Bagi Lansia

2024年2月7日

Memasuki masa rehat di usia lanjut tentu menyenangkan. Apalagi jika dibarengi dengan gaya hidup sehat demi kualitas hidup yang baik khususnya bagi lansia. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan hidup yang sehat selain dengan menjaga pola makan.

 

 

Salah satunya dengan melakukan olahraga secara rutin. Olahraga yang dilakukan tentu dipilih yang lebih ringan dan sesuai dengan kemampuan orang tua itu sendiri. Olahraga yang bisa dipilih diantaranya adalah dengan yoga.

Yoga memang olahraga yang cocok untuk lansia karena kombinasi antara meditasi dan olah tubuh yang baik. Manfaat melakukan yoga bagi lansia ini adalah dapat meningkatkan kepercayaan diri karena membantu memperbaiki postur tubuh khususnya untuk penderita arthritis sehingga lebih fleksibel bergerak.

Selain itu dapat membantu mengurangi kecemasan, depresi karena pada umumnya lansia yang terbiasa menyibukkan diri semasa dulu akan kesulitan beradaptasi dengan tidak adanya kegiatan di masa ini.

Yoga juga dapat meningkatkan fungsi eksekutif otak, ketahanan emosional, melatih pernafasan untuk ketenangan diri dan peregangan tubuh agar tubuh tetap kuat di usia lanjut. Lalu gerakan yoga yang paling cocok untuk rutin dilakukan bagi lansia terdapat pada beberapa poin berikut.

1. Mountain Pose

Cara melakukan pose ini adalah dengan berdiri tegak pada matras kemudian tahan perut ke dalam namun bagian pundak hingga punggung tetap rileks. Tarik nafas pada 5 hingga 8 hitungan dan hembuskan perlahan.

Ulangi semampu anda karena pose ini dapat membantu menjaga keseimbangan tubuh saat anda berdiri dan menguatkan kaki. Hal ini dipengaruhi oleh adanya faktor postur lansia yang cenderung mulai membungkuk.

2. Tree Pose

Pose ini dapat dilakukan dengan berdiri tegak dan mengangkat salah satu kaki ke bagian dalam setinggi lutut. Tahan dan angkat kedua tangan dengan posisi saling menumpangkan (bersedekap). Tarik nafas dalam 5 hingga 8 kali hitungan.

Jika dirasa tidak dapat berdiri dalam waktu yang lama anda bisa menggunakan kursi. Hal ini akan membantu melatih keseimbangan tubuh dan konsentrasi bagi lansia.

3. Triangle Pose

Manfaat dari pose ini adalah untuk menjaga kelenturan pinggang bagi lansia. Anda dapat berdiri dengan kedua kaki melebar menghadap ke depan. Miringkan tubuh ke arah kiri dan tangan kiri memegang lutut bagian bawah.

Kemudian angkat tangan satunya lurus ke atas. Ulangi pada kedua sisi semampu anda.

4. Cobbler Pose / Butterfly Pose

Anda duduk tegak dan rapatkan telapak kaki dengan lutut terbuka kesamping. Tangan diletakkan pada kedua kaki dan tahan dalam beberapa detik. Ulangi pose ini semampu anda. Pose ini memiliki manfaat untuk melenturkan otot paha dan lutut juga melancarkan sistem pencernaan bagi lansia.

5. Bird Dog Pose

Cara melakukan pose ini adalah dengan tumpuan pada kedua lutut dan angkat tangan kanan ke depan lurus. Luruskan kaki kiri ke belakang dan tahan perut ke dalam. Ulangi beberapa kali pose ini karena dapat membantu anda untuk memperkuat otot perut dan tubuh bagian belakang.

6. Downward Facing Dog

Pose ini dapat dilakukan dengan cara bertumpu pada kedua tangan dan lutut. Luruskan jari kaki ke depan dan angkat pinggang serta punggung ke atas sehingga membentuk segitiga. Tahan dalam 5 hingga 8 hitungan. Hembuskan dan turunkan tubuh secara perlahan. Lakukan pengulangan sebanyak 2 kali.

Pose ini bermanfaat untuk menjaga kelenturan dan kekuatan persendian bagi lansia. Ternyata semakin lanjut usia tetap harus menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga yakni dengan yoga. Anda dapat melakukan yoga dengan nyaman dan aman dengan beragam perlengkapan yoga seperti matras, yoga towel dan lainnya. Anda bisa mendapatkan semua perlengkapan yoga di Happyfit dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang tidak diragukan lagi.

Blog posts list