Olahraga vs Makanan Favoritmu

2024年2月7日

Kuliner saat ini merupakan salah satu kegiatan berwisata untuk mencoba berbagai macam menu makanan yang cukup banyak digemari. Tentu kita memiliki makanan favorit masing-masing, namun mencoba makanan baru dengan pergi berkuliner juga merupakan hal yang asik untuk dilakukan.

 

 

Siapa tahu nantinya anda akan menemukan makanan favorit lainnya. Mengingat Indonesia merupakan negara yang kaya akan jenis kulinernya, pastinya makanan favorit kita tidak hanya satu bukan.

Makanan yang cukup digemari secara umum seperti ketoprak, gulai, rendang, dan yang sudah pasti adalah mie instan. Komposisi bahan dari makanan favorit ini banyak yang yang mengandung santan dan berkarbohidrat tinggi.

Apalagi untuk anak kost yang berada di perantauan, mie instan di rasa cukup untuk makanan sehari-hari. Namun segala hal yang berlebihan tetap tidak baik bukan. Sama halnya dengan menyantap makanan favorit anda.

Apapun makanan favorit anda, pastikan anda dapat menjaga asupan makanan dengan baik. Ketahui dengan baik berapa kalori yang masuk dari makanan tersebut. Karena hal ini akan memicu terjadinya kelebihan kalori yang berefek buruk bagi tubuh.

Mulai dari kolesterol tinggi, gula darah melonjak, dan lainnya. Pengaruhnya bisa membuat kita merasa malas bergerak seharian hingga terjadinya obesitas. Anda perlu menyeimbangkan asupan makanan harian dengan berolahraga.

Olahraga yang rutin dan tepat akan mampu menjaga tubuh tetap sehat. Jika kita lihat lagi berdasarkan macam-macam makanan favorit anda, beberapa alternatif olahraga ini sekiranya dapat membantu anda untuk menyeimbangkan hidup sehat.

1. Lari

Lari merupakan cara yang baik untuk membakar lemak tubuh. Siapapun bisa melakukan olahraga yang satu ini sesuai dengan pace nya masing-masing. Terlebih lagi olahraga ini dapat anda lakukan secara gratis di mana saja yang memungkinkan.

Selain itu, berlari juga akan membakar asupan gula dari makanan sehingga gula darah tidak berlebihan. Imbangi dengan meminum air mineral yang cukup agar tubuh tidak kekurangan cairan dan dehidrasi saat sedang berlari.

2. Yoga

Olahraga ini terlihat cukup simpel namun sebenarnya memiliki efek luar biasa. Yoga salah satu olahraga yang menggabungkan meditasi di dalamnya. Gerakan yoga yang bermacam-macam sesuai dengan tujuannya mampu membantu anda untuk membakar kalori dengan baik.

Biasanya yoga dilakukan sekitar 60 menit setiap sesinya. Jika anda lakukan dengan benar, anda dapat menghilangkan kalori dari makanan favorit. Hitung kalori yang masuk dan sesuaikan dengan lama anda melakukan yoga.

Hal ini dapat membantu mengendalikan keseimbangan kesehatan tubuh.

3. HIT (High Intensity Interval Training)

HIT adalah salah satu jenis olahraga kardio yang menggabungkan latihan intensitas tinggi dengan latihan sedang atau rendah dalam jangka waktu tertentu. Latihan ini cukup baik karena tidak hanya fokus pada satu latihan saja.

Namun bisa dicampur dengan kekuatan dan kebutuhan anda. Latihan ini dapat menyesuaikan dengan diri anda sehingga anda tidak perlu memaksakan diri untuk memilih olahraga berat hanya karena ingin menghilangkan kalori yang cukup banyak. Latihlah diri anda perlahan karena semuanya butuh proses dan kebiasaan.

4. Skipping

Skipping dapat dilakukan di mana saja anda inginkan dengan alat bantu high rope atau tali skipping khusus. Anda dapat melakukan skipping mulai dari 30 menit hingga 45 menit sesuai dengan kemampuan anda.

Lakukan pemanasan ringan terlebih dahulu agar tidak terjadi kram ketika sedang skipping. Olahraga ini juga merupakan olahraga yang bisa disesuaikan dengan diri anda.

5. Naik Turun Tangga dan Berjalan

Belum punya waktu untuk olahraga rutin seperti 4 poin di atas? Anda dapat menyiasatinya dengan memilih tangga untuk berpindah dari satu lantai ke lantai yang lain. Naik turun tangga merupakan salah satu upaya untuk berolahraga disela kesibukan.

Tidak hanya itu, jika anda ingin berpindah tempat dengan perkiraan jarak yang cukup dekat, anda bisa memilih untuk berjalan kaki menuju tempat tersebut. Praktis dan gratis untuk dilakukan bukan.

5 pilihan olahraga di atas bisa disesuaikan dengan asupan kalori yang anda konsumsi. Semakin banyak tentu akan semakin lama durasi untuk olahraga ini. Latihlah sejak dini sedikit demi sedikit maka anda akan terbiasa untuk berolahraga.

Blog posts list