Penting! Pahami 6 Efek Samping Pilates dan Tips untuk Menghindarinya

2024年2月7日

Apakah Happyfitters termasuk penggemar olahraga ringan seperti yoga dan pilates? Jenis latihan ini dapat Happyfitters lakukan dengan tujuan utama untuk memperkuat otot tubuh, meningkatkan fleksibilitas, dan berbagai manfaat lainnya.  Meski begitu, Happyfitters juga perlu memperhatikan efek samping pilates, lho.

 

 

Jika belum pernah melakukan sebelumnya, penting juga bagi Happyfitters untuk memulai gerakan pilates pemula, agar tidak cedera. Baca terus artikel ini yuk, untuk memahami apa saja efek samping yang harus Happyfitters waspadai sebelum melakukan pilates!

6 Efek Samping Pilates

Adapun beberapa efek samping dari olahraga pilates yang bisa Happyfitters rasakan, yaitu:

1. Nyeri

Apabila Happyfitters seorang pemula dalam melakukan olahraga pilates, maka Happyfitters bisa banget merasakan nyeri pada otot saat melakukan olahraga ini. Pasalnya, otot Happyfitters perlu menyesuaikan terlebih dahulu dengan gerakan pilates tersebut.

2. Badan Terasa Sakit

Selain nyeri pada otot, efek samping pilates bagi Happyfitters yang belum terbiasa melakukannya, yakni badan terasa sakit di hari kedua latihan. Happyfitters nantinya akan merasakan tidak enak badan, yang mungkin bisa menurunkan semangat untuk berlatih.

3. Badan Terasa Lemas dan Tidak Bertenaga

Lebih lanjut, Happyfitters bisa juga merasakan badan yang lemas dan tidak bertenaga keesokan harinya ketika bangun tidur lho. Meski begitu, badan yang lemas ini sangat wajar Happyfitters alami ketika baru pertama kali melakukan olahraga pilates.

4. Warna Urin Menjadi Gelap

Efek samping pilates yang cukup serius dan perlu Happyfitters waspadai adalah adanya perubahan warna pada urin. Happyfitters perlu mewaspadai apabila warna urin Happyfitters berubah menjadi lebih keruh setelah melakukan pilates. 

Bisa jadi, hal ini dapat menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Jadi, jangan sampai Happyfitters abaikan ya bila ini terjadi!

5. Gagal Ginjal

Masalah serius lainnya yang bisa terjadi akibat pilates adalah penyakit gagal ginjal. Gerakan pilates yang terlalu berlebihan, bisa memicu gagal ginjal pada tubuh Happyfitters. Jadi, solusinya Happyfitters perlu nih menyesuaikan gerakan dan intensitas pilates, agar tidak terlalu berlebihan dan mengganggu organ vital.

6. Sendi Lutut Berbunyi

Olahraga pilates juga bisa bisa menimbulkan efek samping pada persendian kaki. Sendi lutut Happyfitters bisa berbunyi saat digerakan setelah melakukan pilates. 

Kondisi ini terjadi lantaran Happyfitters melakukan gerakan pilates dalam jangka waktu terlalu lama. Happyfitters bisa mendapati bunyi pada sendi di lutut ketika bergerak untuk duduk maupun berjalan.

Cara Menghindari Efek Samping Pilates

Pilates adalah jenis olahraga yang melibatkan gerakan tubuh yang intensif. Olahraga ini, ternyata memang memiliki resiko yang cukup serius lho bagi kesehatan, apabila tidak Happyfitters lakukan dengan tepat. Untuk menghindari beberapa efek samping yang mungkin terjadi, yuk coba ikuti tips berikut ini!

1. Mulai Gerakan Pilates Pemula

Tips yang paling utama saat melakukan pilates adalah mulailah dengan gerakan yang sederhana, apabila Happyfitters belum terbiasa. Sebagai pemula, jangan langsung melakukan gerakan yang kompleks, agar terhindar dari resiko cedera. Apabila Happyfitters sudah mulai terbiasa, Happyfitters boleh kok meningkatkan intensitasnya.

2. Pelajari Gerakan dengan Benar

Tips penting untuk menghindari efek sampingnya selanjutnya adalah mempelajari setiap gerakan pilates yang Happyfitters pilih. Pastikan Happyfitters memahami bagaimana gerakan tersebut dengan benar. Sebagai pemula, Happyfitters bahkan bisa banget meminta bantuan instruktur pilates yang lebih berpengalaman.

3. Jangan Memaksakan Diri

Terakhir, jangan memaksakan diri untuk melakukan pilates ketika Happyfitters sudah merasa lelah ya. Ambillah sedikit jeda untuk istirahat dan mulailah kembali gerakan pilates ketika Happyfitters sudah siap.

Sudah Memahami Apa Saja Efek Samping Pilates?

Jadi beberapa efek samping dari olahraga pilates yang bisa Happyfitters rasakan, yakni nyeri, badan sakit dan lemas, warna urin jadi keruh, gagal ginjal, hingga berbunyinya sendi lutut. 

Meskipun terdapat efek samping yang serius, olahraga ini masih aman lho untuk Happyfitters lakukan, apabila memahami dengan benar cara melakukan gerakannya. Kuncinya, jangan pernah memaksakan diri untuk berlatih intensif ketika tubuh Happyfitters belum siap ya.

Blog posts list