Pose dan Manfaat Yoga Bagi Penderita Diabetes

2024年2月7日

Penyakit yang sering menyerang individu yang kemungkinan diakibatkan oleh gaya hidup tidak sehat salah satunya adalah diabetes. Diabetes ini bisa menyerang siapa saja dan bahkan disegala usia. Untuk itu penting menjaga tubuh dengan gaya hidup sehat agar tidak terjadi diabetes.

 

 

Diabetes adalah penyakit di mana gula darah, glukosa dan tingkatnya terlampau tinggi. Glukosa berasal dari makanan yang masuk ke tubuh. Insulin adalah hormone yang membantu glukosa terserap pada sel untuk energi.

Pada kasus diabetes ini tubuh tidak dapat memproduksi insulin dari pengolahan makanan yang tercerna dalam tubuh. Anda dapat mengatasinya dengan pola makan yang sehat disertai dengan olahraga. Siapa sangka yoga merupakan olahraga yang baik bagi penderita diabetes.

Manfaat melakukan olahraga yoga bagi penderita diabetes ini adalah dapat membantu menurunkan stres dengan merangsang pelepasan hormone endorphin sehingga suasana hati menjadi lebih baik.

Selain itu yoga dapat membantu penderita diabetes yakni meningkatkan kesehatan jantung, mengendalikan berat badan dan meningkatkan kebugaran jasmani serta keseimbangan tubuh. Beberapa pose yoga berikut ini bisa anda lakukan karena baik bagi penderita diabetes.

1. Mountain Pose / Tadasana

Caranya adalah anda berdiri di atas matras dan posisi tangan diletakkan di samping kanan dan kiri tubuh. Kaki sejajar dengan sedikit jarak dan angkat kedua tangan perlahan sambil menarik nafas perlahan.

Kemudian turunkan tangan dan hembuskan nafas perlahan. Lakukan pengulangan beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Downward Facing Dog Pose / Adho Mukha Svasana

Dilanjutkan dengan pose kedua yakni gerakan merangkak. Angkat pinggul perlahan dan ujung kaki serta telapak tangan tumpuannya. Fokus pada lutut untuk membantu punggung, tangan dan kaki lurus. Lakukan pernafasan perlahan dan tahan selama 1 menit.

Lakukan pengulangan pada pose beberapa kali.

3. Child Pose / Balasana

Pose ini dapat dilakukan dengan duduk di atas kedua kaki. Berikan sedikit jarak pada kedua lutut dan bungkukan badan menyentuh paha. Tangan lurus ke depan menempel pada matras. Rilekskan tubuh dan tempelkan kening pada matras.

Bernafaslah perlahan dengan tenang dan hindari terburu-buru. Lakukan selama 1 menit. Lakukan pengulangan jika diperlukan.

4. Bridge Pose / Setu Bandha Sarvangasana

Anda dapat melakukan pose ini dengan terlentang pada matras dan kedua tangan melebar ke samping tubuh. Kemudian tekuk kedua lutut dan sejajarkan dengan bahu. Angkat pinggul perlaham sambil meluruskan tulang ekor.

Tumpuan pada bahu dan kaki kemudian silangkan kedua tangan rapat di bawah tubuh dengan tetap rileks. Tahan selama kurang lebih 1 menit dan lakukan pengulangan.

5. Tree Pose / Vrksasana

Pose kelima ini merupakan pendinginan dari keseluruhan gerak yoga. Anda dapat berdiri pada matras dengan kaki lurus sejajar. Angkat kaki kiri dan posisikan telapak kaki di pangkal paha kanan bagian dalam. Kaki kanan sebagai tumpuan tubuh.

Satukan kedua telapak tangan dan letakkan di depan dada. Atur pernafasan dengan tenang dan tahan selama 1 menit. Ubah posisi kaki kiri sebagai tumpuan dan kaki kanan menekuk di pangkal paha kiri.

Gerakan yoga melatih pernafasan, fokus dan konsentrasi tinggi agar stres terhindari. Stres yang terkendali akan dapat menstabilkan tekanan darah, kolesterol, mengurangi cemas, meningkatkan fleksibilitas, membakar lemak tubuh dan keseimbangan tubuh. Terlebih lagi jika olahraga yoga yang anda lakukan dilengkapi dengan perlengkapan yoga yang bisa anda dapatkan di Happyfit. Anda memerlukan yoga mat berkualitas dan tahan lama demi kenyamanan latihan. Selain itu anda juga bisa menambahkan yoga towel, finger socks dan aksesoris yoga berkualitas lainnya hanya di Happyfit.

Blog posts list