6 Tips Senam Zumba Untuk Menurunkan Berat Badan Secara Efektif

Feb 7, 2024

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan saat ini untuk menurunkan berat badan, salah satunya yaitu mencoba senam Zumba. Olahraga ini bisa Bersama anda lakukan maupun seorang diri saat sedang senggang.

 

 

Olahraga yang berasal dari Columbia ini memiliki gerakan yang energik sehingga tidak membosankan, tak heran jika saat ini banyak yang meminati olahraga ini karena menyenangkan dilakukan. Lalu bagaimana tips senam Zumba untuk menurunkan berat badan secara efektif?

Apakah Senam Zumba Dapat Menurunkan Berat Badan?

Mungkin banyak dari anda yang bertanya-tanya, seberapa efektifkah senam zuma untuk menurunkan berat badan. Dalam Journal of Sport Science & Medicine yang diterbitkan pada tahun 2021, senam Zumba dengan intensitas standar selama kurang lebih 39 menit bisa membakar kalori hingga sebanyak 9.5 kalori/menit. Jadi setidaknya dalam satu sesi kelas senam Zumba, anda bisa membakar kalori hingga 369 kal banyaknya.

Selain itu, menurut studi lainnya dari American Council on Exercise menjelaskan jika senam Zumba mampu membakar sebanyak 300 kal per Latihan sehingga sangat efektif jika dimanfaatkan sebagai gerakan untuk menurunkan berat badan asalkan dilakukan secara rutin. Gerakan senam Zumba mampu menurunkan berat badan dengan cepat karena gerakan di dalamnya melibatkan seluruh tubuh mulai dari lengan, bahu hingga kaki sehingga hasil yang didapatkan menjadi lebih maksimal.

Tips Senam Zumba Untuk Pemula

Agar bisa mendapatkan penurunan berat badan yang efektif melalui Zumba, tentu saja ada berbagai tips yang bisa anda coba seperti dibawah ini.

Ingat Untuk Selalu Lakukan Pemanasan Terlebih Dahulu

Apapun olahraga yang akan kalian lakukan, termasuk senam Zumba sekalipun pastikan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya cedera saat anda sedang melakukan senam Zumba.

Jangan Mengkonsumsi Makanan Berat Sebelum Melakukan Zumba

Tips senam Zumba untuk menurunkan berat badan yang satu ini kadang terlewatkan bagi Sebagian orang, padahal sangat penting untuk mengisi perut terlebih dahulu sebelum akan melakukan senam Zumba. Paling tidak 2 jam sebelum dimulai kelas senam Zumba. Akan tetapi jangan sampai mengkonsumsi makanan berat yang dapat membuat perut malah sakit. Konsumsi makanan seperti buah-buah atau kacang-kacangan akan sangat direkomendasikan.

Minum Air Putih Penting Sebelum Memulai

Selain mengkonsumsi makanan ringan, minum air putih juga penting dilakukan sebelum memulai Zumba. Setidaknya konsumsi air putih 20 menit sebelum sesi kelas senam Zumba dimulai dan tidak perlu terlalu banyak yang malah membuat perut terasa kembung.

Frekusensi Latihan Perlu Diperhatikan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, senam Zumba akan sangat efektif untuk menurunkan berat badan jika dilakukan dengan frekuensi rutin dan tepat. Dan untuk menentukan frekuensi yang tepat ini pun juga bergantung dengan kondisi tubuh dan juga target yang diinginkan oleh orang tersebut. Menurut hasil sebuah studi yang dilakukan, jika sekitar 40 menit senam Zumba dapat membakar hingga 369 kal. Maka anda bisa menjadwalkan Latihan rutin minimal 3 kali per minggu.

Imbangi Dengan Diet Sehat

Diet sehat juga perlu diperhatikan jika ingin menurunkan berat badan secara efektif dengan senam Zumba. Adapun aturan diet sehat yang anda perlu jalani adalah:

• Makan setidaknya 3 jam sekali sehingga tubuh tetap berenergi

• Konsumsi protein tanpa lemak, sayur dan buah, serta biji-bijian utuh

• Hindari mengkonsumsi karbohidrat olahan, seperti pasta, roti, atau kukis

• Pilih camilan sehat

Jangan Lupa Berkonsultasi Dengan Dokter

Akan lebih baik sebelum melakukan senam Zumba, anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Apalagi jika anda memiliki Riwayat penyakit kronis seperti asma atau jantung, akan lebih baik berkonsultasi mengingat senam Zumba memiliki gerakan yang cukup aktif dan enerjik. Nantinya dokter akan menyarankan berapa lamanya anda melakukan senam Zumba berdasarkan kondisi tubuh anda.

Jangan lupa gunakan pakaian senam yang nyaman saat melakukan senam Zumba. Sehingga anda juga bisa bergerak bebas dan nyaman. Ada banyak pilihan produk terbaik mulai dari pakaian senam dan peralatan olahraga lainnya yang bisa anda beli di Happyfit.co.id. Apalagi saat ini ada banyak sale dengan potongan harga menarik.

Blog posts list