Tips Gym Pertama Kali yang Mudah untuk Pemula

Feb 7, 2024

Tips gym pertama kali sebenarnya sederhana dan mudah diikuti asalkan konsisten. Namun, banyak orang ingin hasil yang instan. Padahal, hasil instan tidak akan bertahan lama. Berikut adalah beberapa tips nge gym bagi pemula yang perlu Happyfitters ikuti!

 

 

Tips Gym Pertama Kali

Berikut adalah beberapa tips bagi Happyfitters yang baru pertama nge gym:

1. Lakukan Pemanasan

Pemanasan adalah langkah awal melakukan gym yang tidak boleh terlupakan. Kegiatan ini berguna untuk menghangatkan tubuh sebelum melakukan gerakan yang lebih berat. Peregangan berbasis gerakan adalah pemanasan terbaik pada awal latihan.

Beberapa pemanasan berbasis gerakan atau dinamis adalah walk out dan lunge. Upayakan melakukan gerakan yang bertujuan untuk meningkatkan detak jantung. Happyfitters juga bisa berjalan sekitar 30 menit sebelum melakukan latihan atau exercise.

2. Buat Tujuan yang Jelas

Menentukan tujuan yang jelas menjadi tips nge gym pertama kali yang tak boleh Happyfitters lewatkan. Latihan tanpa tujuan yang jelas tidak akan bertahan lama karena Happyfitters tidak tahu apa yang sedang berusaha dicapai.

Contoh menentukan tujuan dalam latihan adalah membentuk otot lengan, membentuk abs, atau membentuk otot dada. Menjadikan kegiatan latihan gym sebagai gaya hidup tanpa pembentukan otot yang intens juga bisa menjadi tujuan. Intinya, lakukan sesuatu karena ada yang ingin dicapai supaya bisa melakukannya dengan konsisten.

3. Lakukan secara Bertahap

Latihan gym tidak bisa langsung memberikan hasil pada percobaan pertama. Seberapa keras Happyfitters mencoba, otot baru akan terbentuk dengan latihan bertahap yang dilakukan secara konsisten.

Jangan memulai latihan dengan sesuatu yang berat dan besar. Mulailah dari hal kecil karena masih pemula, misalnya memulai latihan dengan alat treadmill dan sepeda statis. Baru setelah otot tubuh terbiasa, tambah pola latihan gym dalam seminggu dengan alat-alat baru, seperti dumbbell.

4. Tips Gym Pertama Kali: Atur Pola Makan sesuai Tujuan

Siapa bilang olahraga saja cukup untuk mewujudkan hidup sehat? Istilah apa yang kita makan menggambarkan diri kita benar adanya. Makanan yang masuk ke tubuh nutrisinya akan diserap dan diedarkan ke seluruh tubuh.

Meskipun Happyfitters nge gym setiap hari, jika masih menjadikan lemak dan gula sebagai nutrisi utama, semuanya akan sia-sia. Jika nutrisi makro seperti karbohidrat, serat, dan protein terpenuhi secara seimbang, maka metabolisme tubuh juga akan menjadi baik.

Jika Happyfitters melakukan gym untuk menambah massa otot, maka asupan nutrisi berupa protein harus ditambah porsinya.

6. Lakukan Pendinginan

Kadang-kadang, pemula lupa bahwa tubuh juga butuh pendinginan setelah melakukan latihan berat. Ini masuk ke dalam tips pertama kali ke gym karena banyak yang masih menyepelekan. Padahal, otot butuh pendinginan setelah bekerja keras dalam latihan.

Otot akan terasa kaku setelah latihan, maka pendinginan menjadi alternatif untuk melemaskannya kembali. Ini juga berguna untuk mengistirahatkan tubuh.

7. Jangan Suka Membandingkan

Tips gym pertama kali yang terakhir adalah soal mindset. Percuma Happyfitters melakukan semua latihan dan mengatur pola makan dengan baik jika masih membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Setiap tubuh memiliki karakteristik yang berbeda, hasil latihan pun akan berbeda pada setiap orang. Maka, fokuslah pada progres diri sendiri dan tidak melihat progres orang lain sebagai pembanding.

Perlengkapan Nge Gym untuk Pemula

Berikut adalah rekomendasi perlengkapan gym pemula yang wajib Happyfitters punya:

  • Headband, berguna bagi Happyfitters yang memiliki poni supaya tidak mengganggu latihan.
  • Dry sport towel, membantu mengeringkan keringat dengan cepat setelah olahraga berat. Pilihlah Dry Sport Towel dengan bahan microfiber yang lembut dan cepat menyerap keringat.
  • Fitness gloves, membantu memperkuat cengkraman tangan saat memegang alat latihan. Ini membantu supaya tidak mudah tergelincir.

Sudah Tahu Tips Gym Pertama Kali dan Perlengkapannya?

Sebagai pemula, hal-hal sederhana seperti pemanasan dan pendinginan harus diperhatikan. Ini adalah cara untuk mengurangi resiko cedera. Selain itu, Happyfitters juga bisa menggunakan perlengkapan pemula yang dapat membantu meningkatkan performa saat nge gym, seperti fitness gloves, dry sport towel, dan headband.

Oleh karena itu, pake produk-produk peralatan untuk pemula yang berkualitas dan juga terpercaya dari Happyfit. Mulai dari fitness glove yang anti-slip, dry sport towel dari bahan microfiber premium yang lembut, hingga headband yang cocok Happyfitters gunakan, baik outdoor maupun indoor. Checkout sekarang!

Blog posts list