6 Manfaat Latihan Body Combat, Tak Hanya Bantu Turunkan Berat Badan

7 Feb 2024

Saat ini sudah banyak pilihan olahraga yang dapat membantu menurunkan berat badan secara efektif, salah satunya yang cukup trend dan banyak dilakukan orang saat ini adalah Latihan body combat. Bukan hanya membantu membakar kalori, namun Latihan body combat juga akan membantu untuk menaikkan system imunitas tubuh sehingga tubuh menajdi lebih sehat dan juga lebih tahan terhadapa serangan virus dan penyakit apalagi di musim pandemi seperti saat ini.

 

 

Terlebih lagi olahraga ini juga cukup seru dilakukan. Namun manfaat Latihan body combat bukan hanya itu saja, ada banyak manfaat lainnya yang baik bagi Kesehatan.

Mengenal Body Combat

Mungkin masih banyak orang yang belum tahu, Latihan body combat merupakan jenis Latihan kardio yang berbentuk seni bela diri. Olahraga ini dirancang agar bisa menghasilkan pembakaran kalori yang maksimal di seluruh tubuh. Body combat berisikan gerakan-gerakan yang umum digunakan untuk bela diri, seperti menendang dan meninju. Namun berbedanya dari bela diri pada umumnya, anda tidak menghadapi sparing partner atau lawan dalam melakukan Latihan bela diri ini. Hanya serangkaian Teknik bela diri yang dilakukan sambal diiringi dengan music.

Manfaat Latihan Body Combat

1.Menurunkan Berat Badan

Seperti penjelasan sebelumnya, Latihan body combat sangat efektif digunakan untuk menurunkan berat badan dan menghindari resiko obesitas. Dengan melakukan olahraga body combat, anda bisa membakar kalori tubuh dan memaksimalkan kekuatan tubuh. Dilansir dari penjelasan dalam Bodycombat Les Mills Asia Pasific, selama 55 menit melakukan gerakan body combat dapat membakar kalori hingga sebanyak 570 kal. Dengan begitu, anda pun dapat terhindar dari obesitas. Tubuh pun juga jadi lebih sehat dan ideal. Namun tentu saja ini harus diimbangi dengan diet yang sehat.

2. Meningkatkan Fleksibilitas dan Refleks Otot

Manfaat Latihan body combat juga dapat membantu meningkatkan fleksibilitas dan refleks otot. Salah satu elemen dalam seni bela diri yang diterapkan dalam body combat adalah fleksibilitas otot serta menguatkan mental. Dengan menerapkan gerakan tangkas, lincah serta bervariasi, sehingga secara ototmatis tubuh seseorang dapat memiliki tingkat kelenturan yang baik. Jadi selama beberapa waktu menjalani olahraga ini akan sangat membantu memperbaiki postur tubuh dan menangani permasalahan tulang.

Bukan hanya itu saja, dengan rutin berolahraga ini juga membantu meningkatkan refleks fisik dan mental. Jadi tubuh dapat terhindar dari hal-hal yang membahayakan yang bisa menyebabkan cedera. Ini juga bisa menghindari dari resiko berbagai penyakit yang berkaitan dengan otot dan tulang.

3. Meningkatkan Koordinasi

Jika anda baru memulai Latihan body combat, mungkin anda akan merasa sedikit kesulitan saat mengkoordinasikan berbagai gerakan yang berbeda. Namun jika sudah dilakukan rutin, gerakan-gerakan tersebut bisa dengan mudah anda ikuti dan anda merasakan peningkatan dalam koordinasi

4. Menyehatkan Organ Jantung

Latihan body combat yang dilakukan di dalam interval waktu umumnya berpacu dengan kecepatan tertentu dan sambil diiringi dengan music. Gerakan-gerakan yang dilakukan tersebut bisa memaksimalkan kapasitas jantung dan paru-paru ketika berolahraga. Sehingga sangat bermanfaat untuk Kesehatan jantung. Dan jika dilakukan rutin, Latihan body combat dapat menguatkan kerja jantung sehingga bisa terhindar dari resiko penyakit jantung seperti serangan jantung.

5. Membentuk Otot Tubuh

Untuk Sebagian orang, tubuh yang sehat ditentukan dari berat badan yang ideal dan terbentuknya otot-otot tubuh. Sehingga tidak mengherankan disaat anda ingin menurunkan berat badan, Latihan pembentukan otot menjadi hal yang sangat disarankan. Saat melakukan olahraga seni bela diri seperti ini, maka secara otomatis otot-otot tubuh akan terbentuk. Namun berbeda dengan olahraga lain dimana pembentukan otot tubuh hanya terjadi di bagian atas ataupun bawah. Namun Body combat ini dapat memaksimalkan pembentukan otot di seluruh bagian tubuh karena ada berbagai gerakan yang akan dilakukan seperti tendangan, tiinjuan, dan gerakan bertahan.

6. Mencegah Stress

Latihan body combat yang dilakukan rutin juga membantu mencegah stress. Hal ini berdasarkan sebuah studi penelitian yang telah dilakukan, dimana olahraga bisa menajdi media untuk melepaskan stress dan mengurangi resiko depresi. Body combat menggabungkan berbagai varasi gerakan yang diriingi music, ini akan membuat diri menjadi lebih semangat. Gerakan yang memicu adrenalin bisa membantu anda lebih bersemangat dan melupakan beban yang ada di dalam pikiran. Untuk lebih aman saat menjalani olahraga body combat, gunakan pakaian olahraga terbaik yang bisa anda temukan di happyfit.co.id. Ada banyak pilihan dan jenis pakaian olahraga bahkan perlengkapan olahraga yang bisa anda temukan di website kami. Dapatkan harga terbaik dan dengan diskon yang menarik pastinya.

Blog posts list