Amankah Melakukan Yoga Ketika Sedang Sakit?

7 Feb 2024
Kesehatan memang sungguh mahal harganya jika tidak dijaga. Betapa tidak, jika kita sakit maka biaya untuk pengobatan tentu lebih mahal. Untuk itu kita perlu menerapkan gaya hidup sehat yang dibarengi dengan olahraga.

Namun jika anda memang sedang sakit alangkah baiknya melakukan tindakan untuk penyembuhan. Misalnya dengan pergi ke dokter untuk mengetahui penyakit yang sedang diderita agar penanganan lebih lanjut tepat dilakukan.

Biasanya jika sedang sakit tentu anda lebih menjaga makanan yang masuk ke tubuh dan mengonsumsi obat yang diperlukan. Siapa sangka meskipun sedang sakit anda tetap dapat berolahraga.

Anda dapat memilih olahraga yang sesuai dengan kemampuan diri ketika sedang sakit. Tentu olahraga yang dipilih bukan olahraga berat yang dapat membebani fisik anda yang sedang lemah. Apakah aman melakukan olahraga saat sedang sakit?

Olahraga yang cocok dilakukan ketika sedang sakit adalah yoga. Tentu boleh saja, tetapi tidak semua individu dengan segala penyakit diperbolehkan untuk berolahraga. Jadi, hanya beberapa penyakit tertentu yang jika datang anda tetap diperbolehkan berolahraga. Tidak semua aman untuk dilakukan.

Misalnya jika anda sedang menderita demam, flu, asthma, sakit perut, nyeri pada bagian tubuh dan sakit pada perut. Sebaiknya hindari terlebih dahulu melakukan olahraga dan perbanyak istirahat. Olahraga memang dapat meningkatkan sistem imun anda.

Namun hal ini menjadi berkebalikan jika sedang demam dan flu dan justru membuat semakin lemas dan lemah. Tetapi semua penjelasan di atas ini kembali lagi pada diri kita sendiri. Kondisi tubuh setiap orang pasti berbeda-beda.

Pada sebagian individu ada yang merasa lebih fit setelah berolahraga ketika sedang sakit dan sebagian lagi tidak. Nilai kembali diri anda apakah kondisi tubuh anda memang memungkinkan untuk berolahraga ketika sakit atau tidak.

Jika anda memang cukup memungkin untuk melakukan olahraga anda bisa mencoba beberapa gerakan yoga yang bisa dilakukan ketika sedang sakit. Berikut ini beberapa list penyakit yang tetap dapat melakukan yoga.

1. Sakit Kepala

Sakit kepala yang berkepanjangan tentu dapat mengganggu aktivitas harian anda. Anda dapat melakukan yoga dengan legs up the wall pose. Pose ini dilakukan dengan berbaring terlentang di dekat dinding dan naikkan kedua kaki anda ke dinding.

Paha bagian bawah merapat pada dinding dan rentangkan tangan anda ke samping lurus. pose ini dapat menenangkan pikiran, mengurangi kelelahan dan membalikkan gaya gravitasi agar aliran darah ke otak menjadi lancar.

2. Diabetes

Anda yang memiliki diabetes dapat mencoba gerakan tree pose dengan berdiri di satu kaki. Kaki satunya diangkat dan diletakkan pada lutut tumpuan kaki yang sedang berdiri. Tangan berpegangan pada kursi atau dinding agar seimbang dan lakukan pengulangan.

Hal ini akan membantu anda berlatih teknik pernafasan, menyelaraskan tubuh dan fokus. Fokus yang baik akan meningkatkan konsentrasi terhadap apa yang sedang terjadi pada diri anda. dengan demikian akan membantu anda menyadari bahwa anda harus segera memperbaiki gaya hidup yang baik.

3. Hipertensi

Salah satu pose yang dapat dicoba adalah bound angle. Anda dapat duduk dan menarik nafas perlahan kemudian hembuskan. Angkat pantat dari lantai dan duduk pada tulang duduk. Tarik nafas dan letakkan kedua telapak kaki berhadapan dekat pangkal paha dan tekan kaki bawah bersamaan.

Hembuskan nafas, letakkan ibu jari pada telapak kaki bawah dan jari di telapak kaki atas. Tekuk telapak kaki ke luar kemudian tarik nafas dan duduklah tegak lurus dengan kepala tegak. Yoga dapat membantu dengan meditasi sehingga pikiran lebih tenang.

Hal ini akan membantu menurunkan tekanan darah pada tubuh.

4. Asam Lambung

Asam lambung atau yang dikenal dengan GERD adalah kondisi di mana asam perut yang masuk merusak katup pemisah perut dan kerongkongan. Untuk mengatasinya anda dapat mencoba gerakan yoga yakni diamond pose.

Caranya adalah dengan duduk pada matras dan lipat kaki di bawah pinggul. Kemudian tutup mata dan tulang belakang tetap lurus. Letakkan telapak tangan pada lutut dan bernafaslah perlahan kemudian tahan selama beberapa menit.

Lakukan setelah makan agar sistem pencernaan lebih kuat dan organ dalam tubuh dapat berfungsi dengan baik.

Imbangi dengan gaya hidup sehat seperti makan makanan bergizi, istirahat yang cukup dan perbanyak minum air putih secara berkala.

Blog posts list